Saatnya La Masia Produktif Lagi

Bola.net | 5 Juni 2018, 19:20
Sergi Roberto (c) AFP
Sergi Roberto (c) AFP
- Barcelona selalu dikenal sebagai salah satu klub yang memiliki akademi terbaik di dunia, yang dikenal dengan sebutan La Masia. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, tidak banyak pemain jebolan La Masia yang bersinar.


Pemain terakhir jebolan La Masia yang saat ini masih membela Barcelona adalah Sergi Roberto. Setelahnya, La Masia masih belum menyumbangkan pemain lagi.


Oleh sebab itu, Josep Maria Bartomeu selaku Presiden Barca menilai saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memberi kesempatan pada lulusan La Masia.


"Klub ini selalu mencoba mengembangkan talenta melalui La Masia," jelas Bartomeu kepada espn.


"Tentu saja talenta ini harus menonjol dan mencolok, jika mungkin, di tim utama. Tapi ini bukanlah hal mudah." (espn/dre)

1 dari 2 halaman

Tidak Ada Ruang


Dikatakannya, dalam satu dekade terakhir pemain lulusan La Masia tidak memiliki ruang di tim utama karena banyaknya pemain bintang. Hal inilah yang menjadi masalah lain di Barcelona.

"Saat anda memiliki pemain seperti Xavi, Iniesta dan Puyol, semua pemain lain yang berada cukup lama di sini dan menjadi pilihan nomor satu tim."

"Maka pemain muda akan kesulitan menonjol, bukan hal mudah merebut posisi dari pemain seperti Puyol, Xavi atau Iniesta," imbuh dia.
2 dari 2 halaman

Budaya Belanja


Walaupun demikian, Barcelona tentunya harus melewati tantangan berat jika ingin kembali melancarkan fungsi La Masia. Sebab di dunia industri sepak bola saat ini, banyak klub besar yang rela menjebol celengan mereka untuk mendatangkan pemain hebat.

Cara ini terbukti efektif dilakukan beberapa klub yang berhasil meraih trofi sebagai penanda kesuksesan mereka. Di antaranya Manchester City, Real Madrid, Bayern Munchen, dsb. [initial]

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR