BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Selain Liverpool, Barcelona Juga Berutang Rp154 Milyar ke Juventus

26-01-2021 09:20 | Yaumil Azis

Skuad Barcelona merayakan gol Frenkie de Jong ke gawang Elche. (c) AP Photo Skuad Barcelona merayakan gol Frenkie de Jong ke gawang Elche. (c) AP Photo

Bola.net - Pandemi Covid-19 sangat memukul Barcelona, terutama dari segi ekonomi. Baru-baru ini, mereka mengumumkan bahwa klub sedang terlilit hutang dengan nilai yang sangat fantastis sebesar 1,1 milyar euro.

730 juta euro diantaranya harus dibayar Barcelona dalam waktu dekat ini. Lalu pada tanggal 30 Juni mendatang, klub asuhan Ronald Koeman tersebut harus melunasi utang pada bank setempat dengan nilai 266 juta euro.

Ngerinya, Barcelona belum bisa memastikan kapan utang-utang tersebut bisa dibayarkan. Pandemi Covid-19 yang sempat membuat kompetisi tertunda menjadi salah satu biang keladinya.

Klub raksasa Spanyol tersebut sudah melakukan segala cara agar bisa menyelesaikan permasalahan ekonomi tersebut. Salah satunya adalah dengan memangkas gaji para pemain serta staf klub untuk kedua kalinya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Utang Transfer Miralem Pjanic

Masalahnya kian pelik karena Barcelona juga berutang pada klub lain dalam hal transfer pemain. Salah satunya melibatkan transfer Miralem Pjanic dari Juventus yang dilakukan pada bursa transfer musim panas kemarin.

Dalam lingkup ekonomi, Barcelona sejatinya mendapatkan keuntungan yang lumayan dari kedatangan Pjanic. Mereka merelakan Arthur Melo pindah ke Juventus dan mendapatkan 12 juta euro sebagai selisih harga keduanya.

Namun pada hakikatnya, Barcelona sebenarnya membeli Pjanic dan menjual Arthur Melo ke Juventus. Sehingga ada biaya yang harus dikeluarkan senilai 60 juta euro. Barcelona sepakat untuk membayar dengan metode dicicil.

Sebelum tahun finansial berakhir, Barcelona harus membayar sebagian dari cicilan tersebut senilai 4,8 juta euro. Namun utang klub berjuluk Blaugrana itu kepada Bianconeri tidak sampai di situ saja.

2 dari 2 halaman

Utang Barcelona Lainnya

Selain Pjanic, Barcelona juga merekrut Matheus Pereira dari Juventus pada musim panas kemarin. Pemain kelahiran Sao Paulo, Brasil tersebut juga didatangkan dengan metode yang serupa, di mana Juventus bisa mendapatkan jasa Alejandro Marques.

Tidak diketahui berapa total nominal yang harus dibayarkan Barcelona kepada Bianconeri untuk Pereira. Namun menurut laporan, mereka harus merogoh kocek sebesar 4,7 juta euro sebelum tahun finansial berakhir.

Jika ditotal, maka Barcelona harus membayar utang kepada Juventus lebih dari sembilan juta euro (setara Rp154 milyar). Belum lagi utang mereka kepada Liverpool usai merekrut Philippe Coutinho yang belum selesai sampai saat ini.

(Football Italia)

KOMENTAR