BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Seperti Luis Suarez, Pemain Ini Pernah Membela Atletico Madrid dan Barcelona

24-09-2020 18:07 | Serafin Unus Pasi

Striker Barcelona, Luis Suarez (c) AP Photo Striker Barcelona, Luis Suarez (c) AP Photo

Bola.net - Luis Suarez menyajikan kejutan di musim ini dengan membelot dari Barcelona ke tim rival Atletico Madrid. Sempat dikabarkan akan berlabuh di Juventus, Luis Suarez kini malah menetap di La Liga dengan kostum lain.

Setelah melalui saga yang panjang terkait masa depannya, Luis Suarez kini siap untuk melukai mantan klub yang membuangnya tersebut. Pemain berjuluk El Pistolero, tersebut sebenarnya masih berada dalam performa yang baik.

Musim lalu saja di tengah bobroknya performa Barcelona, Suarez masih mampu mencetak 21 gol dan 12 assists dari 36 kali penampilannya di seluruh kompetisi. Namun revolusi besar-besaran Barcelona, memaksanya untuk pindah ke tim lain.

Atletico Madrid dan Barcelona sebenarnya bukan kali ini saja menyajikan transfer yang fenomenal. Sudah banyak pemain-pemain yang membelot dari Barcelona menuju Atletico dan sebaliknya.

Beberapa mengecap sukses dan beberapa lainnya merasakan penurunan performa ketika memutuskan pindah ke pihak sebelah. Siapa saja pemain yang pernah membela Barcelona dan Atletico? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Luis Garcia

Luis Garcia saat masih di Barcelona. (c) AFP Luis Garcia saat masih di Barcelona. (c) AFP

Mengawali karirnya bersama Barcelona di musim 1998/99, Luis Garcia kurang mendapatkan kesempatan dan lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Tercatat dirinya pernah dipinjamkan ke Real Valladolid, Toledo, Tenerife dan juga Atletico Madrid.

Tak juga kunjung menemukan klub yang tepat, Luis Garcia akhirnya berlabuh di Inggris bersama Liverpool di musim 2004/05. Di klub tersebut Luis Garcia mulai menampilkan performa terbaiknya dan meraih gelar Liga Champions.

Sempat mengalami cedera, Luis Garcia pun kemudian sulit mendapatkan jam terbang hingga akhirnya dia kembali ke Atletico Madrid. Di Atletico, Luis Garcia tampil sebanyak 104 kali dengan raihan 16 gol serta tujuh assists.

2 dari 5 halaman

2. Simao Sabrosa

Simao Sabrosa (c) PA Simao Sabrosa (c) PA

Simao pada tahun 1999 diangkut Barcelona dari Sporting Lisbon dengan harga tiga juta euro. Di Blaugrana, Simao tidak banyak berkembang dan hanya mencetak empat gol dan delapan assists dari 70 kali pertandingannya bersama Barcelona.

Dengan kontribusi yang minim Simao hanya bertahan dua musim dan kemudian dilego ke Benfica. Di klub tersebut Simao menemukan penampilan terbaiknya dan akhirnya memikat Atletico Madrid. Di tahun 2007 akhirnya Simao pun kembali ke La Liga dengan kostum Atletico.

Bersama Los Rojiblancos, Simao pun mampu tampil baik dengan catatan 31 gol dan 31 assists dari 168 kali penampilannya.

3 dari 5 halaman

3. David Villa

David Villa (c) AFP David Villa (c) AFP

David Villa sempat menjadi andalan di Barcelona sebelum cedera panjang membuat performanya menurun. Di Barcelona, David Villa juga berhasil meraih banyak trofi, termasuk dua kali juara La Liga dan satu Liga Champions.

David Villa juga berhasil menjadi tandem yang bagus untuk Lionel Messi. Selama tiga musim Villa tampil 119 kali dan mencetak 48 gol dan 24 assists. Di musim 2013/14, David Villa tidak lagi dibutuhkan dan akhirnya dilego ke Atletico dengan harga murah 2,1 juta euro.

Bersama Atletico Madrid, pemain berjuluk El Guaje ini berhasil menyakiti Barcelona dengan membawa Atletico menjuarai La Liga dan mencapai final Liga Champions 2013/14.

4 dari 5 halaman

4. Arda Turan

Arda Turan (c) AFP Arda Turan (c) AFP

Pemain asal Turki ini merasakan puncak karirnya ketika berada di Atletico Madrid. Selama empat musim membela Los Rojiblancos, Arda Turan menjadi pujaan fans Atletico kala itu karena berhasil memutus dominasi Barcelona dan Real Madrid di La Liga.

Ketika fans sedang mengelu-elukan namanya, Arda Turan malah memilih gabung ke klub rival Barcelona di musim 2015/16. Namun sayang, karir Arda Turan di Barca tidak semulus karirnya di Atletico.

Sempat tampil cukup bagus ketika dilatih Luis Enrique, Arda kemudian meredup setelah pergantian pelatih dan akhirnya dipinjamkan Basaksehir. Semasa peminjaman Arda pun kerap berbuat ulah, dan akhirnya ditampung Galatasaray secara permanen.

5 dari 5 halaman

5. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann (c) AFP Antoine Griezmann (c) AFP

Bukan hanya Arda Turan yang mengecewakan publik Atletico Madrid. Setelahnya ada Antoine Griezmann yang begitu dicintai fans Atletico. Dengan kemampuannya Griezmann membantu Atletico meraih Piala Super Spanyol, trofi Liga Europa, dan trofi UEFA Supercup.

Selama lima musim di Atletico Griezmann mencetak 133 gol dan 50 assists dari 257 pertandingannya. Performanya tersebut yang membuat Barcelona rela membayar 120 juta euro untuk jasanya. Kepindahannya tersebut membuat fans marah dan merusak plakat namanya di stadion Vicente Calderon.

Kini, Griezmann tengah memasuki musim keduanya di Barcelona. Setelah musim lalu dianggap kurang cemerlang, nampaknya Griezmann berambisi untuk meraih performa terbaiknya lagi.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR