4-3-3 dan Trio Persebaya di Tengah, Prediksi Starting XI Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Ari Prayoga | 27 Januari 2022, 06:30
Timnas Indonesia vs Timor Leste (c) Bola.com/Lamya Dinata/Adreanus Titus
Timnas Indonesia vs Timor Leste (c) Bola.com/Lamya Dinata/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia melakoni uji coba internasional kontra Timor Leste dalam laga bertajuk FIFA Matchday. Kedua tim bakal bersua di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Kamis (27/01/2022) pukul 18.30 WIB.


Pada uji coba kali ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong hanya memanggil 27 pemain. Namun, satu di antaranya, yaitu Elkan Baggott dipastikan tidak bisa bergabung.

Begitu pun tiga pemain yang berkarier di luar negeri, seperti Asnawi Mangkualam Bahar, Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri. Mereka tak masuk dalam daftar penggawa yang dipanggil.

Meski tanpa kehadiran sejumlah pemain penting, Timnas Indonesia diyakini bisa mengatasi Timor Leste. Shin Tae-yong kemungkinan akan lebih banyak menurunkan pemain muda yang akan diandalkan pada ajang Piala AFF U-23 2022.

Berikut perkiraan starting XI Timnas Indonesia vs Timor Leste dengan formasi 4-3-3. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 11 halaman

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi

Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari Sutaryadi ketika tampil melawan Australia U-23 di leg pertama Kualifikasi Piala Asia U-23, Rabu (27/10/2021) malam WIB. (c) dok.PSSI

Di posisi penjaga gawang, Shin Tae-yong kemungkinan akan memilih Ernando Ari Sutaryadi. Dia bisa diproyeksikan dalam skuad Piala AFF U-23 2023 di Kamboja.

Ernando Sutaryadi adalah kiper yang sarat pengalaman pada ajang internasional. Akan tetapi, pada ajang Piala AFF 2020, dia hanya tampil satu kali karena berkutat dengan cedera.

2 dari 11 halaman

Bek Kiri: Pratama Arhan

Pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan dalam final Piala AFF 2020 melawan Thailand, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Tampil menjanjikan pada ajang Piala AFF 2020, Pratama Arhan berpotensi menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di posisi bek kiri. Performanya di lini pertahanan bisa diandalkan.

Atributnya sebagai bek sayap modern cukup lengkap, dia mampu bertahan dan menyerang sama baiknya. Dia bisa merebut bola dengan baik dan juga bisa mencetak gol.

3 dari 11 halaman

Bek Tengah: Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga (kiri) mencoba menghentikan Chanathip Songkrasin (kanan) di laga leg pertama final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/202

Salah satu pemain kepercayaan Shin Tae-yong di sektor bek tengah adalah Alfeandra Dewangga. Dia nyaris tak tergantikan pada ajang Piala AFF 2020.

Karena itu, Alfeandra Dewangga hampir pasti akan mengisi posisi starter kontra Timor Leste. Dia bisa menjadi tembok kokoh pertahan Skuad Garuda.

4 dari 11 halaman

Bek Tengah: Fachrudin Ariyanto

Aksi Nadeo Argawinata dan Fachruddin Aryanto di lini belakang Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Bek Madura United, Fachrudin Ariyanto kemungkinan akan menjadi teman duet Alfeandra Dewangga. Performanya di lini pertahanan tidak mengecewakan.

Fachrudin selalu bahu membahu membantu pertahanan Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020. Salah satu kelebihannya adalah ketika melakukan sapuan.

5 dari 11 halaman

Bek Kanan: Bayu Fiqri

Tidak adanya sosok Asnawi Mangkualam Bahar, Shin Tae-yong berpeluang menurunkan pemain debutan di posisi bek kanan. Dia adalah Bayu Fiqri.

Menjadi salah satu andalan Persib Bandung di BRI Liga 1 2021/2022, Bayu Fiqri layak mendapat tempat di skuad utama Timnas Indonesia kontra Timor Leste.

6 dari 11 halaman

Gelandang Bertahan: Rachmat Irianto

Rachmat Irianto usai mencetak gol ke gawang Kamboja pada laga matchday kedua Piala AFF 2020 (c) AFF Suzuki Cup

Di posisi gelandang bertahan, Shin Tae-yong kerap memasang Rachmat Irianto. Bahkan, pemain Persebaya Surabaya tersebut hampir selalu jadi starter sepanjang Piala AFF.

Kemampuan merebut bola dengan baik menjadi salah satu kemampuannya. Anak kandung legenda Persebaya, Bejo Sugiantoro itu juga mampu melepaskan umpan kunci.

7 dari 11 halaman

Gelandang Serang: Ricky Kambuaya

Aksi gelandang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya, pada leg kedua final Piala AFF 2020 melawan Thailand, Sabtu (1/1/2022) malam WIB (c) AP Photo

Salah satu andalan Shin Tae-yong di lini tengah Timnas Indonesia adalah Ricky Kambuaya. Dia punya kemampuan menggiring bola di atas rata-rata pemain lain.

Dalam membantu serangan, dia cukup piawai dalam melepaskan umpan kunci. Perannya nyaris tak tergantikan di lini tengah Skuad Garuda pada ajang Piala AFF.

8 dari 11 halaman

Gelandang Serang: Marselino Ferdinan

Pemain Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan. (c) Bola.com/Bagaskara Lazuardi

Marselino Ferdinan akan melengkapi trio Persebaya di lini tengah Timnas Indonesia kontra Timor Leste. Dia merupakan salah satu pemain bertalenta yang cukup bersinar musim ini.

Sebagai seorang playmaker, Marselino Ferdinan juga punya kemampuan melepaskan cannonball yang akurat. Dia juga sudah terlibat dalam 9 gol Persebaya di BRI Liga 1 2021/2022.

9 dari 11 halaman

Sayap Kiri: Ramai Rumakiek

Winger Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek saat tampil melawan Antalyaspor di laga uji coba jelang Piala AFF 2020. (c) dok.PSSI

Ramai Rumakiek juga merupakan pemain yang kerap dilirik Shin Tae-yong sepanjang Piala AFF 2020. Meskipun dia lebih sering berangkat dari bangku cadangan.

Tidak hadirnya Witan Sulaeman akan membuat Rumakiek akan menjadi pilihan utama Shin Tae-yong pada laga melawan Timor Leste.

10 dari 11 halaman

Sayap Kanan: Irfan Jaya

Selebrasi Irfan Jaya usai mencetak gol di laga Malaysia vs Indonesia, Piala AFF 2020 (c) PSSI

Irfan Jaya termasuk sosok yang cukup bersinar bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dia selalu menjadi pilihan utama Shin Tae-yong di sektor sayap kanan.

Irfan Jaya juga kerap membantu Timnas Indonesia dengan ketajaman yang dimilikinya. Dia menyumbang 3 gol dan 2 assist pada turnamen antar negara di Asia Tenggara itu.

11 dari 11 halaman

Penyerang: Ronaldo Kwateh

BRI Liga 1: Pemain Madura United, Ronaldo Joybera Kwateh (nomor 77) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Di sektor penyerang tengah, Shin Tae-yong bisa mengandalkan Ronaldo Kwateh. Meski belum punya banyak pengalaman, dia bisa diproyeksikan sebagai striker masa depan.

Ronaldo Kwateh juga sudah mencicipi atmosfer kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia bersama Madura United. Dia tampil dalam 9 pertandingan.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR