Tanpa Iniesta, Guardiola dan Tiki-taka Mungkin Takkan Lahir di Barcelona

Yaumil Azis | 6 Februari 2020, 05:31
Tanpa Iniesta, Guardiola dan Tiki-taka Mungkin Takkan Lahir di Barcelona
Andres Iniesta dan Lionel Messi. (c) AFP

Bola.net - Tidak bisa dimungkiri kalau Josep Guardiola pantas disebut sebagai salah satu pelatih terbaik dunia saat ini. Namun, ia mungkin tidak akan pernah dikenal seperti demikian kalau Andres Iniesta tidak berada di Barcelona.

Karir kepelatihan Guardiola dimulai pada tahun 2008 silam. Ia diberi kepercayaan untuk menjadi pengganti Frank Rijkaard, yang terbilang sukses dengan raihan lima trofi, sebagai pelatih kepala Barcelona.

Cukup banyak yang menyangsikan keputusan Barcelona untuk mengangkat Guardiola sebagai pelatih. Sebab, Guardiola bukan sosok yang memiliki segudang pengalaman. Waktu itu, ia masih sangat hijau. Apalagi jika dibandingkan dengan Rijkaard.

Namun pada akhirnya, ia berhasil menjawab keraguan itu. Tidak tanggung-tanggung, Guardiola langsung mempersembahkan treble di musim perdananya. Sontak namanya langsung dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia sampai sekarang.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Andil Iniesta untuk Guardiola

Tidak akan ada yang menyangka bahwa cerita Guardiola di Barcelona bisa saja berbanding terbalik dengan yang diketahui sekarang. Ia menelan kekalahan pada dua laga pertamanya, masing-masing dari Numancia dan Racing Santander.

Di masa-masa awal kepelatihannya, Guardiola mendapatkan tekanan yang sangat hebat. Untungnya ada Andres Iniesta yang memberinya semangat dan tidak keluar dari jalurnya.

"Itu benar. Dia berada di bawah tekanan karena ini adalah Barca dan tekanannya tinggi - saya tahu itu sebagai seorang pemain sejak masih berusia 12 tahun, tapi bila anda pelatih, tekanan itu akan semakin tinggi," ujar Iniesta kepada FourFourTwo.

"Publik sudah duluan meragukannya dan fans tidak senang. Itu tidak mudah dan dia bukan pelatih berpengalaman yang sudah terbiasa dengan itu. Hal terkecil yang bisa saya lakukan adalah memintanya untuk tidak mengubah apapun," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Para Pemain Senang

Publik mungkin dibaluti dengan keraguan saat Barcelona menunjuk Guardiola, sosok yang minim pengalaman, sebagai pelatihnya. Tetapi tidak dengan para pemain yang percaya dengan metodenya.

"Tidak ada dari mereka [kritikus] yang bisa melihat apa yang kami lakukan di pra-musim. Pemain bisa, dan kami senang dengan caranya bekerja, dengan gaya yang lebih jelas," tambahnya.

"Apa yang dia inginkan sangat jelas dan ia mengkomunikasikan itu dengan sangat baik kepada kami," pungkasnya.

(FourFourTwo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR