BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Statistik Xavi Sebagai Pelatih: 89 Laga, 16 Kekalahan, dan 7 Gelar Juara

28-10-2021 08:39 | Asad Arifin

Xavi ketika memimpin pertandingan Al Sadd (c) Al Sadd Official Twitter
Xavi ketika memimpin pertandingan Al Sadd (c) Al Sadd Official Twitter

Bola.net - Nama Xavi Hernandez disebut sebagai kandidat favorit pelatih Barcelona, menggantikan Ronald Koeman. Saat ini, proses negosiasi antara Barcelona, Xavi, dan Al Sadd sedang berjalan. Belum ada kesepakatan.

Koeman harus angkat kaki dari Camp Nou usai Barcelona kalah dari Rayo Vallecano pada pekan ke-11 La Liga, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. Barcelona kalah dengan skor 1-0 dari gol tunggal Radamel Falcao.

Tak lama setelah kekalahan itu, Koeman segera dipecat dari posisi pelatih. "FC Barcelona telah membebaskan Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim utama," tulis situs resmi klub asal Catalan itu.

"FC Barcelona ingin mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya kepada Klub dan mendoakan yang terbaik untuknya dalam karir profesionalnya," imbuh Barcelona.

1 dari 5 halaman

Xavi Sebagai Pengganti Koeman

Ronald Koeman berjalan menuju ruang ganti usai laga Rayo Vallecano vs Barcelona di pekan ke-11 La Liga 2021-22 di Campo de Futbol de Vallecas, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo
Ronald Koeman berjalan menuju ruang ganti usai laga Rayo Vallecano vs Barcelona di pekan ke-11 La Liga 2021-22 di Campo de Futbol de Vallecas, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Jurnalis Fabrizio Romano menyebut ada dua nama yang menjadi kandidat pelatih anyar Barcelona. Pertama, sekaligus favorit, adalah sang legenda Xavi. Nama kedua adalah pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez.

"Belum ada pengumuman untuk pengganti Koeman di Barcelona. Ini akan memakan waktu beberapa jam. Sementara negosiasi sedang berlangsung untuk Xavi meninggalkan Al Sadd dan menjadi manajer baru," kata Fabrizio Romano.

"Kandidat lain untuk pekerjaan Barca juga tahu Xavi adalah favorit, seperti yang terjadi," katanya.

2 dari 5 halaman

Statistik Xavi

Gelandang Barcelona Xavi Hernandez mengangkat trofi La Liga di Camp Nou setelah Barcelona menjadi juara, 23 Mei 2015. (c) AP Photo
Gelandang Barcelona Xavi Hernandez mengangkat trofi La Liga di Camp Nou setelah Barcelona menjadi juara, 23 Mei 2015. (c) AP Photo

Bagi Barcelona, Xavi adalah legenda yang sejati. Dia memulai karier di La Masia dan mendapat banyak sukses pada level senior. Xavi telah menjadi salah satu ikon sukses Barcelona dan rujukan bagi para gelandang Barcelona.

Xavi punya karier gemilang sebagai pemain. Lantas, bagaimana dengan karier Xavi sebagai pelatih?

Xavi mulai menjadi pelatih pada Juli 2019. Dia ditunjuk sebagai pelatih Al Sadd, klub terakhir yang dibelanya sebagai pemain. Sampai saat ini, Xavi masih menjadi pelatih Al Sadd.

Xavi telah bekerja sebagai pelatih di Al Sadd selama 850 hari. Selama periode itu, dia memainkan 89 laga dengan 61 kemenangan, 12 imbang, dan 16 kekalahan. Rataan poin yang didapat Xavi sangat bagus, 2,19 poin per laga.

3 dari 5 halaman

7 Gelar Juara

Sejak menjadi pelatih Al Sadd pada 2019, Xavi telah memberikan tujuh gelar juara. Paling baru, Xavi membawa Al Sadd meraih gelar Emir Cup 2021 usai mengalahkan Al Rayyan lewat babak adu penalti. Momen ini terjadi pada 22 Oktober lalu.

Berikut adalah daftar gelar juara yang didapat Xavi bersama Al Sadd:

Qatar Stars League: 2020–21
Qatar Cup: 2020, 2021
Qatari Super Cup: 2019
Emir of Qatar Cup: 2020, 2021
Qatari Stars Cup: 2019–20

4 dari 5 halaman

Tiki Taka Ala Xavi

Xavi meraih banyak sukses bersama Al Sadd. Tapi, semuanya pada pentas domestik. Xavi belum mampu memberikan gelar juara pada level kontinental, misalnya juara Liga Champions Asia atau yang lainnya.

Tapi, Xavi juga punya potensi besar untuk mengembalikan kejayaan Barcelona. Di Al Sadd, Xavi membuat timnya tampil layaknya Barcelona ketika dia masih bermain. Al Sadd memainkan tiki taka dengan fasih dan memukau.

Tak percaya? Coba tengok salah satu cuplikan permainan Al Sadd di bawah ini ya Bolaneters:

Bagaimana fans Barcelona, sudah siap memberi dukungan kembalinya Xavi ke Camp Nou?

5 dari 5 halaman

Klasemen Liga Spanyol

Sumber: Data diolah dari Transfermarkt dan ESPN

KOMENTAR