BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Riqui Puig dan 2 Momen Pembuktian Bahwa Ronald Koeman Butuh Dirinya

25-01-2021 13:20 | Asad Arifin

Riqui Puig usai mencetak gol pada babak adu penalti melawan Real Sociedad di Supercopa de Espana (c) AP Photo Riqui Puig usai mencetak gol pada babak adu penalti melawan Real Sociedad di Supercopa de Espana (c) AP Photo

Bola.net - Ronald Koeman mempersilahkan Riqui Puig mencari klub baru awal musim 2020/2021 lalu. Namun, pemain 21 tahun memilih bertahan di Barcelona dan membuktikan dia punya kualitas untuk bersaing.

Ronald Koeman datang dengan banyak ide baru. Koeman tidak lagi memakai formasi 4-3-3 dan menggantinya dengan 4-2-3-1 yang dianggap lebih stabil ketika menyerang dan bertahan.

Perubahan Koeman memakan korban. Luis Suarez dan Arturo Vidal harus angkat kaki. Lalu, Riqui Puig pun diberi kebebasan untuk mencari klub baru karena tak ada posisi yang cocok untuknya.

Koeman hanya punya tempat untuk dua pivot di lini tengah. Riqui Puig tidak cocok untuk peran itu.

1 dari 4 halaman

2 Momen Pembuktian Riqui Puig

Riqui Puig bertahan walau dia tahu Ronald Koeman memandang kehadirannya sebalah mata. Namun, belakangan Koeman menyerah dengan formasi 4-2-3-1 dan memakai formasi 4-3-3.

Walau hanya sebagai pelapis, Riqui Puig pun mulai mendapat tempat.

Sejauh ini, ada dua laga yang menjadi panggung pembuktian bagi Riqui Puig. Pertama, laga melawan Real Sociedad di Supercopa de Espana. Saat itu, Riqui Puig mengajukan diri sebagai penendang penalti kelima dan sukses.

Momen kedua terjadi pada laga kontra Elche (24/1/2021) di pekan ke-20 La Liga. Riqui Puig masuk lapangan pada menit ke-87. Namun, tak sampai dua menit berada di atas lapangan, Puig mampu mencetak gol dan membawa Barcelona menang 2-0 lawan Elche.

2 dari 4 halaman

Momen yang Sukar Dipercaya

Riqui Puig mencetak gol ke gawang Elche dengan sundulan kepala. Pemain jebolan La Masia menerima umpan Frenkie de Jong dengan sempurna. Sebuah gol yang bahkan tidak dipercaya oleh Riqui Puig.

"Sukar dipercaya bahwa saya bisa mencetak gol dengan kepala. Saya tidak berpikir pernah mencetak gol itu sejak berada di tim Cadete A [U-16]," ucap Riqui Puig dikutip dari Marca.

Riqui Puig hanya bertinggi badan 1.69 meter. Jadi, cukup wajar jika duel udara menjadi titik lemah Riqui Puig. "Saya jarang cetak gol dan sekarang cetak gol dengan kepala," katanya.

3 dari 4 halaman

Momen yang Sulit

Laga melawan Elche menjadi laga keempat yang dimainkan Riqui Puig di La Lliga musim 2020/2021. Semuanya sebagai pengganti. Dari empat laga itu, Riqui Puig baru mendapat kesempatan selama 25 menit di lapangan.

Riqui Puig hanya bermain empat dari 19 laga yang sudah dijalani Barcelona.

"Saya mengalami musim yang cukup sulit karena saya tidak terbiasa bermain terlalu sedikit. Tapi saya semakin kuat secara mental," kata Riqui Puig.

"Saya senang dengan kerja keras tim dan bagaimana rekan satu tim membantu saya," tutup Riqui Puig.

4 dari 4 halaman

Reaksi Ronald Koeman

Ronald Koeman tentu senang dengan apa yang dilakukan Riqui Puig. Sang pelatih memujinya yang tetap tampil serius dan memanfaatkan setiap menit yang didapat walau tidak banyak.

"Riqui Puig datang dari bangku cadangan dengan baik dan juga melompat dengan sangat baik. Riqui Puig masuk ke dalam kotak, di mana kami ingin para gelandang kami berada," kata Koeman.

"Ketika pelatih memberi Anda menit bermain, Anda harus menunjukkan bahwa Anda punya masa depan di klub. Riqui Puig penting dalam laga ini," kata Koeman.

Sumber: Marca

KOMENTAR