BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ronald Koeman Dipecat, Carlo Ancelotti: Saya Juga Pernah, tapi Tetap Hidup dan Bahagia

28-10-2021 10:28 | Asad Arifin

Ronald Koeman ketika memantau stadion Vallecas jelang laga Rayo Vallecano vs Barcelona, Kamis (27/10/21). Di laga itu Barca kalah 0-1 dan Koeman dipecat setelah pertandingan. (c) AP Photo/Manu Fernandez
Ronald Koeman ketika memantau stadion Vallecas jelang laga Rayo Vallecano vs Barcelona, Kamis (27/10/21). Di laga itu Barca kalah 0-1 dan Koeman dipecat setelah pertandingan. (c) AP Photo/Manu Fernandez

Bola.net - Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, ikut memberikan komentar tentang dipecatnya Ronald Koeman oleh Barcelona. Bagi Ancelotti adalah hal lazim dan merupakan resiko bagi setiap pelatih.

Koeman mengakhiri tugasnya sebagai pelatih Barcelona lebih cepat. Pria asal Belanda itu dipecat tak lama setelah Barcelona kalah dengan skor 1-0 dari Rayo Vallecano pada laga pekan ke-11 La Liga 2021/2022.

"FC Barcelona telah membebaskan Ronald Koeman dari tugasnya sebagai pelatih tim utama. Presiden klub, Joan Laporta, memberi tahu dia tentang keputusan tersebut setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano," tulis situs resmi klub asal Catalan.

1 dari 4 halaman

Respon Carlo Ancelotti

Isu pemecatan Koeman sejatinya sudah berhembus sejak musim 2020/2021 lalu. Namun, beberapa pertimbangan termasuk gelar juara Copa del Rey membuat Koeman tetap selamat. Tapi, hasil buruk awal musim membuat Koeman dipecat.

Bagi Ancelotti, tidak ada yang spesial dari pemecatan Koeman. Itu adalah hal yang wajar bagi setiap pelatih.

"Saya pernah dipecat beberapa kali dan saya masih di sini, hidup, dan bahagia. Dipecat adalah bagian dari pekerjaan dan Anda harus memberikan semua yang Anda miliki sampai hari Anda dipecat," kata Ancelotti.

"Anda harus melihat ke depan sambil menjaga hati nurani yang bersih. Dia memberikan semua yang harus dia berikan," sambung pelatih yang pernah dipecat Bayern Munchen tersebut.

2 dari 4 halaman

Andil Ancelotti dalam Pemecatan Koeman

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti  (c) AP Photo
Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti (c) AP Photo

Ancelotti, juga Real Madrid, punya andil dalam pemecatan Ronald Koeman. Sebab, tepat sebelum dikalahkan Rayo Vallecano, Barcelona juga dikalahkan Real Madrid dengan skor 2-1 pada duel di Camp Nou.

Kekalahan pada laga El Clasico membuat posisi Koeman terjepit. Tapi, klub masih memberi kesempatan walau ada banyak rasa tidak puas atas kinerja eks Everton itu. Memecat pelatih di tengah jalan bukan opsi yang mudah diambil.

Namun, pada akhirnya Koeman dipecat juga usai Barcelona kalah dari Rayo Vallecano.

3 dari 4 halaman

Calon Pengganti Ronald Koeman

Xavi ketika memimpin pertandingan Al Sadd (c) Al Sadd Official Twitter
Xavi ketika memimpin pertandingan Al Sadd (c) Al Sadd Official Twitter

Barcelona telah bergerak untuk segera mendapatkan pengganti Ronald Koeman. Ada beberapa alternatif yang dipikirkan Barcelona. Tapi, target utamanya adalah memulangkan sang legenda, Xavi, ke Camp Nou.

"Belum ada pengumuman untuk pengganti Koeman di Barcelona. Ini akan memakan waktu beberapa jam. Sementara negosiasi sedang berlangsung untuk Xavi meninggalkan Al Sadd dan menjadi manajer baru," kata Fabrizio Romano.

"Kandidat lain untuk pekerjaan Barca juga tahu Xavi adalah favorit, seperti yang terjadi," katanya.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Spanyol

Sumber: Situs resmi Real Madrid, Fabrizio Romano

KOMENTAR