BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Trio Kreator Assist Barcelona - Xavi, Iniesta, Alves

15-05-2020 15:26 | Gia Yuda Pradana

Xavi dan Andres Iniesta di Barcelona (c) AFP
Xavi dan Andres Iniesta di Barcelona (c) AFP

Bola.net - Barcelona selama ini sudah pernah diperkuat sederet pemain top dunia. Termasuk di antaranya adalah mereka-mereka yang memiliki kreativitas luar biasa dalam merancang peluang.

Dari sekian pemain kreatif dalam sejarah Barcelona, tiga nama ini patut mendapatkan pujian. Jumlah gabungan assist mereka bertiga di La Liga bahkan mencapai angka 231.

Tiga pemain yang dimaksud adalah Xavi, Andres Iniesta, dan Dani Alves.

1 dari 2 halaman

Duo Gelandang, Satu Bek Kanan

Dani Alves di Barcelona (c) AFP
Dani Alves di Barcelona (c) AFP

Xavi dan Iniesta adalah mantan duo gelandang Spanyol yang bisa dianggap sebagai pilar penting di periode tersukses Barcelona. Mereka berdua adalah otak permainan Barcelona saat meraih treble 2008/09.

Xavi memperkuat Barcelona periode 1998-2015, sementara Iniesta di Barcelona periode 2002-2018.

Satu pemain lainnya adalah Dani Alves. Bek kanan Brasil yang sekarang membela Sao Paulo itu pernah memperkuat Barcelona periode 2008-2016.

Alves diakui sebagai salah satu bek sayap terbaik di generasinya. Kemampuan crossing dan distribusi bolanya yang di atas rata-rata membuat Alves tak kesulitan merancang peluang gol untuk rekan-rekannya.

2 dari 2 halaman

97, 70, 64

Xavi, Iniesta, dan Alves mencatatkan total 231 assist bersama Barcelona di La Liga. Detailnya adalah Xavi 97 assist, Iniesta 70 assist, dan Alves 64 assist.

Mereka memang tiga kreator assist yang istimewa. Barcelona beruntung pernah diperkuat ketiganya.

KOMENTAR