BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Selamat Ulang Tahun ke-33, Lionel Messi!

24-06-2020 14:11 | Asad Arifin

Lionel Messi (c) Bola.net Lionel Messi (c) Bola.net

Bola.net - Lionel Andres Messi Cuccittini atau yang lebih dikenal Lionel Messi lahir pada 24 Juni 1987, tepat 33 tahun yang lalu di Rosario, Argentina. Pada usianya saat ini, Lionel Messi telah meraih berbagai gelar.

Pada Rabu (24/6/2020) dini hari WIB, Barcelona menang dengan skor 1-0 atas Athletic Bilbao di Camp Nou. Hasil ini menjadi kado ulang tahun bagi sang kapten tim yang ke-33 dari klub dan rekan satu timnya.

Lionel Messi tidak mencetak gol di laga tersebut, tetapi tampil sangat bagus. Dia menjadi penggerak setiap alur serangan Barcelona. Perannya tidak bisa dipungkiri menjadi yang paling menonjol.

Barcelona mencetak gol dari sepakan Ivan Rakitic pada menit ke-71. Gol ini tidak lepas dari kegigihan Lionel Messi menembus pertahanan rapat Yeray dan kawan-kawan. Lionel Messi tercatat sebagai pemberi assist untuk Rakitic.

1 dari 2 halaman

Lionel Messi, Pemain Terbaik Dunia?

Bintang Barcelona, Lionel Messi (c) AP Photo Bintang Barcelona, Lionel Messi (c) AP Photo

Sudah banyak rekor yang dicatatkan Lionel Messi. Dia menjadi top skor sepanjang masa Barcelona. La Pulga juga menjadi top skor sepanjang masa di Liga Champions. Messi juga menjadi top skor sepanjang masa timnas Argentina.

Total gol yang dicetak pemain asal Argentina itu mencapai 699 gol. Gol ke-699 dicetak saat Barcelona menang atas Leganes, 17 Juni yang lalu.

Pada level kolektif, Lionel Messi juga punya banyak gelar juara bersama Barcelona. Dia pernah merasakan juara di level La Liga, Copa del Rey, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Di La Liga, Lionel Messi sudah 10 kali menjadi juara bersama Barcelona. Dia juga meraih enam gelar Copa del Rey. Di pentas Liga Champions, kompetisi paling bergengsi di Eropa, Lionel Messi punya empat gelar juara.

Lionel Messi juga menjadi pemegang rekor gelar Ballon d'Or. Jebolan La Masia sudah mendapat enam gelar Ballon d'Or, paling banyak dalam sejarah.

2 dari 2 halaman

Kering Gelar di Timnas

Lionel Messi muda di Timnas Argentina (c) Bola.net Lionel Messi muda di Timnas Argentina (c) Bola.net

Jika ada yang kurang dari Lionel Messi, maka itu adalah gelar juara di timnas. La Pulga belum mampu memberikan juara di turnamen bergengsi -Piala Dunia dan Copa America, untuk timnas Argentina dalam karirnya.

Catatan inilah yang membuat karir sempurna Lionel Messi di level klub acap kali dicibir warga Argentina. Dia belum memberikan gelar juara, seperti Diego Maradona, walaupun beberapa kali membawa Argentina ke laga final.

Terlepas dari itu, nama Lionel Messi tetap dicatat dengan tinta emas dalam sejarah sepak bola Argentina. Sebab, kini dia tercatat sebagai top skor sepanjang masa dengan 70 gol. Messi juga menjadi pencetak gol termuda Argentina di Piala Dunia, 18 tahun 357 hari.

Selamat ulang tahun, La Pulga!

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR