Termasuk Messi, Ini 5 Pemain Barcelona dengan Nilai Pasar Tertinggi yang Hengkang Gratisan Sebelum Depay

Serafin Unus Pasi | 3 Agustus 2022, 20:18
Lionel Messi usai laga pekan ke-37 La Liga melawan Celta Vigo (c) AP Photo
Lionel Messi usai laga pekan ke-37 La Liga melawan Celta Vigo (c) AP Photo

Bola.net - Sebuah berita mengejutkan datang dari kubu Barcelona. Salah seorang pemain mereka, Memphis Depay, dikabarkan sudah tak betah dengan kehidupan di klub tersebut dan berniat segera hengkang.

Jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, menyebut bahwa saat ini agen dan kuasa hukum Depay sedang berunding dengan manajemen Barcelona. Jika perundingan tersebut mencapai titik temu, Depay bisa meninggalkan Barcelona dengan status bebas transfer.

Kesepakatan ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Depay bisa mencari klub baru sebelum bursa transfer musim panas ini berakhir. Di sisi lain, hengkangnya Depay bisa mengurangi beban gaji mereka.

Jika memang kesepakatan ini terjadi dan Depay hengkang dari Barcelona, pemain asal Belanda tersebut akan mencatatkan sejarah. Ia akan menjadi salah satu pemain Barcelona dengan nilai pasar tertinggi yang hengkang gratisan.

Ada sejumlah pemain yang masuk ke dalam daftar tersebut. Salah satunya adalah legenda Barcelona, Lionel Messi.

Siapa saja pemain Barcelona dengan nilai pasar tertinggi yang hengkang secara gratisan sebelum Memphis Depay? Berikut lima orang di antaranya.

1 dari 5 halaman

Dani Alves

Pemain Barcelona Dani Alves. (c) AP Photo

Pemain Barcelona Dani Alves. (c) AP Photo

Di peringkat kelima dalam daftar lima pemain Barcelona dengan nilai pasar tertinggi yang hengkang secara gratisan sebelum Memphis Depay ada nama Dani Alves. Bek sayap asal Brasil ini ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 9 juta euro kala meninggalkan Barcelona,

Alves meninggalkan Barcelona dengan status gratisan pada musim 2016/2017. Setelah meninggalkan Los Blaugrana, ia merapat ke Juventus.

Bersama Barcelona, Alves sempat merasakan masa kejayaan. Ia membantu klub tersebut enam gelar juara La Liga, empat gelar juara Piala Spanyol, empat gelar juara Piala Super Spanyol, tiga gelar juara Liga Champions, empat gelar juara Piala Super UEFA, dan tiga trofi juara Piala Dunia Antarklub.

2 dari 5 halaman

Andres Iniesta

Andres Iniesta. (c) AFP

Andres Iniesta. (c) AFP

Andres Iniesta menempati posisi empat dalam daftar lima pemain Barcelona dengan nilai pasar tertinggi yang hengkang secara gratisan sebelum Memphis Depay. Gelandang asal Spanyol tersebut ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 10 juta euro kala mengemasi kopernya dari Camp Nou.

Iniesta hengkang dari Barcelona pada musim 2018/2019. Setelah menanggalkan seragam kebesaran klub asal Catalan tersebut, ia terbang ke Jepang demi bergabung dengan Vissel Kobe.

Iniesta merupakan pemain didikan akademi pemain klub tersebut, La Masia. Ia naik ke tim senior pada awal musim 2002/2003.

Selama 16 musim memperkuat Barcelona, Iniesta membantu klub tersebut seabrek gelar. Tercatat, gelandang jenius tersebut merupakan bagian Barcelona kala meraih sembilan trofi juara La Liga, enam gelar juara Piala Spanyol, tujuh gelar juara Piala Super Spanyol, tiga gelar juara Piala Super UEFA, empat trofi juara Liga Champions, dan tiga gelar juara Piala Dunia Antarklub.

Bersama Barcelona pula Iniesta meraih gelar juara Pemain Terbaik Eropa versi UEFA pada 2012 silam.

3 dari 5 halaman

Arturo Vidal

Arturo Vidal. (c) AP Photo

Arturo Vidal. (c) AP Photo

Di urutan ketiga dalam daftar lima pemain Barcelona dengan nilai pasar tertinggi yang hengkang secara gratisan sebelum Memphis Depay ada nama Arturo Vidal. Saat hengkang dari Barcelona, setelah dua musim memperkuat klub tersebut, ia ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 11 juta euro.

Vidal meninggalkan Camp Nou pada 22 September 2020. Setelah meninggalkan Barcelona, pemain asal Chile tersebut hijrah ke Italia, untuk bergabung dengan Inter Milan.

Dua musim memperkuat Barcelona, Vidal menjadi salah satu pemain yang diandalkan Los Blaugrana. Dalam 96 penampilannya bersama Barcelona, pemain berposisi gelandang tersebut mencetak sebelas gol dan sebelas assist.

Vidal meraih dua trofi sepanjang memperkuat Los Blaugrana. Dua trofi tersebut adalah trofi gelar juara La Liga musim 2018/2019 dan trofi juara Piala Super Spanyol 2018/2019.

4 dari 5 halaman

Thierry Henry

Thierry Henry (c) AFP

Thierry Henry (c) AFP

Posisi dua dalam daftar lima pemain Barcelona dengan nilai pasar tertinggi yang hengkang secara gratisan sebelum Memphis Depay ditempati Thierry Henry. Penyerang asal Prancis ini ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 12 juta euro kala meninggalkan Barcelona.

Henry meninggalkan Barcelona pada awal musim 2010/2011, setelah tiga musim berseragam kebesaran Los Blaugrana. Ia terbang melintasi Atlantik untuk bergabung dengan klub MLS, New York Red Bulls.

Bersama Barcelona, Henry menjadi salah satu penyerang sayap paling mengerikan di Spanyol. Ia mencetak 49 gol dan 27 assist dalam 121 penampilannya bersama klub asal Catalan tersebut.

Henry meraih sejumlah trofi semasa memperkuat Barcelona. Tercatat, ia membantu Barcelona meraih dua gelar juara La Liga, satu trofi juara Piala Spanyol, satu gelar juara Liga Champions, dan satu trofi juara Piala Dunia Antarklub.

5 dari 5 halaman

Lionel Messi

Selebrasi Lionel Messi setelah menjebol gawang Getafe, Jumat (23/4/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Selebrasi Lionel Messi setelah menjebol gawang Getafe, Jumat (23/4/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Lionel Messi menempati peringkat pertama dalam daftar lima pemain Barcelona dengan nilai pasar tertinggi yang hengkang secara gratisan sebelum Memphis Depay. Megabintang asal Argentina tersebut ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 80 juta euro kala dipaksa meninggalkan Barcelona.

Messi terpaksa hengkang dari Camp Nou pada bursa transfer awal musim 2021/2022. Masalah keuangan di Barcelona membuat mereka tak bisa memperpanjang kontrak jebolan Akademi La Masia tersebut. Walhasil, Messi harus hengkang dari klub yang ia bela selama 16 musim tersebut.

Bersama Barcelona, Messi merupakan salah satu pemain terbaik dunia. Ia mencetak 670 gol dan 302 assist dalam 776 penampilannya bersama Barcelona.

Bersama Los Blaugrana pula Messi meraih sepuluh gelar juara La Liga, empat gelar juara Liga Champions, tiga gelar juara Piala Dunia Antarklub, dan sejumlah trofi lain. Secara pribadi, Messi juga meraih sejumlah gelar pemain terbaik bersama Barca.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR