BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sevilla Bakal Beri 'Guard of Honour' ke Real Madrid, Apa Maksudnya?

16-01-2020 09:34 | Asad Arifin

Selebrasi Real Madrid usai menjuarai Supercopa de Espana 2020 di Arab SAudi.  (c) AP Photo Selebrasi Real Madrid usai menjuarai Supercopa de Espana 2020 di Arab SAudi. (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid akan mendapat sambutan istimewa dari Sevilla pada laga pekan ke-20 La Liga. Sebab, pihak Sevilla akan memberikan guard of honour untuk Real Madrid sebagai juara Supercopa de Espana.

Real Madrid baru saja menjadi juara Supercopa Espana 2019/2020. Los Blancos meraih gelar juara usai mengalahkan Atletico Madrid pada laga final yang digelar di Jeddah, Arab Saudi.

Duel final berjalan seru. Real Madrid menang lewat drama adu penalti, setelah bermain imbang 0-0 hingga babak tambahan waktu. Laga diwarnai dengan kartu merah Fede Valverde yang krusial.

Fede Valverde melakukan tekel krusial kepada Alvaro Morata. Fede Valverde seolah 'mengorbankan diri' demi menggagalkan peluang Morata yang sudah dalam posisi satu lawan satu dengan kiper.

1 dari 2 halaman

Apa Itu Guard of Honour?

Sudah menjadi tradisi bagi kompetisi besar Eropa, juga benua lainnya untuk memberikan guard of honour kepada klub juara. Guard of honour merupakan penghormatan kepada klub yang baru saja meraih gelar juara.

Bisanya, guard of honour diberikan oleh klub pertama yang menjadi lawan tim yang baru saja menjadi juara. Dalam bahasa Spanyol, guard of honour biasa disebut passilo. Prosesi guard of honour, dalam beberapa sumber, dimulai pada 1970-an.

Cara pemberian guard of honour yang paling umum yakni tim lawan akan berjajar di lapangan dan menyambut tim juara masuk lapangan. Tim lawan lantas akan memberikan tepuk tangan kepada pemain juara yang masuk ke lapangan.

Pada 2017 lalu, sebuah kontroversi terjadi. Barcelona menolak memberi guard of honour kepada Real Madrid. Saat itu, Barcelona adalah lawan pertama Real Madrid yang baru saja meraih juara Piala Dunia Antarklub 2017.

2 dari 2 halaman

Guard of Honour untuk Real Madrid

Barcelona memberikan guard of honour kepada Real Madrid (c) AFP Barcelona memberikan guard of honour kepada Real Madrid (c) AFP

Real Madrid akan menjamu Sevilla pada duel pekan ke-20 La Liga, Sabtu (18/1/2020) malam WIB di Bernabeu. Laga ini merupakan laga pertama Real Madrid usai menjadi juara Supercopa de Espana.

Dikutip dari Marca, pihak Sevilla siap memberikan guard of honour untuk Real Madrid. "Sevilla akan memberi para pemain Real Madrid guard of honour saat mereka keluar ke lapangan," tulis Marca.

Keputusan Sevilla memberikan guard of honour untuk Real Madrid tidak lepas dari catatan masa lalu kedua klub. Pada musim 2005/2006 silam, Real Madrid pernah memberikan guard of honour untuk Sevilla yang menjadi juara Liga Europa.

Sumber: Marca

KOMENTAR