BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

3 Peluru Timnas Indonesia U-19 yang Bisa Diandalkan Shin Tae-yong untuk Kembali Tekuk Qatar U-19

20-09-2020 19:40 | Dimas Ardi Prasetya

Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI Timnas Indonesia U-19 (c) dok. PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 akan kembali bersua dengan Qatar U-19 dan ada tiga pemain yang bisa diandalkan Shin Tae-yong untuk mencegah sang lawan melakukan revans.

Di laga uji coba pertama lalu, Timnas Indonesia U-19 sempat tertinggal lebih dulu 0-1 sebelum comeback dan berhasil mengalahkan Qatar U-19 dengan skor 2-1 pada Kamis (17/9/2020). Tendangan penalti Brylian Aldama membuat pertandingan menjadi imbang sebelum Mochammad Supriadi mencetak gol kemenangan untuk tim berjulukan Garuda Muda ini.

Timnas Indonesia U-19 kembali dijadwalkan berhadapan dengan Qatar U-19 di Velika Stadium, Zagreb, Minggu (20/9/2020). Enggan terbuai dengan kemenangan pertama, Garuda Muda mencoba fokus dan memperbaiki sejumlah kesalahan.

"Pertandingan uji coba nanti akan menjadi laga yang menarik bagi kedua tim. Mereka tentu tidak ingin kembali kalah. Kondisi tim saat ini dalam perkembangan yang bagus dan kemampuan para pemain terus meningkat," kata pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

Untuk meladeni perlawanan Qatar U-19, Timnas Indonesia U-19 hampir berkekuatan penuh. Hanya Mohammad Kanu yang belum bisa bermain karena cedera engkelnya belum pulih. Tiga pemain ini diyakini akan menjadi senjata utama Shin Tae-yong untuk memperparah penderitaan tim lawan.

1 dari 3 halaman

Witan Sulaeman

Peran Witan Sulaeman di Timnas Indonesia U-19 tidak tergantikan. Gelandang berusia 18 tahun itu selalu dipercaya Shin Tae-yong pada empat pertandingan di Kroasia.

Shin Tae-yong kerap mengutak-atik posisi Witan. Jika tidak sebagai gelandang sayap kanan, pasti di sisi sebaliknya. Sebab, pemain asal FK Radnik Surdulica itu dapat dimainkan di banyak posisi.

Dalam beberapa kesempatan, Witan juga menjadi motor serangan Timnas Indonesia U-19. Wajar, lantaran Shin Tae-yong menerapkan pola 4-4-2 dengan dua pemain bertahan di lini tengah.

Seringkali, serangan Timnas Indonesia U-19 berasal dari Witan. Biasanya, eks pemain PSIM Yogyakarta ini menyisir dari sisi kiri sebelum menusuk ke tengah atau pun menerobos lini pertahanan lawan.

2 dari 3 halaman

Brylian Aldama

Akhirnya, Brylian Aldama dipercaya Shin Tae-yong turun sebagai starter. Alumnus Garuda Select itu tampil sejak menit pertama ketika Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Qatar U-19.

Brylian tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan Shin Tae-yong. Berduet dengan David Maulana di lini tengah, pemain berusia 18 tahun itu mampu bermain cemerlang.

Berulang kali serangan Timnas Indonesia U-19 bermula dari kaki Brylian. Pemain bernomor punggung sembilan ini juga tampil disiplin menjaga lini tengah dengan tidak terpancing untuk maju ke depan.

Brylian sangat dingin ketika menjadi algojo penalti. Pemain kelahiran Surabaya, Jawa Timur itu turut berkontribusi atas satu dari dua gol Timnas Indonesia U-19 ke gawang Qatar U-19.

3 dari 3 halaman

Mochammad Supriadi

Mochammad Supriadi menjawab keraguan banyak pihak setelah menjadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-19 atas Qatar U-19 pada uji coba pertama. Winger asal Persebaya Surabaya ini berhasil membawa Garuda Muda meraih kemenangan pertama di Kroasia berkat golnya pada menit ke-84.

Supriadi sempat menjadi pesakitan karena dikartu merah ketika Timnas Indonesia U-19 kalah 1-7 dari Kroasia U-19 pada partai kedua turnamen International U-19 Friendly 2020.

Semula, Supriadi bukan pilihan utama Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Pemain berusia 18 tahun itu selalu bermain dari bangku cadangan pada dua partai International U-19 Friendly 2020.

Namun, Shin Tae-yong memberikan kesempatan kepada Supriadi untuk turun dari menit awal pada partai kontra Qatar U-19. Dia tidak menyia-nyiakan kans itu dengan bermain impresif sepanjang pertandingan.

Supriadi tampil ngotot di sisi sayap kiri Timnas Indonesia U-19. Dia juga rajin membantu pertahanan. Kecepatannya seringkali mampu merepotkan lini pertahanan lawan.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Benediktus Gerendo Pradigdo
Published: 20 September 2020

KOMENTAR