4 Pemain Kunci Timnas Indonesia saat Meladeni Kamboja di Piala AFF 2020

Asad Arifin | 7 Desember 2021, 15:36
Timnas Indonesia - Ilustrasi Piala AFF, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu. (c) Bola.com/Adreanus Titus
Timnas Indonesia - Ilustrasi Piala AFF, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu. (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja pada partai perdana fase Grup B Piala AFF 2020. Laga dijadwalkan berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).


Kemenangan menjadi misi skuad Garuda pada pertandingan pertama nanti. Sebab, mengawali turnamen dengan kemenangan merupakan start positif dan bisa menambah motivasi.

Maka dari itu, semua pemain dituntut agar bisa mendapatkan hasil terbaik. Soliditas permainan harus diperlihatkan demi memperbesar peluang meraih kemenangan.

Bicara soal permainan Timnas Indonesia, ada empat poros yang perlu diperhatikan. Mulai kiper, belakang, tengah, hingga depan.

Nah, siapa saja pemain kunci Timnas Indonesia yang bisa jadi motor di masing-masing posisi tersebut? Berikut ulasannya berdasarkan statistik di Transfermarkt.

1 dari 5 halaman

Muhammad Riyandi

Victor Igbonefo (kiri) dan Muhammad Riyandi (kanan) saat membela Timnas Indonesia kontra Chinese Taipei. (c) dok.PSSI

Ia berpeluang besar diturunkan Shin Tae-yong sebagai starter di posisi kiper. Performanya dalam beberapa pertandingan Timnas Indonesia, membuat tim pelatih merasa aman menyerahkan penjagaan gawang kepada kiper milik Barito Putera ini.

Sejak Timnas Indonesia ditangani Shin Tae-yong pada Desember 2019, Riyandi sudah lima kali dipercaya mengawal gawang skuad Garuda. Rinciannya melawan Oman, Afghanistan, Myanmar dalam uji coba, kemudian Uni Emirat Arab (UEA) di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, serta Taiwan saat babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023.

Total menit bermain Riyandi adalah 450, dan tanpa kartu kuning serta kartu merah. Dalam lima laga itu, penjaga gawang berusia 21 tahun ini kebobolan 10 gol, paling banyak saat Timnas Indonesia kalah 0-5 dari UEA.

2 dari 5 halaman

Asnawi Mangkualam

Aksi kapten Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam Bahar ketika melawan Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Bermain di posisi bek sayap kanan, Asnawi menjadi salah satu pemain kesayangan Shin Tae-yong. Penggawa Ansan Greeners, klub kasta kedua Liga Korea Selatan ini selalu menjadi pilihan utama.

Sepanjang 2021, Asnawi sudah bermain dalam pertandingan internasional Timnas Indonesia. Rinciannya adalah melawan Oman, Afghanistan, dan Myanmar di uji coba.

Lalu saat menghadapi Thailand, Vietnam, dan UEA pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Ditambah dua lagi babak Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023 melawan Taiwan. Total mainnya mencapai 643 menit, tetapi tidak ada gol yang dihasilkan.

3 dari 5 halaman

Evan Dimas Darmono

Aksi Evan Dimas saat berlaga di pertandingan antara Timnas Indonesia vs Timnas Taiwan di Buriram Stadium, Kamis (07/10/2021) malam WIB. (c) AFC

Satu lagi pemain yang tidak tersentuh sejak Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia adalah Evan Dimas Darmono. Gelandang berusia 26 tahun ini merupakan kapten skuad Garuda.

Evan mampu menjawab kepercayaan dari Shin Tae-yong, perihal menjadi jenderal lapangan tengah. Tidak heran bila penggawa Bhayangkara FC ini selalu menjadi pilihan utama di lini tengah.

Daftar pertandingannya sepanjang 2021 sama dengan milik Asnawi. Dari delapan pertandingan itu, Evan menyumbang tiga gol buat Timnas Indonesia, dengan menit bermain mencapai angka 618.

4 dari 5 halaman

Ezra Walian

Penyerang Timnas Indonesia, Ezra Walian mencoba keluar dari adangan bek Afghanistan, Selasa (16/11/2021) (c) Dok. PSSI

Ujung 2021 menjadi momen kembalinya Ezra ke Timnas Indonesia. Sempat lama terkatung-katung karena masalah administrasi dengan FIFA, pemain naturalisasi asal Belanda ini kini sudah boleh dimainkan skuad Garuda di ajang resmi.

Debutnya di Timnas Indonesia saat diturunkan Shin Tae-yong dalam laga uji coba melawan Afghanistan, di Stadion Gloria Sport Arena, Antalya, Turki, pada 16 November 2021. Penggawa Persib Bandung ini bermain selama 27 menit sebagai pemain pengganti.

Pada partai uji coba berikutnya melawan Myanmar di Emirhan Sports Complex, Antalya, pada 25 November 2021, Ezra main 66 menit dan menyumbang satu gol. Sekarang, ia siap ikut berjuang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

  • 9 Desember 2021: Timnas Indonesia Vs Kamboja
  • 12 Desember 2021: Laos Vs Timnas Indonesia
  • 15 Desember 2021: Timnas Indonesia Vs Vietnam
  • 19 Desember 2021: Malaysia Vs Timnas Indonesia

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR