Selain Sergio Aguero, Ini 10 Pemain Top yang Sempat Diboyong dengan Status Free Transfer

Gia Yuda Pradana | 2 Juni 2021, 11:47
Selain Sergio Aguero, Ini 10 Pemain Top yang Sempat Diboyong dengan Status Free Transfer
Edinson Cavani, Sergio Aguero, James Rodriguez (c) AP Photo

Bola.net - Sergio Aguero akhirnya dipastikan resmi berstatus sebagai penggawa Barcelona. Akhir pekan lalu, pesepak bola asal Argentina tersebut secara resmi diperkenalkan sebagai bagian dari Los Blaugrana.

Terlepas dari penampilan Aguero nantinya, proses transfer pemain berusia 32 tahun tersebut merupakan hal yang sangat bagus bagi Barcelona. Pasalnya, Barcelona tak perlu mengeluarkan sepeser pun uang untuk membayar transfer Aguero ke klub lamanya, Manchester City. Padahal, sejatinya, Aguero ditaksir masih memiliki banderol sebesar 25 juta Euro.

Aguero termasuk salah seorang pemain dengan banderol tertinggi yang dipinang secara free transfer.

Selain Aguero ada lagi sejumlah pemain yang diboyong secara gratisan ketika banderol mereka masih tinggi. Siapa saja para pemain tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 10 halaman

Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy (c) AFP

Ruud van Nistelrooy (c) AFP

Van Nistelrooy merupakan salah satu penyerang terbaik di kancah sepak bola Eropa. Mentas bersama PSV, pemain asal Belanda ini kian menunjukkan ketajamannya kala dipinang Manchester United. Ketajaman ini pula yang membuatnya dilirik masuk skuad gugusan bintang, Real Madrid.

Empat musim bersama Madrid, Van Nistelrooy dilepas ke Hamburger SV pada awal musim 2010/2011. Waktu itu, ia dilepas dengan bebas transfer. Padahal, menurut laman transfermarkt, waktu itu banderol Van Nistelrooy masih berada di angka 16 juta Euro.

2 dari 10 halaman

David Beckham

David Beckham (c) Bola.net

David Beckham (c) Bola.net

Beckham merupakan pemain didikan akademi Manchester United. Pria yang kini berusia 46 tahun tersebut menjadi andalan di sektor sayap kanan Setan Merah. Kemampuan ciamik dan pesonanya sebagai salah satu pesepak bola paling top di muka bumi mengundang ketertarikan Real Madrid. Walhasil, pada bursa transfer musim panas 2003, Beckham bergabung dengan Los Blancos.

Musim 2007, Beckham meninggalkan Real Madrid untuk bergabung dengan LA Galaxy. Waktu itu, ia hijrah ke Amerika dengan status bebas transfer. Padahal, menurut laman transfermarkt, banderol suami Victoria Adams ini masih berada di angka 19,8 juta Euro.

3 dari 10 halaman

Edinson Cavani

Edinson Cavani (c) AP Photo

Edinson Cavani (c) AP Photo

Cavani didatangkan United pada 5 Oktober 2020. Ia bergabung dengan United dengan status bebas transfer usai kontraknya di PSG usai.

Kedatangan Cavani sangat menguntungkan bagi United. Pasalnya, pemain asal Uruguay ini bisa didapatkan secara gratis kendati nilainya masih berada di angka 20 juta Euro.

Secara kemampuan pun, Cavani belum habis. Ia mencetak 17 gol selama 39 kali membela United pada musim ini. Raihan ini membuat pemain berusia 34 tahun tersebut mendapat perpanjangan kontrak selama semusim di United.

4 dari 10 halaman

Sami Khedira

Sami Khedira (c) JFC

Sami Khedira (c) JFC

Sami Khedira bergabung dengan Real Madrid pada musim 2010. Sebelumnya, pemain asal Jerman ini memperkuat klub asal kampung halamannya VfB Stuttgart.

Lima musim memperkuat Los Blancos, Khedira pindah ke Juventus dengan cuma-cuma. Padahal, waktu itu, Khedira ditaksir masih bernilai sebesar 20 juta Euro.

Transfer Khedira ini sangat menguntungkan Juventus. Selain gratisan, Khedira sukses menjadi salah satu pilar lini tengah Bianconeri.

