BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Sesama Klub Besar, Real Madrid Ternyata Sangat Mirip dengan Liverpool

29-03-2020 12:00 | Richard Andreas

Skuad Real Madrid merayakan gol kemenangan atas Barcelona di Santiago Bernabeu. (c) AP Photo Skuad Real Madrid merayakan gol kemenangan atas Barcelona di Santiago Bernabeu. (c) AP Photo

Bola.net - Tidak banyak pemain yang punya pengalaman membela dua tim besar seperti Liverpool dan Real Madrid, Steve McManaman merupakan salah satu yang beruntung. Baginya, dua raksasa sepak bola itu sangat mirip.

McManaman membela Liverpool pada tahun 1990-1999, lalu hengkang ke Madrid pada tahun 1999-2003. Pengalaman ini adalah pengalaman berharga, dia pernah jadi bagian dua tim tersukses di eranya masing-masing.

Kini, mengingat kembali momen tersebut, McManaman mengaku hampir tidak merasakan perbedaan saat meninggalkan Liverpool untuk Madrid. Dia menjumpai bahwa dua klub sukses itu menghadapi tekanan besar untuk selalu jadi juara.

Apa maksud Mcmanaman? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Sangat Mirip

Meninggalkan Liverpool untuk Madrid merupakan keputusan besar, McManaman tidak menyesal. Kondisi kedua klub ternyata sangat mirip, dengan sejarah kesuksesan yang begitu besar dan tuntutan untuk terus sukses.

"Real Madrid sangat mirip dengan Liverpool, dua klub besar di negara mereka masing-masing. Anda mendapati banyak foto bersejarah yang dipamerkan di Liverpool, ada Emlyn Hughes, Graeme Souness, Phil Thompson, yang mengangkat trofi Eropa," buka McManaman kepada BBC.

"Di Madrid situasinya sama, ada [Alfredo] Di Stefano, [Francisco] Gento, [Ferenc] Puskas. Ada foto di mana-mana dan tekanan besar untuk meraih trofi setiap musim."

2 dari 2 halaman

Tekanan Besar

Satu hal yang sanga mirip dari dua klub besar itu adalah tekanan untuk meraih trofi. McManaman tahu Liverpool dan Madrid tidak akan pernah puas dengan peringkat kedua atau trofi minor, hanya liga dan Liga Champions yang dipertimbangkan.

"Jika tidak juara liga, Anda harus juara Liga Champions. Anda harus mempersembahkan trofi, itu sama seperti situasi di Liverpool. Jadi ketika saya pergi ke Madrid, bahasanya mungkin berbeda, tapi tekanan untuk meraih trofi yang paling penting," sambung McManaman.

"Jika Anda melewati tahun yang gersang, tekanan itu akan semakin besar di Real Madrid. Anda harus meraih sesuatu," tandasnya.

Kini, dua tim itu kembali berjaya di Eropa. Real Madrid sempat bertakhta, yang kini diduduki Liverpool.

Sumber: BBC

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Christopher Nkunku