4 Pemain Debutan Timnas Indonesia yang Bisa Bikin Timor Leste Kocar-Kacir

Asad Arifin | 26 Januari 2022, 12:53
Timnas Indonesia di laga di leg 1 final Piala AFF 2020 melawan Thailand di National Stadium, Singapura (29/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Timnas Indonesia di laga di leg 1 final Piala AFF 2020 melawan Thailand di National Stadium, Singapura (29/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Indonesia akan berjumpa Timor Leste pada laga uji coba internasional di Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali, 27 dan 30 Desember 2022. Pada laga ini, Shin Tae-yong memanggil sejumlah pemain debutan.


Shin Tae-yong masih bertumpu pada eks pemain skuad Skuad Piala AFF 2020 untuk laga melawan Timor Leste. Tapi, pelatih asal Korea Selatan itu juga memberi kesempatan pada beberapa wajah baru untuk unjuk gigi.

Mereka adalah Muhammad Adisatryo (Persik), Achmad Figo (Arema FC), Sani Rizki (Bhayangkara FC), Terens Puhiri (Borneo FC), Marselino Ferdinan (Persebaya) dan Ronaldo Kwateh (Madura United). Pemanggilan nama-nama di atas diyakini untuk menambah kualitas permainan Timnas Indonesia.

Lantas, siapa saja pemain wajah baru di Timnas Indonesia yang berpotensi tampil meledak saat melawan Timor Leste? Simak ulasannya di bawah ini ya Bolaneters:

1 dari 4 halaman

Marselino Ferdinan

Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Marselino Ferdinan menjadi nama di luar skuad Piala AFF 2020 yang dipanggil ke Timnas Indonesia kali ini. Pemain berusia 17 tahun itu sebenarnya bukan wajah baru di skuad Timnas Indonesia.

Karier Marselino Ferdinan melejit ketika membela skuad U-16. Meskipun berperan sebagai gelandang, pemain Persebaya Surabaya itu juga mampu diandalkan dalam mencetak gol.

Marselino Ferdinan juga menjadi andalan di lini tengah Persebaya. Marselino telah membukukan 15 penampilan dan mencetak empat gol bagi Bajul Ijo pada musim ini.

2 dari 4 halaman

Ronaldo Kwateh

BRI Liga 1: Pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh (nomor 77) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Ronaldo Kwateh mendapatkan kesempatan promosi ke Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong sepertinya terkesan dengan penampilan pemain berusia 17 tahun itu.

Meskipun masih berusia belia, namun Ronaldo Kwateh punya kemampuan yang mumpuni. Bermain di sektor sayap kanan, putra Roberto Kwateh itu punya kecepatan berlari yang baik.

Kelebihan itu dipadukan dengan kepercayaan diri dalam mengolah bola. Menarik untuk menyaksikan debut Ronaldo Kwateh bersama Timnas Indonesia senior.

3 dari 4 halaman

Sani Rizki Fauzi

Pelatih Bhayangkara Solo FC, Paul Munster (kanan) memberikan selamat pada Sani Rizky Fauzi dalam pertandingan Babak Penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (27/3/2021

Sani Rizki Fauzi juga bukan nama asing di Timnas Indonesia. Pemain berusia 24 tahun itu pernah menjadi andalan di skuad U-23 dengan jumlah 14 kali penampilan dan mencetak dua gol.

Pelatih Shin Tae-yong sepertinya penasaran pada Sani Rizki yang tampil mengesankan di Bhayangkara FC musim ini. Pemain asal Sukabumi itu telah tampil 14 kali dan membantu Bhayangkara FC menjadi pemuncak klasemen sementara.

Sani Rizki adalah gelandang dengan kemampuan mumpuni dan punya kecepatan berlari. Pemanggilan ini menjadi yang pertama diterimanya di skuad senior Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Terens Puhiri

BRI Liga 1: Pemain Borneo FC, Terens Puhiri, berebut bola dengan pemain Persita Tangerang, Mohamad Edo (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Pemanggilan ke Timnas Indonesia senior baru untuk Terens Puhiri. Sebelumnya, pemain 25 tahun itu pernah membela Timnas Indonesia 2016.

Kesempatan ini tentu akan dimaksimalkan oleh Terens Puhiri. Apalagi pemain Borneo FC punya kelebihan yang bisa mendukung skema penyerangan Timnas Indonesia.

Terens Puhiri adalah gelandang sayap kanan dengan kelebihan berupa kecepatan berlari. Ini bisa dimaksimalkan Terens Puhiri untuk membantu alur serangan skuad Merah Putih.

Disadur dari Bola.com: Zulfirdaus Harahap/Hendry Wibowo, 26 Januari 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR