4 Pemain yang Tidak Pernah Dimainkan Shin Tae-yong pada 2 Laga Uji Coba Lawan Curacao

Asad Arifin | 28 September 2022, 09:03
4 Pemain yang Tidak Pernah Dimainkan Shin Tae-yong pada 2 Laga Uji Coba Lawan Curacao
Starting XI Timnas Indonesia saat menghadapi laga kedua lawan Curacao di FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (27/09/2022) malam WIB. (c) Bola.net/M. Iqbal Ichsan

Bola.net - Shin Tae-yong menurunkan komposisi yang berbeda pada dua laga Timnas Indonesia melawan Curacao. Namun, ada empat pemain yang sama sekali tidak turun ke lapangan pada dua laga tersebut.

Laga pertama melawan Curacao digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. Skuad Garuda menang dengan skor 3-2 melalui gol yang dicetak Marc Klok, Fachruddin Aryanto, dan Dimas Drajad.

Laga kedua dimainkan di Stadion Pakansari pada Selasa (27/9/2022) malam WIB. Skuad Garuda kembali meraih kemenangan, kali ini dengan skor 2-1. Gol-gol Timnas Indonesia dicetak Dimas Drajad dan Dendy Sulistiawan.

Pada dua laga tersebut, Shin Tae-yong melakukan rotasi besar-besaran. Hanya saja, dari 23 pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia, ada empat pemain yang tidak mendapat menit bermain sama sekali.

Siapa saja mereka? Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

M. Riyandi

Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Riyandi, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Riyandi, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Riyandi sejak sepertinya disiapkan untuk jadi kiper ketiga di Timnas Indonesia. Bahkan, awalnya nama Riyandi tidak dipanggil Shin Tae-yong. Riyandi masuk ke Timnas Indonesia untuk menggantikan Cahya Supriadi yang cedera.

Riyandi bukan wajah baru di Timnas Indonesia. Kiper 22 tahun itu sudah membela Skuad Garuda pada level senior sejak 2021 lalu.

Riyandi, pada level klub, bermain cukup bagus bersama Persis Solo. Mantan pemain Barito Putera itu tidak tergantikan pada 10 laga awal Persis di BRI Liga 1 2022/2023.

2 dari 4 halaman

Koko Ari

Bek Persebaya, Koko Ari Araya (c) Bola.com/Aditya Wani

Bek Persebaya, Koko Ari Araya (c) Bola.com/Aditya Wani

Koko Ari telah bekerjasama dengan Shin Tae-yong untuk waktu yang lama. Dia sempat mengalami cedera parah bersama Timnas Indonesia. Namun, pemain asal klub Persebaya Surabaya itu mampu bangkit dan mendapatkan level terbaiknya.

Walau performa pada level klub cukup stabil, Koko Ari tidak dimainkan Shin Tae-yong pada dua laga melawan Curacao.

Koko Ari kalah bersaing dengan Yakob Sayuri untuk posisi wingback, menggantikan peran Asnawi. Keputusan Shin Tae-yong tergolong unik. Sebab, Koko Ari adalah bek kanan murni sedangkan Yakob Sayuri adalah winger yang dijadikan bek kanan.

3 dari 4 halaman

Asnawi Mangkualam

Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia U-23 vs Timor Leste U-23, SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia U-23 vs Timor Leste U-23, SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Asnawi adalah pemain kunci Indonesia pada era Shin Tae-yong. Bahkan, sejak Piala AFF 2020 lalu, Asnawi dipercaya menjadi salah satu kapten Skuad Garuda. Performa Asnawi juga cenderung stabil.

Namun, Asnawi sama sekali tidak tampil pada dua laga melawan Curacao. Absennya Asnawi bukan perkara teknis. Pemain 22 tahun tersebut tidak bermain karena dalam kondisi cedera.

"Kalau Asnawi saya berencana tidak memasukkannya ke skuad," ucap Shin Tae-yong sebelum pertandingan kedua lawan Curacao.

4 dari 4 halaman

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu, saat melawan China pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Selasa (25/9/2018).  (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Syahrian Abimanyu, saat melawan China pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Selasa (25/9/2018). (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Abimanyu berposisi sebagai gelandang. Dia punya naluri menyerang yang lebih kuat dibading bertahan. Abimanyu punya kemampuan melepas umpan terobosan yang bagus. Dia menjadi pilihan utama di Persija Jakarta.

Namun, Abimanyu tidak mendapat menit bermain pada dua laga melawan Curacao. Abimanyu punya banyak pesaing di lini tengah Timnas Indonesia.

Pemain 23 tahun harus bersaing dengan Marc Klok dan Ricky Kambuaya untuk mendapat satu tempat di lini tengah. Lalu, masih ada Marselino Ferdinan yang terus mendapat kesempatan bermain dari Shin Tae-yong.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR