BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tentang Lionel Messi yang Selalu Selamatkan Barcelona, Bahkan Kepergiannya pun Tolong Klub

04-12-2020 07:00 | Richard Andreas

Superstar Barcelona, Lionel Messi (c) AP Photo Superstar Barcelona, Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi berulang kali menyelamatkan Barcelona di lapangan, entah dengan gol-golnya, atau cukup dengan assist-nya. Bagaimanapun, Messi selalu ada untuk Barca.

Musim ini sedikit berbeda dari biasanya. Messi sempat memberontak beberapa bulan lalu, mengaku terlalu kecewa dengan kepemimpinan Josep Maria Bartomeu yang tidak jelas.

Biar begitu, pada akhirnya dia bertahan dan kembali jadi pemain penting di bawah Ronald Koeman. Perannya memang berbeda, tak lagi memikul segalanya, tapi jelas masih penting.

Sayangnya, tidak ada jaminan Messi bakal bertahan lebih lama dari masa kontraknya yang tersisa beberapa bulan lagi.

Mungkinkah Messi jadi pergi? Dan andai pergi, bolehkah Barcelona bernapas lega karena lagi-lagi diselamatkan sang superstar?

1 dari 5 halaman

Durasi kontrak dan pemilihan presiden

Lionel Messi (c) AP PhotoLionel Messi (c) AP Photo

Messi memang masih mengenakan kostum Barca saat ini, tapi situasinya tidak benar-benar aman. Musim panas lalu dia bertahan lebih karena menghargai kontrak dan tidak mau membawa Barca ke pengadilan.

Saat ini Messi memasuki bulan-bulan terakhirnya, dan dia bebas bernegosiasi dengan klub di luar Spanyol per Januari 2021 mendatang. Celah inilah yang sulit ditutup Barca.

Seharusnya Messi segera ditahan dengan kontrak baru, masalahnya sekarang tidak ada yang bisa menawarkan kontrak tersebut.

2 dari 5 halaman

Mungkin terlambat

Kursi presiden Barca saat ini diisi pengganti sementara Carles Tusquets, pasca mundurnya Josep Maria Bartomeu.

Tusquets tidak bisa menawarkan kontrak baru pada Messi, yang berarti Barca harus menunggu sampai kepastian presiden berikutnya, yakni pada 24 Januari 2021.

Masalahnya, saat itu mungkin sudah terlambat. Messi mungkin saja sudah sepakat pindah ke klub lain.

Ada beberapa klub yang sudah menunggu kesempatan ini, sebut saja Manchester City dan PSG.

3 dari 5 halaman

Masalah keuangan

Pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Betis di La Liga, Sabtu (07/11/2020) malam WIB. (c) AP PhotoPemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Betis di La Liga, Sabtu (07/11/2020) malam WIB. (c) AP Photo

Kembali ke Barca, saat ini kekhawatiran mereka bukan hanya soal mempertahankan Messi. Ada pula masalah keuangan yang tidak bisa disepelekan.

Barca sedang defisit besar-besaran karena pertandingan tanpa penonton. Musim lalu saja merka merugi sampai 200 juta euro, yang jelas sangat besar.

Musim ini Barca sudah mencapai kesepakatan dengan para pemain perihal pemotongan gaji, tapi tetap saja masih belum cukup. Saat ini keuangan klub bernapas terengah-engah.

Di sinilah Messi bisa kembali membantu Barca. Jika selama ini dia membantu di lapangan, mungkin kali ini dia bisa membantu menyelamatkan keuangan klub.

4 dari 5 halaman

Seharusnya dijual

"Dari sudut pandang ekonomi, saya bakal memilih menjual Messi musim panas lalu."

"Itu lebih baik dalam pertimbangan uang yang Anda terima dan uang yang bisa Anda simpan. Sebab La Liga menuntut batas gaji minimal."

Komentar di atas adalah potongan kalimat Tusquets si presiden interim. Dia mengakui bakal menjual Messi musim panas lalu dengan harga setinggi mungkin, tentu demi menyelamatkan klub.

Tentu Tusquets hanya bisa berandai-andai, saat itu keputusan ada di tangan Josep Maria Bartomeu yang menolak kepergian Messi.

Masalahnya, sekarang Barca masih terjebak dalam masalah keuangan pelik. Jika penonton tidak bisa segera masuk ke stadion, Barca terancam bangkrut.

5 dari 5 halaman

Pergi demi Barcelona?

Lionel Messi jelang pertandingan melawan Bayern Munchen di perempat final Liga Champions 2019-2020. (c) AP PhotoLionel Messi jelang pertandingan melawan Bayern Munchen di perempat final Liga Champions 2019-2020. (c) AP Photo

Menimbang situasi sulit Barca di atas, plus memahami bahwa Messi belum memantapkan hati bertahan, seharusnya situasinya sudah jelas.

Selama ini Messi menyelamatkan Barca di lapangan. Kini dia bisa kembali menyelamatkan Barca sebagai klub.

Ya, kepergian Messi seharusnya bisa menyelesaikan masalah keuangan Barcelona. Selagi dia masih bisa dijual dan tidak pergi dengan gratis, Barca harus siap menelan realita pahit ini.

Bahwa menjual Messi mungkin satu-satunya cara menyelamatkan klub dari ancaman kebangkrutan.

Sumber: Berbagai sumber

KOMENTAR