BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Setien dan Rencananya Menjadikan Coutinho 'Nomor 8' Barcelona

25-04-2020 13:38 | Gia Yuda Pradana

Philippe Coutinho (c) AFP Philippe Coutinho (c) AFP

Bola.net - Masa depan Philippe Coutinho masih menjadi pertanyaan. Ada beragam spekulasi terkait nasib pemain Barcelona yang dipinjamkan ke Bayern Munchen tersebut.

Satu yang belakangan ini paling gencar diberitakan adalah tentang ketertarikan Chelsea terhadap mantan pemain Liverpool itu.

Namun, kemungkinan Barcelona mempertahankan Coutinho juga cukup terbuka. Pasalnya, sang pelatih Quique Setien sudah mengatakan bahwa dia menyukainya. Dia juga punya sebuah rencana untuknya.

1 dari 3 halaman

Bukan Setien yang Meminjamkannya

Ernesto Valverde saat resmi dipecat Barcelona. (c) FC Barcelona Ernesto Valverde saat resmi dipecat Barcelona. (c) FC Barcelona

Coutinho dipinjamkan ke Bayern pada Agustus 2019. Waktu itu, pelatih Barcelona masih Ernesto Valverde.

Setien baru melatih Barcelona mulai Januari 2020, setelah pihak klub memecat Valverde menyusul sederet hasil yang mengecewakan.

Coutinho saat ini masih dipinjam Bayern. Bayern punya opsi untuk mempermanenkan kontraknya dengan biaya transfer €120 juta, tapi Bayern diyakini takkan melakukannya.

2 dari 3 halaman

Nomor 8

Philippe Coutinho saat menjalani debutnya bersama Bayern (c) AP Photo Philippe Coutinho saat menjalani debutnya bersama Bayern (c) AP Photo

Oleh Valverde, Coutinho selalu dipasang sebagai false winger di kiri. Coutinho tak sepenuhnya cocok di posisi tersebut.

Coutinho memang kadang diselamatkan oleh gol-golnya. Namun, harus diakui kalau performanya tak benar-benar memuaskan.

Coutinho dinilai bakal tidak mendapatkan tempat setelah kembali ke Barcelona nanti. Oleh karena itu, dia pun dikaitkan dengan beberapa klub, termasuk Chelsea.

Namun, ada kemungkinan Coutinho dipertahankan. Pasalnya, Setien diyakini punya sebuah rencana untuknya.

Menurut laporan Marca, Setien berencana memainkan Coutinho sebagai 'nomor 8' di lini tengah. Itu karena Coutinho memiliki talenta dan skill untuk menyerang, juga punya tembakan yang akurat.

Dalam skema ini, Arthur Melo dan Frenkie de Jong atau Sergio Busquets bakal dipasang di belakang Coutinho. Tujuannya adalah untuk menciptakan keseimbangan bagi tim, terutama saat bertahan.

3 dari 3 halaman

Setien Menyukainya

Pelatih Barcelona, Quique Setien. (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Quique Setien. (c) AP Photo

Valverde dahulu tak menemukan tempat untuk Coutinho di Barcelona. Namun, Setien berbeda.

"Dia pemain hebat dan saya sangat menyukainya," kata Setien baru-baru ini kepada RAC1.

Jika Setien memang memutuskan untuk memakai tenaga Coutinho musim depan, ada satu hal yang harus diingat Barcelona. Itu adalah kesepakatan mereka dengan Liverpool ketika membelinya dari The Reds pada 2018.

Barcelona harus membayar tambahan €20 juta pada Liverpool jika Coutinho sudah memainkan 100 pertandingan bersama mereka. Saat ini, jumlah penampilan Coutinho di Barcelona masih tertahan di angka 74.

Jika dipertahankan, besar kemungkinan Coutinho akan mencapai jumlah penampilan tersebut. Namun, andai Coutinho ternyata mampu menjadi pemain bintang yang benar-benar bisa diandalkan, maka Barcelona sepertinya tidak akan menyesal.

Sumber: Marca

KOMENTAR