5 dari 10 halaman

Luis Figo

Luis Figo (c) Real Madrid

Luis Figo (c) Real Madrid

Luis Figo adalah pemain lain yang meninggalkan Real Madrid dengan status free transfer. Bergabung dengan Los Blancos dari Barcelona pada 2000 dengan banderol yang menjadi rekor dunia, Figo hengkang lima tahun berselang dengan status gratisan.

Inter Milan bisa dibilang sangat beruntung mendapatkan Luis Figo secara gratisan. Pasalnya, waktu itu, pemain asal Portugal ini masih memiliki nilai pasar sebesar 20 juta Euro.

Tak hanya secara bisnis, secara teknis pun Inter diuntungkan dengan kedatangan Figo. Pemain yang kini berusia 48 tahun tersebut sukses menjadi salah satu andalan skuad Inter Milan.

6 dari 10 halaman

Ander Herrera

Ander Herrera (c) PSG

Ander Herrera (c) PSG

Satu lagi pemain yang ditransfer gratisan ketika nilai pasarnya masih tinggi adalah Ander Herrera. Pemain asal Spanyol ini meninggalkan Manchester United menuju ke PSG pada 4 Juli 2019 dengan status bebas transfer.

Waktu meninggalkan United, Herrera sendiri ditaksir masih berbanderol 25 juta Euro.

Berstatus gratisan, kemampuan Herrera tak murahan. Terbukti, ia menjadi salah satu bagian penting dari lini tengah Les Parisiens.

7 dari 10 halaman

James Rodriguez

James Rodriguez (c) AP Photo

James Rodriguez (c) AP Photo

Real Madrid memang layak disebut sebagai klub yang murah hati. Lagi-lagi, mereka melepas pemain bintang dengan status gratisan. Musim lalu, mereka melepas James Rodriguez ke Everton dengan status bebas transfer. Padahal, pemain asal Kolombia ini ditaksir masih memiliki nilai sebesar 32 juta Euro.

Bagi Everton, kedatangan Rodriguez bak durian runtuh. Gelandang yang kini berusia 29 tahun tersebut tampil 26 kali, mencetak enam gol dan sembilan assist bagi skuad The Toffees.

8 dari 10 halaman

Adrien Rabiot

Adrien Rabiot (c) JFC

Adrien Rabiot (c) JFC

Pemain top lain yang sempat berganti dengan status bebas transfer adalah Adrien Rabiot. Pemain asal Prancis ini meninggalkan PSG untuk bergabung dengan Juventus pada 1 Juli 2019 dengan status cuma-cuma.

Waktu itu, transfermarket menaksir banderol Rabiot sebesar 35 juta Euro.

Bersama Juventus, Rabiot menjadi salah satu andalan di lini tengah. Sejauh ini, ia bermain 84 kali, mencetak enam gol dan empat assist bagi Bianconeri.

9 dari 10 halaman

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski (c) AP Photo

Robert Lewandowski (c) AP Photo

Lewandowski bisa disebut sebagai monumen sukses Bayern Muenchen dalam mempecundangi rival mereka, Borussia Dortmund. Die Roten sukses mendatangkan pemain asal Polandia tersebut dengan status cuma-cuma pada 1 Juli 2014 silam. Padahal, waktu itu, Lewandowski ditaksir masih memiliki banderol sebesar 50 juta Euro.

Selama memperkuat Bayern, Lewandowski kian memastikan citranya sebagai salah seorang pemain terbaik di dunia. Ia mencetak 294 gol dan 65 assist dari 329 penampilannya bersama Bayern.

10 dari 10 halaman

David Alaba

David Alaba (c) AP Photo

David Alaba (c) AP Photo

Tak hanya sering kehilangan pemain secara cuma-cuma, Madrid juga sempat mendapat pemain secara gratisan pula. Los Blancos dipastikan mendapat eks pemain Bayern Muenchen, David Alaba.

Alaba sendiri saat ini ditaksir memiliki nilai sebesar 55 juta Euro.

Saat ini, publik harus menunggu apakah keuntungan Madrid lebih dari sekadar mendapat pemain mahal gratisan. Pasalnya, transfer Alaba baru akan berlangsung pada 1 Juli 2021 mendatang dan pemain asal Austria ini masih harus membuktikan kemampuannya di lapangan hijau.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR