BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Real Madrid vs Barcelona: Ronaldo dan Deretan Pemain yang Berpindah Kubu pada El Clasico

10-04-2021 17:19 | Asad Arifin

La Liga, Real Madrid vs Barcelona (c) Bola.net
La Liga, Real Madrid vs Barcelona (c) Bola.net

Bola.net - Real Madrid bakal bersua dengan Barcelona pada lanjutan La Liga musim 2020/2021. Laga ini akan digelar di Alfredo di Stefano Stadium, Minggu (11/04) dini hari WIB.

Laga ini bisa dipastikan bakal berlangsung sengit. Selain terlibat rivalitas tradisional, kedua tim ini sama-sama berstatus sebagai tim mapan di kancah sepak bola Spanyol, bahkan Eropa.

Dengan status tersebut, Madrid dan Barcelona kerap menjadi persinggahan banyak pemain bintang. Bahkan, ada sejumlah bintang yang melangkah lebih jauh dengan memperkuat kedua tim tersebut.

Atas nama profesionalisme, rivalitas tak menjadi halangan bagi pemain kedua tim tersebut untuk menukar jersey mereka dengan jersey sang rival.

Siapa saja para pemain yang sempat memperkuat Barcelona dan Real Madrid? Berikut lima di antara mereka.

1 dari 5 halaman

Luis Figo

Luis Figo (c) PA
Luis Figo (c) PA

Figo bergabung dengan Barcelona pada 1995. Ia bergabung setelah meninggalkan Sporting Lisbon. Lima musim bersama Barcelona, pemain asal Portugal ini sempat bermain 249 kali dan mencetak 45 gol. Ia pun membantu Barcelona meraih dua gelar juara La Liga, dua trofi Copa del Rey, satu trofi Supercopa de Espana, satu trofi Piala Winners dan satu trofi Piala Super UEFA.

Awal musim 2000, Figo membuat keputusan mengejutkan dengan menyeberang ke Real Madrid. Ia bergabung dengan gugusan bintang Madrid dengan banderol sebesar 62 juta Euro. Keputusan ini membuatnya menjadi sosok paling dibenci oleh pendukung Barcelona. Dalam sebuah laga Clasico, ia pernah dilempar kepala babi oleh suporter Barcelona.

Bersama Madrid, Figo sempat bertahan lima musim. Ia bermain 245 kali dan mencetak 58 gol. Figo pun berjasa membantu Madrid meraih dua gelar juara La Liga, dua tofi juara Supercopa de Espana, satu trofi juara Liga Champions, satu trofi juara Piala Super UEFA, dan satu trofi juara Piala Intercontinental.

2 dari 5 halaman

Ronaldo

Ronaldo saat masih bermain bagi Barcelona. (c) FCB
Ronaldo saat masih bermain bagi Barcelona. (c) FCB

Ronaldo bergabung dengan Barcelona pada awal musim 1996/1997, usai meninggalkan PSV Eindhoven. Ia bergabung dengan banderol sebesar USD 19,5 juta, yang menjadi rekor dunia waktu itu.

Kebersamaan Ronaldo bersama Barcelona sendiri tak lama, hanya semusim. Namun, pemain asal Brasil ini sukses menunjukkan ketajaman membobol gawang lawan. Dalam 49 laga bersama Barcelona, ia mencetak 47 gol.

Setelah lima musim merantau ke Italia, Ronaldo kembali ke Spanyol pada awal musim 2002/2003. Kali ini, Real Madrid yang menjadi tujuannya. Bersama Los Galacticos, ia kembali menunjukkan ketajaman. Dalam 177 laga bersama Madrid, Ronaldo mencetak 104 gol.

3 dari 5 halaman

Michael Laudrup

Michael Laudrup (c) PA
Michael Laudrup (c) PA

Laudrup bergabung dengan Barcelona pada awal musim 1989/1990. Ia bergabung dengan tim yang dibesut, Johan Cruyff, sosok yang ia kagumi sejak masa kecil.

Bersama Barcelona, pemain asal Denmark tersebut sempat bermain selama lima musim. Ia bermain sebanyak 218 dan mencetak 55 gol.

Setelah hubungannya dengan Cruyff memburuk, Laudrup memilih untuk meninggalkan Barcelona. Tujuannya tak lain adalah Real Madrid. Bersama Madrid, Laudrup sempat bertahan selama dua musim. Ia bermain 76 kali dan mencetak 15 gol.

4 dari 5 halaman

Luis Enrique

Luis Enrique (c) ist
Luis Enrique (c) ist

Luis Enrique bergabung dengan Real Madrid pada musim 1991. Ia bergabung dengan Los Blancos usai meninggalkan Sporting Gijon.

Bersama Real Madrid, sosok pemain serbabisa tersebut sempat bermain 213 kali dan mencetak 18 gol dalam lima musim. Ia sempat membantu Madrid meraih satu trofi La liga, satu trofi Copa del Rey dan satu trofi Supercopa de Espana.

Merasa tak dihargai oleh suporter Madrid, Enrique pun menyeberang ke Barcelona. Mulanya, ia diragukan oleh suporter Los Blaugrana. Namun, seiring berjalannya waktu, ia menjadi salah satu idola publik Catalan.

Enrique bertahan delapan musim bersama Barcelona. Selama itu, ia bermain 300 kali dan mencetak 109 gol. Selain itu, ia membantu Barcelona meraih dua gelar juara La Liga, dua trofi Copa del Rey, satu trofi Supercopa de Espana, satu trofi Piala Winners dan satu trofi Piala Super UEFA.

5 dari 5 halaman

Luis Milla

Luis Milla (c) Inasgoc/Antara
Luis Milla (c) Inasgoc/Antara

Milla merupakan salah satu pemain didikan Barcelona. Pria yang sempat melatih Timnas Indonesia ini pun kemudian naik kelas ke tim utama Barcelona pada 1988. Dua musim bersama Barcelona, ia tampil 54 kali dan mencetak dua gol bagi los Blaugrana.

Setelah dilepas Barcelona, Milla bergabung dengan Real Madrid. Bersama Madrid, pria berposisi sebagai gelandang bertahan ini sempat mengalami cedera parah. Namun, kemudian ia sembuh dan menjadi salah satu pilihan utama di lini tengah Madrid.

Selama memperkuat Madrid, Milla sempat main 165 kali dan mencetak tiga gol.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR