Tanpa Penggawa Barcelona, Ini Starting XI Terbaik Pekan Perdana La Liga 2022/2023

Ari Prayoga | 17 Agustus 2022, 10:45
Bola resmi La Liga 2022-2023. (c) dok.LaLiga
Bola resmi La Liga 2022-2023. (c) dok.LaLiga

Bola.net - Barcelona mengambil kebijakan agresif pada bursa transfer musim panas 2022/2023. Los Blaugrana mendatangkan sejumlah bintang, seperti Raphinha, Robert Lewandowski, dan sejumlah pemain lain untuk memperkuat skuad mereka.

Namun, Barcelona gagal menunjukkan performa terbaik pada laga perdana mereka di La Liga 2022/2023, kontra Rayo Vallecano. Bermain di kandang sendiri, mereka harus puas dengan hasil imbang tanpa gol.

Tak ada pemain Barcelona yang tampil menonjol pada laga tersebut. Rata-rata, menurut laman Whoscored, penggawa Barcelona mendapat ponten 6,41 pada laga tersebut.

Dengan performa seperti ini, tak ada nama penggawa tim asal Catalan tersebut dalam daftar starting XI terbaik pekan perdana La Liga 2022/2023. Yang lebih menyakitkan bagi Barcelona, ada dua nama penggawa Real Madrid, rival bebuyutan mereka, yang masuk ke dalam daftar susunan laman Whoscored ini.

Siapa saja selengkapnya pemain yang masuk ke dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 12 halaman

Fernando Martinez - 9,4

Posisi penjaga gawang dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023 ditempati oleh Fernando Martinez. Kiper Almeria ini mendapat nilai 9,4 untuk penampilannya pada laga kontra Real Madrid.

Martinez memang tak mampu menghindarkan timnya dari kekalahan pada laga tersebut. Gawang kiper asal Spanyol ini kebobolan dua kali pada laga tersebut.

Namun, jika bukan karena ketangguhan Martinez, gawang Almeria pasti bobol lebih banyak lagi. Tercatat, kiper berusia 32 tahun tersebut melakukan 13 penyelamatan.

2 dari 12 halaman

Lucas Vazquez - 7,7

Selebrasi winger Real Madrid, Lucas Vazquez (c) AP Photo

Selebrasi winger Real Madrid, Lucas Vazquez (c) AP Photo

Di posisi fullback kanan dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023 ada nama Lucas Vazquez. Penggawa Real Madrid tersebut diganjar nilai 7,7 untuk penampilannya pada laga kontra Almeria.

Pada laga tersebut, Vazquez tampil agresif. Ia melepas tiga tembakan yang satu di antaranya berbuah gol. Selain itu, ia juga melepaskan dua umpan kunci pada laga ini.

Vazquez juga tak melupakan tugasnya untuk membantu pertahanan. Pada laga ini, ia mencatatkan satu tackle dan satu intersep.

3 dari 12 halaman

German Pezzella - 7,8

German Pezzella menempati satu posisi di jantung pertahanan dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023. Pemain Real Betis ini mendapat ponten 7,8 untuk penampilannya pada laga kontra Elche.

Pezzella bisa dikatakan salah satu aktor utama di balik tak bobolnya gawang Betis pada laga tersebut. Ia kokoh mengadang serbuan demi serbuan penggawa Elche.

Pada laga tersebut, Pezzella mencatatkan tiga tackle, tujuh intersep, dan satu blok. Selain itu, bek asal Argentina ini juga mencatatkan dua duel udara sukses pada laga tersebut.

4 dari 12 halaman

Jawad El Yamiq - 7,6

Sebagai partner Pezzella di jantung pertahanan starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023 ada nama Jawad El Yamiq. Penggawa Real Valladolid ini mendapat nilai 7,6 untuk penampilannya pada laga kontra Villarreal.

Gawang Valladolid memang kebobolan tiga gol pada laga ini. Namun, bila bukan karena ketangguhan El Yamiq menghalau serangan Villarreal, bisa jadi gawang mereka bobol lebih banyak lagi.

Pada laga tersebut, pemain asal Maroko tersebut mencatatkan satu tackle, enam intersep, dan lima sapuan. Selain itu, El Yamiq juga mencatatkan tiga duel udara sukses pada laga ini.

5 dari 12 halaman

David Alaba - 7,3

David Alaba usai mencetak gol ke gawang Almeria pada pekan ke-1 La Liga musim 2022/2023 (c) AP Photo

David Alaba usai mencetak gol ke gawang Almeria pada pekan ke-1 La Liga musim 2022/2023 (c) AP Photo

David Alaba menempati posisi fullback kiri dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023. Penggawa Real Madrid ini mendapat ponten 7,3 untuk performa yang ia tunjukkan pada laga kontra Almeria.

Alaba masuk sebagai pengganti. Namun, ia sukses menjadi pahlawan di balik kemenangan Madrid pada laga tersebut dengan torehan satu gol dari satu tembakan yang ia lepaskan.

Selain itu, dalam 16 menit penampilannya, Alaba juga mencatatkan satu dribble sukses dan satu umpan kunci.

6 dari 12 halaman

Yeremi Pino - 7,6

Yeremy Pino. (c) Villarreal Official

Yeremy Pino. (c) Villarreal Official

Di posisi gelandang sayap kiri dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023 ada nama Yeremi Pino. Ponten 7,6 diberikan kepada pemain Villarreal tersebut untuk penampilannya pada laga kontra Real Valladolid.

Pino memang tak mencetak gol dari dua tembakan yang dilepaskannya pada laga tersebut. Namun, ia berhasil mengacak-acak pertahanan Valladolid dengan delapan dribble sukses dan 17 umpan suksesnya.

Selain itu, pemain 19 tahun asal Spanyol ini juga kokoh dalam bertahan. Ia mencatatkan tiga tackle dan satu intersep pada laga tersebut.

7 dari 12 halaman

Mikel Merino - 8,3

Mikel Merino menempati satu posisi di ruang mesin dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023. Penggawa Real Sociedad tersebut mendapat nilai 8,3 untuk penampilannya pada laga kontra Cadiz.

Dalam pertandingan tersebut, merupakan kreator dari gol kemenangan Sociedad, yang dicatatkan Takefusa Kubo. Selain satu assist tersebut, Merino juga mencatatkan dua tembakan.

Merino juga tangguh dalam membantu pertahanan. Ia mencatatkan satu tackle, satu intersep, enam sapuan, dan dua blok. Selain itu, ia juga mencatatkan tujuh duel udara sukses pada laga ini.

8 dari 12 halaman

Dani Parejo - 7,4

Sebagai partner Merino di ruang mesin dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023 ada nama Dani Parejo. Pemain Villarreal ini mendapat ponten 7,4 untuk penampilannya pada laga kontra Real Valladolid.

Dalam pertandingan tersebut, Parejo sukses menjalankan fungsinya sebagai perusak serangan lawan. Pemain 33 tahun ini mencatatkan lima tackle sukses, satu intersep, dan satu blok kala menghadapi Valladolid.

Parejo juga tak ragu maju membantu penyerangan. Ia mencatatkan satu dribble sukses, satu tembakan, dan dua umpan kunci pada laga tersebut.

9 dari 12 halaman

Juanmi - 8,4

Juanmi menempati posisi gelandang kiri dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023. Penggawa Real Betis tersebut mendapat nilai 8,4 untuk penampilannya pada laga kontra Elche.

Pemain 29 tahun ini tampil ganas pada laga kontra Elche. Ia mencetak dua dari tiga gol Betis ke gawang lawan. Dua gol ini merupakan buah dari tiga tembakan yang ia lepaskan.

Selain itu, Juanmi juga mencatatkan empat dribble sukses dan satu umpan kunci.

10 dari 12 halaman

Joao Felix - 7,6

Alvaro Morata dan Joao Felix usai mencetak gol ke gawang Getafe pada pekan pertama La Liga musim 2022/2023 (c) Atletico Madrid Twitter

Alvaro Morata dan Joao Felix usai mencetak gol ke gawang Getafe pada pekan pertama La Liga musim 2022/2023 (c) Atletico Madrid Twitter

Di posisi penyerang lubang dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023 ada nama Joao Felix. Penggawa Atletico Madrid ini mendapat nilai 7,6 untuk penampilannya pada laga kontra Elche.

Pada pertandingan ini, Felix sukses menjadi kreator bagi tiga gol kemenangan Atletico. Selain tiga assist tersebut, ia juga mencatatkan tiga umpan kunci.

Felix juga melepas tiga tembakan pada laga kontra Elche. Namun, tiga tembakan tersebut tak berbuah gol.

11 dari 12 halaman

Alvaro Morata - 7,9

Striker Atletico Madrid, Alvaro Morata (c) Atletico Madrid

Striker Atletico Madrid, Alvaro Morata (c) Atletico Madrid

Rekan Joao Felix, Alvaro Morata menempati posisi ujung tombak dalam starting XI terbaik pekan pertama La Liga 2022/2023. Penggawa Atletico Madrid ini diganjar ponten 7,9 untuk penampilannya pada laga kontra Elche.

Dalam laga tersebut, Morata mencetak dua dari tiga gol kemenangan Atletico. Dua gol ini tercipta dari tiga tembakan yang ia lepaskan pada laga kontra Elche.

Pada laga tersebut, Morata juga mencatatkan satu dribble sukses dan satu umpan kunci.

12 dari 12 halaman

Klasemen La Liga 2022/23

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR