Sebelum Jules Kounde, Ini 5 Bek Tengah dengan Market Value Tertinggi yang Pernah Direkrut Barcelona

Gia Yuda Pradana | 28 Juli 2022, 12:44
Pemain Sevilla, Jules Kounde (c) AP Photo
Pemain Sevilla, Jules Kounde (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona terus menunjukkan tajinya di bursa transfer musim panas 2022/2023. Los Blaugrana kini disebut bakal segera mendapatkan tanda tangan Jules Kounde setelah mengalahkan Chelsea dalam persaingan mendapatkan pemain belakang asal Prancis tersebut.

Sejauh ini, belum dipastikan berapa mahar yang harus dikeluarkan Barcelona untuk mendapatkan Kounde. Namun, kabarnya, mereka harus merogoh kocek lebih dari 65 juta euro untuk meminang Kounde dari Sevilla.

Kounde sendiri saat ini ditaksir memiliki market value/nilai pasar sebesar 60 juta euro. Dengan angka tersebut, Kounde berstatus sebagai bek tengah dengan nilai pasar tertinggi kelima di dunia saat ini.

Jika jadi bergabung, Kounde akan mencatatkan namanya dalam sejarah Barcelona. Pemain 23 tahun ini akan menjadi salah seorang rekrutan bek tengah dengan nilai pasar tertinggi di skuad Barcelona.

Selain Kounde, ada sejumlah pemain lain yang juga masuk dalam daftar tersebut.

Siapa sajakah bek tengah dengan nilai pasar tertinggi yang pernah direkrut Barcelona sejauh ini? Berikut lima orang di antara mereka.

1 dari 5 halaman

Samuel Umtiti - 15 juta euro

Bek Barcelona, Samuel Umtiti (c) FC Barcelona

Bek Barcelona, Samuel Umtiti (c) FC Barcelona

Posisi lima ditempati Samuel Umtiti. Saat dipinang Barcelona, bek tengah asal Prancis tersebut ditaksir memiliki nilai pasar 15 juta euro.

Umtiti sendiri diboyong Barcelona dari Olympique Lyon pada musim 2016/2017. Waktu itu, Barcelona harus mengeluarkan dana sebesar 25 juta euro untuk memboyongnya ke Camp Nou.

Sepanjang memperkuat Barcelona, Umtiti kerap diganggu cedera yang membuatnya tak banyak mendapat kesempatan bermain. Musim lalu, dia bahkan hanya bermain dalam satu laga.

Total, Umtiti hanya sempat bermain dalam 133 laga bersama Barca.

2 dari 5 halaman

Eric Garcia - 20 juta euro

Aksi Eric Garcia dalam laga Barcelona vs Cadiz, Selasa (19/4/2022) (c) AP Photo

Aksi Eric Garcia dalam laga Barcelona vs Cadiz, Selasa (19/4/2022) (c) AP Photo

Di urutan keempat, ada nama Eric Garcia. Pemain asal Spanyol tersebut ditaksir memiliki nilai paar sebesar 20 juta euro saat dipinang Barcelona.

Garcia direkrut Barcelona dari Manchester City pada bursa transfer musim panas 2021/2022 lalu. Waktu itu, ia dipulangkan dengan status bebas transfer.

Garcia sendiri langsung menjadi salah satu pilihan utama lini belakang Barcelona. Musim lalu, ia bermain dalam 36 laga bersama Barcelona di semua ajang.

Rata-rata, Garcia mencatatkan 1,28 tackle, 2,3 intersep, dan 2,03 intersep dalam tiap pertandingan bersama Barcelona.

3 dari 5 halaman

Gabriel Milito - 20 juta euro

Gabriel Milito mengisi peringkat ketiga. Pemain belakang asal Argentina tersebut ditaksir memiliki banderol 20 juta euro saat dipinang oleh Los Blaugrana.

Barcelona memboyong Milito pada musim 2007/2008. Mereka harus merogoh kocek sebesar 20 juta euro untuk meminangnya dari Real Zaragoza.

Milito sendiri bukan merupakan pilihan utama di lini belakang Barcelona. Dalam empat musim memperkuat klub tersebut, ia hanya sempat bermain dalam 76 pertandingan.

Kendati tak banyak mendapat kesempatan bermain, Milito membantu Barcelona meraih sejumlah trofi. Bersama tim asal Catalan tersebut, ia meraih dua gelar juara La Liga, satu gelar juara Piala Super Spanyol, dan satu gelar juara Liga Champions.

4 dari 5 halaman

Andreas Christensen - 35 juta euro

Andreas Christensen. (c) FC Barceona Twitter Official

Andreas Christensen. (c) FC Barceona Twitter Official

Peringkat kedua dalam daftar ini ditempati Andreas Christensen. Bek tengah asal Denmark tersebut ditaksir memiliki banderol 35 juta euro kala bergabung dengan Barcelona.

Barcelona memboyong Christensen dengan status bebas transfer pada bursa tranfer musim panas 2022/2023. Sebelumnya, ia berstatus sebagai penggawa Chelsea.

Barca sendiri layak ngebet memboyong Christensen. Pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut merupakan salah satu bek yang kokoh mengawal lini pertahanan.

Christensen rata-rata mencatatkan 1,20 tackle, 2,88 intersep, dan 4,46 sapuan dalam tiap laga. Selain itu, pemain bertinggi 1,88 meter tersebut juga andal dalam duel udara. Rata-rata, dalam tiap laga, ia memenangi 3,18 duel udara.

5 dari 5 halaman

Clement Lenglet - 36 juta euro

Pemain Barcelona, Clement Lenglet (kiri). (c) AP Photo

Pemain Barcelona, Clement Lenglet (kiri). (c) AP Photo

Clement Lenglet menempati posisi puncak. Bek tengah asal Prancis ini ditaksir memiliki nilai pasar sebesar 36 juta euro saat direkrut Barcelona.

Lenglet direkrut Barcelona dari Sevilla pada musim 2018/2019. Los Blaugrana harus mendebit rekening mereka sebesar 35,9 juta euro untuk mendatangkan Lenglet.

Lenglet sempat menjadi salah satu pilar lini belakang Barcelona. Namun, kedatangan sejumlah pemain baru di Camp Nou membuat Lenglet tak lagi menjadi pilihan bagi Xavi Hernandez. Oleh sebab itu, ia dipinjamkan ke Tottenham Hotspur selama semusim ke depan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR