BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sulit Bikin Gol dan Kalah dari Suarez-Ronaldo, Lionel Messi Sudah Habis?

27-10-2020 06:30 | Richard Andreas

Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo Kapten Barcelona, Lionel Messi. (c) AP Photo

Bola.net - Ada yang salah dengan Lionel Messi. Superstar Barcelona ini masih bermain reguler, masih bermain baik, tapi torehan golnya jauh di bawah standar.

Enam pertandingan telah ditempuh Barca dan Messi baru mencetak dua gol, satu di La Liga, satu lagi di Liga Champions. Keduanya dari titik putih, bukan dari open play.

Tentu angka ini mengkhawatirkan untuk ukuran Messi, yang bertahun-tahun selalu jadi jaminan gol. Kabarnya messi kesulitan beradaptasi di posisi baru dalam gaya bermain baru ala Ronald Koeman.

Seburuk apa performa Messi awal musim ini? Menukil Marca, scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Barcelona pun kesulitan

Saat ini Barcelona ada di peringkat ke-12 klasemen sementara La Liga, dengan 7 poin dari 5 pertandingan. Messi baru mencetak satu gol dari 5 laga itu, yakni gol penalti ke gawang Villarreal.

Gol Messi lainnya ada di Liga Champions, membantu Barca menghajar Ferencvaros 5-0. Itu pun dari titik putih, meski sebenarnya dia bermain baik.

"Saya tidak lagi terlalu terobsesi dengan gol," ujar Messi beberapa waktu lalu. Kini, ucapannya itu terbukti di lapangan. Ini adalah torehan gol terlambat Messi sejak tahun 2014 lalu.

2 dari 3 halaman

Ditambah gol di timnas

Bahkan jika ditambah golnya bersama Timnas Argentina, catatan Messi masih buruk. Dia membantu tim melawan Ekuador dan Bolivia pada kualifikasi Piala Dunia beberapa waktu lalu.

Messi mencetak satu gol, tapi lagi-lagi dari penalti. Artinya, di level klub dan internasional Messi telah mencapai 8 pertandingan, hanya 3 gol penalti, dan belum membuat assist.

Gol terakhir Messi dari open play tercipta pada duel kontra Napoli di Liga Champions musim lalu. Messi masih main baik, tapi kontribusinya menurun.

3 dari 3 halaman

Kalah dari rekan dan rival

Torehan Messi ini pun akan terlihat semakin minim jika dibandingkan dengan rival-rival selevelnya.

Sebut saja Luis Suarez yang sudah mencetak 4 gol dalam 5 pertandingan untuk Atletico Madrid, plus 3 gol untuk Uruguay.

Lalu Cristiano Ronaldo telah mencetak 3 gol hanya dalam 2 pertandingan, sebelum akhirnya dipaksa menepi sejenak karena COVID-19.

Bahkan Messi kalah dari bintang muda Barca, Ansu Fati, yang sudah mencetak 4 gol dalam 6 pertandingan.

Ada apa dengan Messi? Mungkinkah sang superstar sudah habis?

Sumber: Marca

KOMENTAR