BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Revolusi Quique Setien di Barcelona: Latihan di Hari Pertandingan!

17-01-2020 09:39 | Asad Arifin

Pelatih baru Barcelona, Quique Setien. (c) twitter.com/FCBarcelona Pelatih baru Barcelona, Quique Setien. (c) twitter.com/FCBarcelona

Bola.net - Quique Setien nampak ingin melakukan revolusi di Barcelona dalam kapasitas sebagai pelatih. Salah satu perubahan besar yang dilakukan yakni pemain akan berlatih pada hari pertandingan.

Quique Setien resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona pada pekan ini. Pria berusia 61 tahun tersebut menggantikan peran yang sebelumnya diemban Ernesto Valverde.

Barcelona mendepak Ernesto Valverde dari kursi pelatih usai klub gagal di Supercopa de Espana. Selain itu, kabar lain ada kekecewaan besar pada pelatih 52 tahun karena Barcelona tidak bermain dengan tiki-taka.

Quique Setien bukan nama asing di sepak bola Spanyol. Namun, dia tidak punya reputasi mentereng jika yang dihitung adalah gelar juara. Quique Setien belum meraih gelar juara pada kompetisi besar.

1 dari 2 halaman

Revolusi Quique Setien Dimulai

Quique Setien, dikutip dari Marca, segera melakukan perubahan besar di skuad Barcelona begitu ditunjuk sebagai pelatih. Dia mengganti beberapa materi latihan yang biasa dijalani klub.

Yang paling menonjol, Quique Setien akan memberi jadwal latihan kepada pemain tepat pada hari pertandingan. Akhir pekan ini bakal menjadi awal dari peraturan yang tidak ada pada era Valverde tersebut.

Pekan ini, Barcelona akan berjumpa Granada pada laga pekan ke-20 La Liga 2019/2020. Duel ini bakal digelar di Camp Nou, Senin (20/1/2020) dini hari WIB atau pada hari Minggu (19/1/2020) waktu setempat.

Pada Minggu pagi, pemain Barcelona dijadwalkan tetap berlatih. Malam hari mereka akan bertanding. Hanya saja, latihan akan lebih intensif terkait taktik yang dipakai untuk bermain. Menu latihan fisik akan sangat minimal.

Quique Setien bukan orang pertama yang melakukan latihan pada hari pertandingan. Di masa lalu, Pep Guardiola, saat masih melatih Barcelona, juga melakukan latihan taktik pada hari yang sama dengan hari pertandingan.

2 dari 2 halaman

Quique Setien Kembalikan Tiki-Taka dari Meja Makan?

Barcelona (c) AP Photo Barcelona (c) AP Photo

Quique Setien juga menggelar sesi makan malam khusus dengan Lionel Messi dan kawan-kawan. Hal tersebut dilakukan mantan pelatih Real Betis agar bisa lebih dekat dalam mengenal para pemainnya.

Acara makan malam bersama ini digelar di sebuah restoran terkenal di kawasan atas Barcelona. Dalam acara ini Setien ingin menunjukkan atmosfer dan harmoni yang bagus antara para pemain dan staf pelatih yang baru.

Dari makan malam tersebut, Quique Setien diyakini juga ingin mengenalkan cara bermainnya kepada para pemain. Quique Setien diyakini bakal mengembalikan gaya bermain tiki-taka yang sempat menghilang pada era Valverde.

Quique Setien diketahui sebagai fans berat seolah Johan Cruyff, salah satu peletak dasar fondasi permainan tiki-taka yang khas Barcelona.

Sumber: Marca

KOMENTAR