Suka Cita Eric Garcia, Gol Perdana Setelah 75 Pertandingan di Level Senior

Abdi Rafi Akmal | 4 September 2022, 14:25
Eric Garcia merayakan golnya pada laga Sevilla vs Barcelona di pekan ke-5 La Liga 2022/2023 (c) AP Photo
Eric Garcia merayakan golnya pada laga Sevilla vs Barcelona di pekan ke-5 La Liga 2022/2023 (c) AP Photo

Bola.net - Eric Garcia perlu 75 pertandingan profesional di level senior untuk bisa mencetak gol perdana. Gol itu tercipta dalam kemenangan 3-0 Barcelona atas Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (4/9/2022) dini hari WIB.

Garcia menjadi pencetak gol terakhir pada pertandingan tersebut. Ia mencetak gol di menit ke-50 setelah memanfaatkan umpan sundulan dari Jules Kounde.

Dua gol Barcelona lainnya tercipta dari Raphinha di menit ke-21 dan Robert Lewandowski di menit ke-36. Barcelona pun mengamankan kemenangan ketiga dalam empat laga Liga Spanyol 2022/2023.

Tambahan tiga poin membuat Barcelona nyaman menempel ketat Real Madrid dari peringkat ke-2 dengan sepuluh poin. Skuad besutan Xavi Hernandez ini hanya tertinggal dua poin dari pemuncak klasemen.

1 dari 4 halaman

Perlu 75 Pertandingan

Eric Garcia (c) AP Photo

Eric Garcia (c) AP Photo

Garcia mulai menembus tim senior saat berseragam Manchester City. Kesempatan itu hadir di musim 2018/19. Kesempatan bermainnya masih sedikit kala itu karena sulit bersaing dengan pemain-pemain inti Man City lainnya.

Tiga tahun dia di sana, Garcia sukses membukukan 35 pertandingan di seluruh ajang. Pemain berpostur 182 cm tidak pernah sekalipun mencetak gol di tim senior, meski di tim junior Man City, ia sudah melakukannya berulang kali.

Garcia tiba di Barcelona sejak musim 2021/22. Sampai pertandingan tersebut, pemain berusia 21 tahun ini mengoleksi 40 pertandingan.

Ya, tepat 75 pertandingan profesional di level senior, Garcia akhirnya bisa merasakan merayakan selebrasi atas golnya sendiri. Ia terlihat emosional setelahnya.

2 dari 4 halaman

Sempat Jadi Bercandaan

Catatan 'mirisnya' itu diakuinya sempat jadi bahan bercandaan rekan-rekannya yang lain. Sebab, Garcia sulit sekali mencetak gol.

Padahal, kesempatan bermainnya di Barcelona sudah mulai sering. Garcia bahkan diturunkan sebagai starter dalam empat laga beruntun oleh Xavi Hernandez.

"Di ruang ganti, pemain lain dulu suka bercandain saya bahwa saya gak akan pernah mencetak gol. Tapi saya sekarang mencetak gol," katanya seusai pertandingan.

Mascherano vibes

— Elden Lord Ocelote (@GTsvetkovski) September 3, 2022

3 dari 4 halaman

Persaingan Selanjutnya

Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen dan bek Barcelona, Eric Garcia. (c) AP Photo

Kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen dan bek Barcelona, Eric Garcia. (c) AP Photo

Garcia pada akhirnya ditarik keluar lima menit setelah gol perdananya. Sergi Roberto yang masuk menggantikannya.

Meski sudah mendapatkan tim utama sejak awal musim, Garcia harus menghadapi persaingan selanjutnya. Garcia harus bersaing dengan Ronald Araujo dan Jules Kounde yang diyakini jadi kandidat terkuat di jantung pertahanan.

Pasalnya, kedatangan Hector Bellerin akan membuatnya semakin mungkin terjadi. Sebelum kedatangan Bellerin, Araujo dan Kounde yang diplot di bek kanan. Dengan adanya Bellerin, maka Garcia harus kerja ekstra untuk mengamankan satu posisi di bek tengah.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR