3 Pemain yang Bisa Menjadi Pilar Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022

Gia Yuda Pradana | 30 Mei 2022, 11:33
Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI
Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 akan memainkan laga pertamanya di Grup B Toulon Cup 2022, Senin 30 Mei 2022. Lawan yang akan dihadapi adalah Venezuela. Pertandingan ini akan digelar di Stade de Lattre-de-Tassigny, Aubagne, Prancis.

Terakhir kali dan satu-satunya penampilan Indonesia pada turnamen usia muda itu adalah pada 2017. Ketika itu, tim asuhan Indra Sjafri tersebut tak bisa meraih hasil maksimal dan pulang ke Tanah Air sebagai juru kunci Grup C. Timnas Indonesia U-19 keok dari Brasil (0-1), Republik Ceska (0-2), dan Skotlandia (1-2).

Meski begitu, Egy Maulana Vikri berhasil tampil memikat dalam tiga penampilan dan merebut penghargaan Jouer Revelation Trophee alias pemain berpengaruh. Titel itu membuktikan pemain Indonesia sanggup bersaing di kancah Internasional.

Pada kali kedua tampil di Toulon Cup 2022, Tim Garuda Muda mengusung 22 pemain ke Prancis. Walaupun tak memiliki target khusus, tim ini merupakan proyeksi untuk Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Lantas, siapa saja pemain yang bakal diandalkan Indonesia untuk Toulon Cup 2022? Disadur dari Bola.com, berikut tiga pemain yang bisa jadi pilar Timnas Indonesia U-19 di turnamen ini.

1 dari 3 halaman

Marcell Januar

Timnas Indonesia U-19 (c) dok.PSSI

Timnas Indonesia U-19 (c) dok.PSSI

Pemain Persis Solo Youth itu merupakan satu di antara pemain paling konsisten di kelompok umur dalam beberapa tahun terakhir. Marcell memiliki karisma tersendiri yang membuatnya kerap dipercaya sebagai kapten tim.

Bermain di pos bek tengah, pemain berusia 18 tahun itu mampu menjadi palang pintu yang cukup tangguh. Kemampuan yang baik dalam membaca permainan, membuatnya terlihat solid dalam setiap duel.

Walaupun sempat mengalami cedera parah, kemampuannya meningkat di bawah gemblengan pelatih Misha Radovic di level klub. Toulon Cup 2022 bisa jadi panggung besar pertama yang akan ditaklukkannya bersama Timnas Indonesia U-19.

2 dari 3 halaman

Ronaldo Kwateh

Duel antar pemain ketika Timnas Indonesia U-23 bertemu Malaysia U-23 dalam laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022). (c) ANTARAFoto/Pool/Aditya Pradana Putra

Duel antar pemain ketika Timnas Indonesia U-23 bertemu Malaysia U-23 dalam laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022). (c) ANTARAFoto/Pool/Aditya Pradana Putra

Tak seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh dipaksa 'sekolah' lebih dulu oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Alih-alih mendapatkan panggilan skuad senior, ia diminta turun gunung ke Timnas Indonesia U-19.

Namun, Toulon Cup bakal jadi kesempatan yang pas bagi pemain termuda di BRI Liga 1 musim lalu itu untuk membuktikan diri. Kurangnya jam terbang membuat kepercayaan diri Ronaldo sedikit turun.

Tentu ia harus bersaing dengan rekan-rekannya yang sudah lebih dulu menjalani pemusatan latihan. Tetapi, gol ke gawang Malaysia pada laga perebutan medali perunggu SEA Games 2021 merupakan bekal yang sangat berharga.

3 dari 3 halaman

Hokky Caraka

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan (c) PSSI

Latihan Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan (c) PSSI

Pemain muda PSS Sleman ini merupakan satu di antara pesepak bola yang perlu dinantikan permainannya. Hokky Caraka menjalani musim istimewa selama bermain untuk skuad Garuda Select.

Tak tanggung-tanggung, pemain berusia 17 tahun itu pulang dengan status topskorer tim. Ia berhasil mengemas 14 gol sepanjang kampanye musim ini termasuk tiga gol ke gawang Arsenal U-18.

Pemain asal Gunung Kidul, Yogyakarta itu juga berhasrat bermain di Eropa pada masa mendatang. Kesempatan bermain di Toulon Cup tentu tak akan disia-siakanya.

Disadur dari: Bola.com/Wahyu Pratama/Rizki Hidayat, 30 Mei 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR