Satu No.9 dan Krisis Bek Tengah, Mampukah Barcelona Menantang Real Madrid Musim ini?

Asad Arifin | 8 Oktober 2020, 15:18
Skuat Barcelona rayakan gol Ansu Fati ke gawang Villarreal, Senin (28/09/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo
Skuat Barcelona rayakan gol Ansu Fati ke gawang Villarreal, Senin (28/09/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Bursa transfer musim 2020/2021 telah ditutup. Barcelona gagal menambah pemain pada posisi yang sangat dibutuhkan: penyerang tengah atau No.9 dan bek tengah.

Barcelona sudah berupaya keras di bursa transfer. Memphis Depay telah didekati sejak awal dan mampu mencapai kesepakatan. Namun, hingga bursa transfer ditutup, Barcelona tak punya cukup dana untuk membelinya.

Kegagalan melepas Ousmane Dembele menjadi biang kegagalan Barcelona membeli Memphis Depay.

Situasi hampir sama terjadi untuk posisi bek tengah. Barcelona mendekati Eric Garcia dari Man City. Empat proposal diajukan ke pihak Man City, tetapi ditolak. Padahal, Eric Garcia sangat ingin pindah ke Barcelona.

1 dari 2 halaman

Krisis Bek Tengah

Clement Lenglet mendapat kartu kuning pada duel Barcelona vs Real Madrid, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB di Camp Nou. (c) AP Photo

Clement Lenglet mendapat kartu kuning pada duel Barcelona vs Real Madrid, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB di Camp Nou. (c) AP Photo

Bursa transfer sudah usai. Kini, Barcelona harus bersiap menatap musim 2020/2021 dengan yang ada. Barcelona punya 24 pemain di tim utama untuk merebut gelar juara La Liga dari Real Madrid.

Jurnalis Marca, C. Navarro, melihat ada dua masalah yang akan dihadapi Barcelona musim ini. Yang pertama adalah minimnya stok pemain di posisi bek tengah.

"Clement Lenglet dan Gerard Pique adalah starter di bek tengah tetapi, di luar mereka, tidak ada lagi," kata Navarro.

Barcelona masih punya Samuel Umtiti, tetapi cukup lama cedera dan performanya menurun. Sangat riskan jika bertumpu pada pemain asal Prancis. Ronald Araujo menjadi satu-satunya alternatif di posisi bek tengah.

Beruntung, Barcelona punya banyak stok pemain di posisi bek sayap. Ronald Koeman punya Sergi Roberto, Jordi Alba, Sergino Dest, dan Junior Firpo.

2 dari 2 halaman

Satu Pemain No.9

Martin Braithwaite (c) AP Photo

Martin Braithwaite (c) AP Photo

Masalah kedua Barcelona, kata Navarro, adalah pemain dengan tipe No.9 atau penyerang murni. Navarro melihat hanya ada satu namanya memenuhi kriteria sebagai pemain No.9 yakni Martin Braithwaite. Itu pun dengan catatan dia bukan pilihan utama.

Ronald Koeman mencari solusi dengan memainkan Lionel Messi sebagai false nine. Bagi La Pulga, ini bukan peran baru. Hanya saja, pada tiga laga di La Liga, Messi kesulitan menemukan ketajamannya.

Messi belum mencetak satu pun gol dari open play. Dia mencetak satu gol dari eksekusi penalti.

Namun, Ronald Koeman punya banyak pilihan untuk posisi winger. Antoine Griezmann, Ansu Fati, dan Philippe Coutinho bisa dimainkan di posisi winger. Selain itu, masih ada dua pemain muda yakni Pedri dan Trincao.

Sumber: Marca

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR