Terima Kasih, Mister! 9 Mutiara Menjalani Debut di Barcelona Era Ronald Koeman

Asad Arifin | 29 Oktober 2021, 08:47
Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (c) AP Photo
Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (c) AP Photo

Bola.net - Karier Ronald Koeman di Barcelona tidak sepenuhnya dihiasi dengan catatan buruk. Barcelona tetap harus mengucap terima kasih pada pelatih asal Belanda itu untuk beberapa hal yang sudah dilakukan.


Kebersamaan Barcelona dengan Koeman memang diwarnai beberapa kontroversi. Bukan hanya soal hasil buruk di lapangan dan gaya bermain, tapi juga beberapa konvrontasi dengan para pemain kunci.

Akan tetapi, di balik semua cerita minor dan perpisahan dengan status dipecat, Koeman tetap memberikan hal positif bagi Barcelona. Koeman telah membangun fondasi masa depan Barcelona dengan mempromosikan banyak pemain muda.

Di bawah kendali Koeman, Barcelona aktif mempromosikan pemain dari La Masia dan mempercayai pemain muda untuk tampil di tim utama. Siapa saja pemain tersebut? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 10 halaman

Gavi

Pablo Gavi melakukan debut internasional bersama Spanyol pada laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB (c) AP Photo

Pablo Gavi melakukan debut internasional bersama Spanyol pada laga semifinal UEFA Nations League, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB (c) AP Photo

Gavi menjalani debut bersama Barcelona hanya berselang 24 hari setelah ulang tahun ke-17. Pada laga debut itu, Gavi turut membantu Barcelona menang 2-1 atas Getafe. Setelah itu, Gavi mulai rutin bermain di tim utama.

Gavi belakangan mengukir sensasi saat dipanggil ke timnas Spanyol. Gavi mendapat banyak pujian saat tampil bagus dan membawa Spanyol mengalahkan Italia di semifinal UEFA Nations League 2021 lalu.

2 dari 10 halaman

Yusuf Demir

Aksi pemain Barcelona, Yusuf Demir, pada pekan kelima La Liga 2021/2022 melawan Granada di Camp Nou (c) AP Photo

Aksi pemain Barcelona, Yusuf Demir, pada pekan kelima La Liga 2021/2022 melawan Granada di Camp Nou (c) AP Photo

Yusuf Demir tampil bagus pada pramusim 2021/2022. Demir, yang awalnya hanya disiapkan untuk Barcelona B, promosi ke tim utama berkat Koeman. Demir sejauh ini telah memainkan lima laga di La Liga untuk Barcelona.

Status Demir adalah pemain pinjaman dari klub Austria, Rapid Vienna. Barcelona punya opsi untuk membelinya secara permanen dengan harga 10 juta Euro. Publik sepak bola Austria mengklaim Demir punya gaya bermain mirip Messi.

3 dari 10 halaman

Ilaix Moriba

Pemain baru RB Leipzig Ilaix Moriba. (c) RB Leipzig

Pemain baru RB Leipzig Ilaix Moriba. (c) RB Leipzig

Ilaix Moriba diyakini sebagai salah satu pemain berbakat yang lahir di La Masia. Dia menjalani debut di tim utama 25 hari setelah merayakan ulang tahun ke-18.

Moriba sempat jadi andalan di lini tengah Barcelona pada musim 2020/2021 lalu. Hanya saja, Barcelona dan Moriba tidak mencapai kesepakatan soal kontrak baru. Moriba pun dilepas ke RB Leipzig awal musim ini.

4 dari 10 halaman

Nico Gonzalez

Nico promosi ke tim utama pada awal musim 2021/2022. Nico menjalani debut saat Barcelona menang dengan skor 4-2 atas Real Sociedad, pekan pertama La Liga. Nico menggantikan Sergio Busquets pada menit ke-83.

Sejauh ini, Nico telah memainkan tujuh laga di La Liga dengan tiga kali sebagai pemain inti. Bersama Pedri, Gavi, dan Riqui Puig, Nico bisa jadi aset penting di lini tengah Barcelona.

5 dari 10 halaman

Sergino Dest

Lionel Messi dan Sergino Dest (c) AP Photo

Lionel Messi dan Sergino Dest (c) AP Photo

Dest menjadi salah satu transfer terbaik Barcelona pada era Koeman. Di beli dari Ajax dengan harga 21 juta Euro, Dest segera menjadi andalan di sektor bek kanan klub asal Catalan.

Dest baru berusia 20 tahun, tapi sudah jadi pemain utama. Gaya bermain Dest sangat agresif, mirip dengan Dani Alves. Dest memang belum segemilang Alves, tapi dia punya potensi besar untuk jadi pemain top.

6 dari 10 halaman

Eric Garcia

Bek Barcelona, Eric Garcia (c) AP Photo

Bek Barcelona, Eric Garcia (c) AP Photo

Eric Garcia adalah jebolan La Masia yang sempat 'sekolah' di Manchester City. Koeman bersikeras membawa Eric Garcia pulang ke Camp Nou pada awal musim 2021/2022.

Garcia memang belum menunjukkan aksi yang cukup impresif sejauh ini. Tapi, dia punya talenta besar. Sebagai bukti, Garcia sudah jadi andalan timnas Spanyol. Garcia adalah kapten Barcelona pada berbagai level usia dan mungkin jadi kapten tim utama di masa depan.

7 dari 10 halaman

Oscar Mingueza

Bek Barcelona Oscar Mingueza. (c) AP Photo

Bek Barcelona Oscar Mingueza. (c) AP Photo

Mingueza promosi ke tim utama pada awal musim 2020/2021 lalu. Pemain 22 tahun itu punya kemampuan bermain sebagai bek tengah dan bek kanan. Dia menjadi salah satu pemain yang sangat diandalkan Ronald Koeman.

Mingueza diprediksi bakal punya peran yang vital di pertahanan Barcelona. Bersama Eric Garcia dan Ronald Araujo, Mingueza bisa jadi jaminan masa depan Barcelona jika mampu menjaga performanya pada top level.

8 dari 10 halaman

Alex Balde

Alex Balde belum begitu menonjol pada level senior. Tapi, pada kelompok usia, dia adalah salah satu bakat besar yang lahir dari La Masia. Posisinya bek kiri dan diprediksi jadi penerus Jordi Alba di musim-musim mendatang.

Balde menjalani debut bersama tim utama Barcelona pada duel melawan Granada, yang berakhir 1-1. Balde bermain selama 42 menit. Saat itu, Balde baru berusia 17 tahun, 11 bulan, dan dua hari.

9 dari 10 halaman

Pedri

Pemain Barcelona, Pedri (c) AP Photo

Pemain Barcelona, Pedri (c) AP Photo

Pedri menjadi pemain fenomenal yang ditinggalkan Koeman untuk Barcelona. Pedri diyakini menjadi wajah masa depan Barcelona. Performanya sangat luar biasa sepanjang musim 2021/2022 lalu.

Pedri menjalani debut pada usia 17 tahun, 10 bulan, dan 2 hari. Masih sangat muda. Walau bukan pemain dari La Masia, Pedri diyakini akan menjadi bagian penting dari Barcelona untuk waktu yang lama.

Sejak menjalani debut di tim senior bersama Koeman, Pedri terus bersinar dan kini juga menjadi andalan timnas Spanyol.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR