BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Wasit yang Beri Kartu Merah Messi Dinilai Juga Harus Dihukum, Ada Apa?

22-01-2021 04:00 | Richard Andreas

Lionel Messi mendapat kartu merah di laga final Supercopa de Espana 2021 (c) AP Photo Lionel Messi mendapat kartu merah di laga final Supercopa de Espana 2021 (c) AP Photo

Bola.net - Sudah sepekan berlalu, insiden kartu merah Lionel Messi di final Supercopa de Espana masih saja dibicarakan. Wasit yang memimpin duel Barcelona vs Athletic Bilbao itu dinilai perlu diselidiki.

Barca harus membuang asa meraih trofi pertama tahun ini. Pasukan Ronald Koeman takluk 2-3 dari Bilbao dalam duel 120 menit setelah sempat unggul dua kali.

Kegagalan ini menyakitkan, tapi yang membuatnya lebih pahit adalah insiden kartu merah Messi di menit akhir pertandingan. Kala itu Messi jelas menjotos pemain Bilbao, Asier Vilalibre, dalam momen serangan terakhir Barca.

Apa yang terjadi setelahnya? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Dihukum dua laga

Insiden jotosan Messi ini terlihat jelas di tayangan ulang. Wasit Gil Manzano menghentikan laga, melihat VAR, dan kembali ke lapangan untuk memberikan kartu merah.

Keputusan ini tepat. Messi kemudian dihukum larangan bertanding pada dua laga setelahnya, yang membuktikan bahwa kartu merah tersebut sudah tepat.

Namun, pertanyaan dilontarkan oleh Jaume Roures, salah satu analis sepak bola Spanyol. Dia setuju Messi layak dikartu merah, tapi di saat yang sama Roures pun mempertanyakan kualitas Manzano seabgai wasit.

"Benar bahwa Messi melakukan tindakan yang seharusnya tidak dia lakukan dan yang belum pernah dia lakukan sebelumnya," buka Roures.

2 dari 2 halaman

Meragukan wasit

Roures punya argumen kuat. Menurutnya, Messi tidak akan sampai frustrasi dan membuat pelanggaran fatal demikian jika sebelumnya tidak terus diganggu pemain Bilbao.

Nyaris sepanjang laga Messi selalu menerima tekel-tekel kasar dari pemain Bilbao, tapi wasit Manzano bergeming. Menurut Roures, andai wasit bersikap lebih tegas dan melindungi Messi, seharusnya insiden jotosan itu tidak perlu terjadi.

"Saya kira seharusnya insiden Messi itu tidak terjadi, sebab wasit tidak pernah mengintervensi pelanggaran-pelanggaran terhadap Messi," lanjut Roures.

"Jika wasit memberikan sejumlah kartu kuning [pada pelanggar Messi] seharusnya insiden ini tidak terjadi. Mereka [penyelenggara kompetisi] seharusnya juga menghukum wasit," tutupnya.

Sumber: Marca

KOMENTAR