BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Resmi, Tottenham Bungkus Emerson Royal dari Barcelona

01-09-2021 01:31 | Yaumil Azis

Pemain Barcelona, Emerson Royal (c) FCB
Pemain Barcelona, Emerson Royal (c) FCB

Bola.net - Umur karier Emerson Royal di Barcelona masih seumuran jagung. Klub papan atas Spanyol tersebut memilih untuk melepasnya ke Tottenham jelang penutupan bursa transfer musim panas.

Secara teknis, Emerson sudah menjadi milik Barcelona sejak tahun 2019 lalu. Tepatnya ketika dirinya direkrut dari Atletico Mineiro dengan harga 12,7 juta euro saja. Kesepakatan bisa diraih berkat kerja sama dengan Real Betis.

Sebagai gantinya, Betis berhak memiliki Emerson secara permanen paling tidak sampai tahun 2021. Kesepakatan itu melibatkan klausul pembelian sebesar enam juta euro yang bisa diaktifkan Barcelona dua tahun kemudian.

Barcelona memilih mengaktifkan klausul tersebut begitu bursa transfer musim panas dibuka pada tanggal 2 Juni 2021. Namun biaya yang harus dikeluarkan lebih besar dari kesepakatan, yakni senilai sembilan juta euro.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Detail Transfer Emerson ke Tottenham

Banyak yang memproyeksikan Emerson sebagai pelapis, atau bahkan pesaing, buat Sergino Dest di sisi kanan pertahanan. Tapi kenyataannya, Emerson hanyalah objek bisnis semata untuk membantu perekonomian Barcelona yang sedang sulit.

Klub besutan Ronald Koeman tersebut berhasil mendapatkan keuntungan darinya. Beberapa jam sebelum bursa transfer berakhir, sang pemain diumumkan hengkang ke Tottenham secara permanen.

Kedua tim tidak membuka nominal uang yang digunakan untuk transfer ini. Namun berdasarkan laporan Fabrizio Romano, the Lilywhites dibebankan biaya 25 juta euro untuk mengangkut sang pemain dari Camp Nou.

Artinya, Barcelona berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 14 juta euro dari kepergian Emerson. Tottenham mengumumkan bahwa pemain berkebangsaan Brasil tersebut diikat dengan kontrak yang berlaku hingga tahun 2026.

2 dari 2 halaman

Pembelian Kelima the Lilywhites

Mengingat sisa waktu di bursa transfer tinggal sedikit, Emerson nampaknya akan menjadi pembelian terakhir the Lilywhites. Tottenham sudah mendatangkan empat pemain baru selama bursa transfer musim panas ini berlangsung.

Dari lima pemain baru, Emerson merupakan sosok ketiga yang direkrut secara permanen oleh Tottenham. Dua lainnya adalah Bryan Gil dari Sevilla serta mantan pemain FC Mets, Pape Sarr. Cristian Romero dan Pierluigi Gollini direkrut dengan skema pinjaman.

Dengan demikian, total pengeluaran Tottenham di musim panas ini mencapai 66 juta euro. Sementara pemasukannya sebesar 32 juta euro yang dihasilkan dari penjualan Toby Alderweireld, Juan Foyth, Moussa Sissoko dan Joe Hart.

(Goal International)

KOMENTAR