BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

3 Kemenangan Timnas Indonesia atas Jepang, Negara yang Sedang Menggelar Olimpiade 2020

26-07-2021 09:34 | Gia Yuda Pradana

Aksi suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus
Aksi suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Olimpiade Tokyo 2020 terus menjadi pusat perhatian pemberitaan olahraga dunia. Jepang sebagai negara tuan rumah berusaha memberikan yang terbaik untuk semua tamu yang datang.

Namun untuk sementara, mari kita tinggalkan informasi mengenai Jepang yang sedang menggelar Olimpiade Tokyo 2020. Artikel ini akan mengulas tentang Timnas Indonesia yang pernah tiga kali mengalahkan Jepang dalam pertandingan internasional.

Negeri Sakura yang merupakan salah satu negara raksasa di sepak bola Asia ternyata juga pernah kalah dari Timnas Indonesia. Memang, Jepang masih tetap superior atas skuad Garuda.

Dalam sejarah head to head Timnas Indonesia versus Jepang, total sudah 16 kali kedua negara bertemu di lapangan. Dengan tiga di antaranya dimenangikan pasukan Merah Putih.

Lantas, kapan saja tiga kemenangan itu dicatat Timnas Indonesia? Berikut catatannya seperti dilansir Bola.net dari situs pengumpul statisik pertandingan internasional, rsssf.

1 dari 3 halaman

Asian Games 1954

Suporter Timnas Indonesia (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah
Suporter Timnas Indonesia (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Kala itu, Jepang tampak masih belum jago di sepak bola Asia. Fakta ini terlihat dari partisipasi mereka di Asian Games Manila 1954.

Timnas Indonesia dan Jepang berada di Grup C bersama India. Hasilnya, Jepang kalah dalam dua laga yang dijalani.

Ketika melawan Timnas Indonesia pada 1 Mei 1954, Jepang kalah 3-5 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina. Gol skuad Garuda dicetak oleh Ramang (1 gol), Djamiat Dhalhar (2 gol), dan Tee San Liong (2 gol).

Jepang hanya mampu mengejar tiga gol dalam laga melawan Timnas Indonesia. Gol dihasilkan Takashi Kano, Masanori Tokita, dan Takashi Takabayashi.

2 dari 3 halaman

Laga Persahabatan di Kuala Lumpur 1961

Suporter Timnas Indonesia (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah
Suporter Timnas Indonesia (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Situs Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) mencatat pada 15 Agustus 1961, timnas mereka beruji coba dengan pasukan Merah Putih di Malaysia. Persisnya usai Merdeka Tournament 1961 di Kuala Lumpur.

Uji coba itu berakhir untuk kemenangan Timnas Indonesia 2-0. Sayangnya, JFA tidak mencatat siapa saja pencetak golnya.

JFA hanya menyebutkan daftar pemain Jepang yang melawan Timnas Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Yoshio Furukawa, Hiroshi Katayama, Tadashi Watanabe, dan Ryuichi Sugiyama.

3 dari 3 halaman

Merdeka Tournament 1978

Suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan
Suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Timnas Indonesia kembali mengalahkan Jepang. Kali ini di Merdeka Tournament edisi 1978.

Turnamen yang digelar di Kuala Lumpur ini menggunakan format satu grup dan diikuti delapan negara. Pesertanya adalah Korea Selatan, Irak, Malaysia, Thailand, Jepang, Singapura, Indonesia, dan Suriah.

Dua tim teratas bentrok di final dan waktu itu mempertemukan Korea Selatan dengan Irak. Nah salah satu pertandingan penyisihan mempertemukan Indonesia versus Jepang.

Laga Indonesia kontra Jepang berlangsung di Merdeka Stadium, Kuala Lumpur, pada 15 Juli 1978. Hasilnya, pasukan Merah Putih menang 2-1. Namun, tidak ada laporan siapa saja pencetak gol dalam pertandingan tersebut.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR