Xavi Tegaskan Kekurangan Barcelona yang Harus Segera Diperbaiki, Apa Itu?

Yaumil Azis | 6 Januari 2022, 09:11
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez. (c) AP Photo
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez. (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona memang berhasil meraih kemenangan atas Linares Deportivo dalam laga babak 32 besar Copa del Rey hari Kamis (6/1/20220) tadi. Namun bukan berarti strategi yang diterapkan Xavi Hernandez telah diimplementasikan dengan baik.


Pertandingan yang berlangsung di Estadio de Linarejos tersebut sempat menghadirkan kejutan buat Barcelona. Pada menit ke-19, Linares selaku tuan rumah unggul lebih dulu berkat gol dari Antonio Luis Diaz Sanchez.

Barcelona butuh waktu yang cukup lama untuk menyamakan kedudukan. Penantian mereka baru berbuah hasil pada menit ke-63, di mana sepakan Ousmane Dembele gagal dihentikan Brimah Razak dan mengubah skor jadi 1-1.

Hanya butuh enam menit buat Barcelona untuk mengambil alih keunggulan dan mengubah kedudukan jadi 2-1 berkat Ferran Jutgla. Beberapa peluang emas tercipta di sisa pertandingan, tapi Barcelona harus puas dengan kemenangan tipis ini.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya

1 dari 2 halaman

Kekurangan Barcelona

Kemenangan jelas membuat Xavi puas. Ia tahu kemenangan ini penting buat kelolosan timnya ke babak 16 besar dan semakin dekat dengan gelar. Kendati demikian, ia merasa masih ada yang perlu diperbaiki oleh Barcelona.

"Ini adalah kemenangan penting yang mengartikan bahwa kami lolos ke babak kedua," ujar Xavi ketika bertemu awak media di konferensi pers pasca pertandingan, seperti yang dikutip dari Marca.

"Begitu sulit buat kami untuk memahami bagaimana cara mendominasi lini tengah dan menemukan operan terakhir, di mana seharusnya talenta kami bersinar di sana. Pada babak kedua, kami jadi lebih baik," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Ketat dan Tak Mudah

Namun, Xavi memaklumi kalau para pemainnya kesulitan untuk menunjukkan bakat terbaiknya selama pertandingan bergulir. Sebab Linares, yang merupakan peserta kompetisi kasta ketiga di Spanyol, mampu memberikan perlawanan ketat.

"Ini adalah laga yang ketat dan tidak mudah. Kemenangan ini menandakan kemajuan satu langkah lagi," tambah pria yang memulai karier kepelatihannya di Al Sadd tersebut.

"Pada jeda babak pertama, saya memberitahu mereka bahwa ini akan menjadi kemenangan atas rasa percaya, keyakinan, mengambil keuntungan dari kesempatan. Kami berhasil lolos dan saya senang," pungkasnya.

Berkat kemenangan ini, Barcelona berhak melaju ke babak 16 besar. Sang lawan baru akan diketahui pada 7 Januari nanti lewat proses drawing. Setelah ini, Gerard Pique dkk kembali beraksi di La Liga dengan Granada sebagai lawannya.

(Marca)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR