BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Rivaldo Kritik Transfer Arthur Melo - Miralem Pjanic: Barcelona Hanya Memikirkan Uang Saja

03-07-2020 10:38 | Asad Arifin

Gelandang Barcelona, Arthur (c) AP Photo Gelandang Barcelona, Arthur (c) AP Photo

Bola.net - Rivaldo mengkritisi kebijakan mantan timnya di bursa transfer Barcelona. Rivaldo menilai Barcelona lebih fokus pada sisi finansial pada kasus transfer Arthur Melo dan Miralem Pjanic.

Barcelona baru saja melepas Arthur Melo ke Juventus. Pemain 23 tahun dibeli Barcelona pada 2018 lalu dari Gremio dengan harga 40 juta euro. Nama Arthur sempat disebut mirip dengan Xavi oleh Lionel Messi.

Dua tahun setelah dibeli, Barcelona memilih melepas Arthur. Juventus datang dengan tawaran 72 juta euro. Namun, Juventus tidak membayar secara penuh. Sebanyak 50 juta euro dibayar dengan memberikan Miralem Pjanic.

Sejak awal, Pjanic memang ingin pindah ke Barcelona karena tak lagi cocok dengan Maurizio Sarri. Sedangkan, Arthur sempat menolak pindah ke Juventus tetap klub berupaya keras melepasnya ke Turin musim ini.

1 dari 2 halaman

Barcelona Hanya Mencari Uang

Miralem Pjanic merayakan golnya pada pertandingan Juventus vs Bologna di Serie A, Minggu (20/10/2019). (c) AP Photo Miralem Pjanic merayakan golnya pada pertandingan Juventus vs Bologna di Serie A, Minggu (20/10/2019). (c) AP Photo

Tidak sedikit pengamat memberi penilaian negatif pada Barcelona atas transfer Arthur Melo dan Miralem Pjanic. Apalagi, dari sisi usia, keduanya terpaut cukup jauh dan Arthur dianggap punya potensi besar.

Rivaldo pun mengkritisi kebijakan Barcelona. Pemain yang membawa Brasil juara Piala Dunia 2002 itu menilai Barcelona hanya berpikir soal uang dibanding aspek teknis dalam transfer Arthur dan Pjanic dengan Juventus.

"Pjanic akan datang ke Barcelona dan saya menganggapnya pemain yang sangat bagus, dengan pengalaman yang segudang, tetapi dalam hal ini Barcelona telah memikirkan lebih tentang bagian keuangan dari perjanjian," ucap Rivaldo dikutip dari Betfair.

Barcelona memang mendapat selisih yang cukup besar dari transfer ini. Kabarnya, selisih itu dibutuhkan agar neraca keuangan klub tetap stabil pada akhir Juni lalu. "Saya lebih suka Arthur tetap di Catalonia," tegas Rivaldo.

2 dari 2 halaman

Dilema Arthur Melo

Masalah bagi Barcelona tidak selesai sampai di situ. Arthur Melo kini memberi dilema besar bagi pelatih Quique Setien. Di satu sisi, dia punya kualitas yang dibutuhkan tim. Namun, di sisi lainnya, Arthur sudah dikucilkan karena transfernya ke Juventus.

"Sekarang, terlepas dari kenyataan bahwa dia tahu dia akan pergi, saya akan terus memainkannya selama masih diperlukan sampai akhir musim. Akan sangat aneh jika Setien tiba-tiba berhenti memainkannya," ucap Rivaldo.

Setien sejauh ini memilih untuk tak lagi memainkan Arthur Melo sebagai pemain inti pada dua laga terakhir Barcelona. Lalu, ada kabar jika pemain 23 tahun itu sempat bolos latihan demi memuluskan transfernya menuju ke Juventus.

Sumber: Betfair

KOMENTAR