BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tumpukan Utang Barcelona, Termasuk Sisa Rp500 Miliar ke Liverpool untuk Coutinho

26-01-2021 06:40 | Richard Andreas

Pemain Barcelona, Philippe Coutinho (c) AP Photo Pemain Barcelona, Philippe Coutinho (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona baru saja merilis laporan keuangan tahunan, Senin (25/1/2021) siang waktu setempat. Kondisinya tidak terlalu bagus, Barca masih menanggung utang kepada banyak klub.

Tercatat, total utang Barca mencapai 112 juta pounds pada 19 klub berbeda terkait transfer pemain. Umumnya ini terjadi pada kasus transfer pemain yang dibayar secara berkala.

Adapun dalam utang 112 juta pounds itu, jumlah terbesar adalah utang 25 juta pounds atau sekitar 500 miliar rupiah pada Liverpool terkait transfer Philippe Coutinho yang disepakati sebesar 142 juta pounds beberapa tahun lalu.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Rekor transfer yang flop

Pembelian Coutinho memecahkan rekor transfer Barcelona, yang nahasnya justru gagal total. Coutinho sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen, dan kini pun kembali dihantam cedera di Barcelona.

Menurut Daily Mail, Barca telah membayar 105 juta pounds di muka untuk transfer Coutinho, dan pembayaran berikutnya bisa dilakukan secara berkala.

Transfer ini dituntaskan pada Januri 2018, tapi kini hingga tiga tahun kemudian, Barca belum juga bisa melunasi utang ke Liverpool.

Nahasnya, Coutinho pun terbilang gagal total di Barcelona. Pembelian termahal yang justru flop.

2 dari 2 halaman

Utang-utang lainnya

Selain masih utang ke Liverpool untuk Coutinho, Barca juga masih punya tanggungan pembayaran pada banyak klub lain.

Mereka masih perlu membayar 8,8 juta pounds pada Bordeaux terkait transfer Malcom, 7 juta pounds ke Gremio untuk transfer Arthur, juga 14 juta pounds ke Ajax Amsterdam untuk Frenkie de Jong.

Yang lebih buruk, belum ada kepastian kapan Barca bisa membayar utang-utang tersebut. Bahkan saat ini kondisi klub ada di ambang kebangkrutan karena defisit besar setahun terakhir akibat pandemi.

Sumber: Barcelona, Daily Mail

KOMENTAR