BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Unai Emery Protes, Pique Handball tapi VAR Diam Saja!

29-11-2021 12:00 | Richard Andreas

Bek Barcelona Gerard Pique. (c) AP Photo
Bek Barcelona Gerard Pique. (c) AP Photo

Bola.net - Unai Emery menuntut penjelasan terkait keputusan wasit dan VAR yang merugikan Villarreal dalam duel kontra Barcelona. Dia merasa timnya berhak mendapatkan penalti.

Minggu (28/11/2021), Barcelona menundukkan Villarreal dengan skor 3-1 dalam duel pekan ke-14 La Liga 2021/22. Skor sempat terkunci 1-1, tapi Villarreal kehilangan kontrol di 10 menit akhir.

Menurut Emery, seharusnya pertandingan jadi milik timnya andai wasit bertindak adil dalam membuat keputusan. Dia meminta kejelasan terkait penggunaan VAR dalam pengambilan keputusan.

1 dari 2 halaman

Handball Pique

Di babak pertama, ketika skor masih 0-0, Pique terlihat menyentuh bola dengan tangannya ketika berusaha memblok sepakan lawan.

Lalu di babak kedua, Eric Garcia terlihat jelas menjatuhkan Raul Albiol di kotak terlarang. Dua pelanggaran ini seharusnya menguntungkan Villarreal, tapi wasit justru bergeming.

"Pelanggaran Albiol jelkas penalti, handball Pique juga sangat jelas," kata Emery dikutip dari Sport.

"Saya merasa kami tidak dihargai, ada banyak momen mirip seperti ini. Saya tidak paham mengapa VAR tidak digunakan dalam dua insiden itu."

2 dari 2 halaman

Tuntut kejelasan

Emery sebenarnya bisa terima andai keputusan itu dibuat berdasarkan pertimbangan matang. Masalahnya, wasit bahkan tidak mengambil waktu untuk melihat VAR dalam membuat keputusan.

Tindakan wasit itu membuat Emery merasa timnya seolah-olah dipandang sebelah mata. Tentu keputusan wasit lebih menguntungkan Barcelona.

"Kami harus bertanya siapa yang bertanggung jawab untuk kesalahan ini. Harus ada yang menjelaskan apa yang terjadi," Lanjut Emery.

"Pelanggaran itu jelas, sangat jelas. Di akhir laga, ketika Barca mencetak gol, VAR juga tidak dilibatkan. Kami kurang beruntung," tandasnya.

Sumber: Sport

KOMENTAR