BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Zinedine Zidane 'Instal Ulang' Real Madrid jadi Tim Bermental Juara

28-01-2020 09:27 | Asad Arifin

Zinedine Zidane, Real Madrid (c) AP Photo Zinedine Zidane, Real Madrid (c) AP Photo

Bola.net - Jurnalis Marca, Jose Felix Diaz, menilai Zinedine Zidane berhasil melakukan 'instal ulang' Real Madrid. Dari era terpuruk pada musim 2018/2019 lalu, kini Real Madrid menjadi tim bermental juara.

Musim 2018/2019 menjadi momen yang buruk bagi Real Madrid. Tidak satu pun gelar juara di kompetisi mayor mampir ke Bernabeu. Real Madrid mencapai prestasi yang buruk musim lalu.

Bukan hanya dari sisi gelar, kondisi internal tim juga kacau. Julen Lopetegui dipecat, lalu digantikan Santiago Solari. Tidak lama menjabat, sang mantan pemain juga dipecat dan digantikan Zidane.

Real Madrid menutup musim 2018/2019 dengan raihan 68 poin dan berada di posisi ketika klasemen La Liga. Real Madrid disingkirkan Ajax Amsterdam di Liga Champions. Real Madrid gagal total di Copa del Rey.

1 dari 2 halaman

Kondisi Kontras Real Madrid dan Barcelona

Periode kedua Zinedine Zidane di Real Madrid dimulai dengan jalan yang terjadi, pada akhir musim 2018/2019 dan awal musim 2019/2020. Namun, kini Real Madrid mulai berada di jalur yang tepat.

"Real Madrid menunjukkan pola pikir mereka dan bergerak maju dari Barcelona," kata jurnalis Marca, Jose Felix Diaz.

"Kemenangan atas Real Valladolid tanpa kebobolan gol membuat Los Blancos kembali ke puncak setelah melihat Barcelona menelan kekalahan di Valencia pada hari sebelumnya," katanya.

Menurut Jose Felix Diaz, Barcelona kini telah memasuki tahap yang rapuh. Mereka seolah belum 'move on' dari kegagalan di Liga Champions dalam dua musim terakhir. Kekalahan dari Roma dan Liverpool terlalu pedih untuk dilupakan.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan Real Madrid yang gagal total pada musim lalu.

"Zidane telah membawa ambisi kembali ke Real Madrid, dan inilah yang mendorong tim berada di atas Barcelona, dan Real Madrid sangat ingin memenangkan kembali La Liga," kata Jose Felix Diaz.

2 dari 2 halaman

'Instal Ulang' Mental Juara Real Madrid

Real Madrid ketika menang dengan skor 0-1 atas Real Valladolid pada pekan ke-21 La Liga, Senin (27/1/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Real Madrid ketika menang dengan skor 0-1 atas Real Valladolid pada pekan ke-21 La Liga, Senin (27/1/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Jose Felix Diaz menambahkan, ada satu masalah pelik yang menerpa Real Madrid yakni kekurangan penyerang yang tajam. Real Madrid sejauh ini baru mencetak 39 gol, sedangkan Barcelona sudah mencetak 50 gol hingga pekan ke-21 La Liga.

"Tetapi lini pertahanan [Real Madrid] yang paling berkesan belakangan ini," kata Jose Felix Diaz.

"Real Madrid tangguh, dan kemenangan dengan clean sheet inilah yang paling dicintai para pelatih. Real Madrid memiliki kualitas yang tidak dimiliki Barcelona maupun Atletico Madrid saat ini, mereka mampu memenangkan pertandingan dengan mengatasi kesulitan," kata Jose Felix Diaz.

Lebih jauh, Jose Felix Diaz menilai kehadiran Zidane seolah telah melakukan 'instal ulang' pada mental para pemain Real Madrid.

"Zidane telah berhasil mencapai mental para pemainnya sejak kembali dan dia telah menginstal kembali keinginan untuk menang dalam laga, itulah yang diperlukan untuk menjadi sukses selama musim liga 38 pertandingan," tutup Jose Felix Diaz.

Sumber: Marca

KOMENTAR