Saga Transfer Frenkie de Jong: Jadi ke MU atau Bertahan di Barcelona?

Richard Andreas | 10 Juni 2022, 06:30
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong. (c) AP Photo
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong. (c) AP Photo

Bola.net - Saga transfer Frenkie de Jong jadi salah satu sajian paling seru di bursa transfer musim panas ini. De Jong ingin bertahan di Barcelona, tapi Manchester United terus mengejar.

Gosip transfer ini dimulai sejak keputusan MU menunjuk Erik ten Hag sebagai pelatih baru. Ten Hag datang membawa rapor apik dari Ajax Amsterdam.

Menariknya, De Jong adalah salah satu pemain didikan Ten Hag di Ajax beberapa tahun lalu. Ten Hag tahu betul kualitas De Jong dan berperan penting untuk mengembangkan potensi gelandang Belanda tersebut.

Terlebih, De Jong tampak tidak cocok dengan posisinya di Barca sekarang. Ten Hag dan MU mungkin bisa memberikan solusi untuk masalah tersebut.

Saga transfer Frenkie de Jong kali ini terbilang cukup rumit. Apa yang sebenarnya terjadi? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Didekati Ten Hag

Awalnya tidak ada tanda-tanda bahwa De Jong bakal menuju pintu keluar Barcelona. Namun, situasinya berubah drastis sejak Ten Hag datang ke MU.

Nama De Jong menjadi besar saat masih berkostum Ajax Amsterdam dan ada peran Erik ten Hag di balik keberhasilkan tersebut. De Jong adalah pemain kunci dalam tim Ten Hag.

Kabarnya, Ten Hag sudah bicara langsung dengan De Jong terkait kemungkinan pindah ke MU. Diduga, Ten Hag ingin membuat De Jong menjadi pemain kunci proyek perkembangan tim MU.

2 dari 3 halaman

Pertimbangan finansial dan keolahragaan

Sejak awal De Jong membantah isu kepergiannya dari Barca. Dia menegaskan bahwa bermain di Camp Nou adalah mimpi yang terwujud, tidak ada alasan untuk pergi.

Di sisi lain, De Jong juga menyatakan bahwa dia lebih nyaman dengan gaya bermain di Timnas Belanda. Artinya, peran dan posisi De Jong di Barcelona belum sesuai harapannya.

Faktor lain yang juga berpengaruh adalah situasi Barca sebagai klub. Blaugrana sedang terjebak masalah finansial yang cukup serius, penjualan De Jong bakal membantu memberikan kelegaan.

3 dari 3 halaman

Tawaran Man United

Selain hasrat Ten Hag untuk bereuni dan kesulitan posisi di Barcelona, ada beberapa faktor lain juga berpengaruh terhadap masa depan De Jong. Salah satunya tawaran MU yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Kabarnya, Setan Merah siap mengeluarkan 60 juta euro plus bonus 20 juta euro untuk merekrut De Jong dari Barcelona. Angka tersebut sudah cukup besar bagi BArca yang sekarang.

Terlebih, saat ini De Jong adalah salah satu pemain dengan gaji besar di skuad Barca. Penjualannya akan sangat menguntungkan soal salary cap.

Sumber: Bola, Marca

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR