Seruan Pede Joan Laporta: Bersiaplah Dunia, Barcelona Is Back!

Yaumil Azis | 4 Januari 2022, 15:18
Skuat Barcelona merayakan gol Pablo Gavi ke gawang Elche, Minggu (19/12/2021) (c) AP Photo
Skuat Barcelona merayakan gol Pablo Gavi ke gawang Elche, Minggu (19/12/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona perlahan keluar dari krisis ekonominya. Mungkin, itulah yang membuat Joan Laporta selaku presiden klub bisa berkata dengan percaya diri bahwa Barcelona telah kembali.

Pandemi Covid-19 yang sempat meluluhlantakkan dunia sepak bola pada tahun 2020 lalu jadi hantaman keras buat Barcelona. Mereka sampai mencatatkan kerugian yang tidak main-main dalam laporan keuangannya di akhir tahun.

Karena itu, mereka harus berhemat sekuat tenaga dalam beberapa bursa transfer terakhir. Klub berjuluk Blaugrana itu mencoba mengantongi profit dari hasil penjualan pemainnya pada tahun 2020 lalu.

Di musim panas 2021, Barcelona mendatangkan tiga pemain yang semuanya direkrut secara gratis seperti Memphis Depay dan Eric Garcia. Sementara Emerson Royal, yang dibeli seharga 14 juta euro, dijual lagi ke Tottenham dengan nilai 25 juta euro.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Barcelona Telah Kembali

Barcelona diprediksi akan kembali diam dalam bursa transfer musim dingin. Namun di luar dugaan, mereka merampungkan kepindahan Ferran Torres dari raksasa Inggris, Manchester City, seharga 55 juta euro.

Ini seperti pernyataan tegas bahwa Barcelona sudah punya kekuatan untuk berbicara banyak di bursa transfer. Laporta mempertegas kembali tanda-tanda itu dengan menyatakan bahwa klubnya telah kembali.

"Semua orang di dunia harus bersiap karena kami kembali sebagai pemain besar di bursa transfer. Barcelona sudah kembali," ujar Laporta seperti yang dikutip dari Marca.

"Kami akan terus menjadi referensi di pasar sepak bola. Semua harus mempersiapkan diri karena kami kembali. Kami adalah titik referensi, itulah mengapa Ferran ada di sini. Kami telah muncul kembali," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Torres Belum Bisa Didaftarkan

Sayangnya, Barcelona belum bisa memainkan Ferran Torres dalam waktu dekat ini. Salary cap masih menjadi masalah, sehingga pemain berumur 21 tahun tersebut belum bisa didaftarkan ke dalam skuat.

Salary cap berhubungan dengan pemasukan klub. Itu artinya, Barcelona harus mencari uang tambahan yang bisa didapatkan dari investor atau pinjaman agar slot gaji bisa bertambah. Tapi Laporta yakin Barcelona tidak membutuhkan itu.

"Bursa transfer musim dingin itu berat. Kami tidak perlu meminjam [uang] lagi, kami sudah punya cukup banyak," kata Laporta.

"Hari ini atau besok, kami akan mendaftarkan Alves. Kami harap bisa mendaftarkan Ferran Torres sesegera mungkin. Kami tidak punya CVC [kesepakatan uang La Liga] yang tersedia di bursa transfer musim dingin," pungkasnya.

(Marca)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR