Real Madrid Harusnya Dapat dan Bukan Dihukum Penalti: Wasit Bikin Keputusan yang Salah?

Afdholud Dzikry | 10 Mei 2021, 07:33
Pemain Real Madrid melakukan protes pada wasit di laga melawan Sevilla (c) AP Photo
Pemain Real Madrid melakukan protes pada wasit di laga melawan Sevilla (c) AP Photo

Bola.net - Kinerja wasit Juan Martinez Munuera mendapat protes keras dari kubu Real Madrid. Sebab, dia dinilai membuat keputusan keliru ketika memberi hukuman penalti pada Los Blancos.

Munuera menjadi yang bertugas di laga Real Madrid vs Sevilla. Duel laga pekan ke-35 La Liga itu digelar di Stadion Alfredo Di Stefano pada Senin (10/52021) dini hari WIB.

Laga berjalan sangat seru. Sevilla dua kali unggul melalui gol Fernando dan Ivan Rakitic. Namun, Madrid mampu membalas lewat gol Marco Asensio dan Eden Hazard. Laga berakhir dengan skor imbang 2-2.

1 dari 6 halaman

Real Madrid Dapat atau Dihukum Penalti?

Laga Real Madrid vs Sevilla sejak awal berjalan sangat seru. Situasi kemudian memanas pada menit ke-74. Sevilla mengklaim penalti ketika Eder Militao dianggap melakukan handball usai situasi sepak sudut.

Namun, laga berlanjut karena wasit Munuera tidak mengambil keputusan apa pun. Madrid lalu melakukan serangan balik cepat. Karim Benzema kemudian dijatuhkan Yassine Bounou dan giliran Real Madrid mengklaim penalti.

Dari tayangan ulang, bola memang mengenai tangan Militao. Tapi laga tetap berlanjut. Lalu, ada sentuhan Bounou pada Benzema dan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Wasit Munuera kemudian melihat VAR untuk mengambil keputusan. Munuera memutuskan handball dilakukan Militao dan Sevilla mendapat penalti. Sedangkan, pelanggaran pada Benzema tidak dianggap terjadi.

2 dari 6 halaman

Keputusan Wasit Sudah Tepat?

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, melakukan protes pada wasit usai laga melawan Sevilla di pekan ke-35 La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, melakukan protes pada wasit usai laga melawan Sevilla di pekan ke-35 La Liga 2020/2021 (c) AP Photo

Sevilla kemudian memanfaatkan penalti yang didapat dengan sangat baik. Ivan Rakitic maju sebagai eksekutor penalti dan mencetak gol. Sevilla pun unggul dengan skor 2-1 atas Madrid usai momen tersebut.

Lantas, apakah keputusan Munuera memberi penalti pada Sevilla sudah tepat?

"Bola pertama-tama mengenai bahu Militao, kemudian lengannya," kata pakar wasit La Liga, Juan Andujar Oliver, kepada Marca.

"Ini benar-benar tidak disengaja. Bagi saya, memberikan penalti saja tidak cukup," kata Oliver.

3 dari 6 halaman

Real Madrid Harusnya Dapat Penalti

Andujar Oliver menilai wasit Munuera harusnya tidak memberikan penalti pada Sevilla. Oliver menilai penalti lebih layak diberikan pada Madrid atas pelanggaran yang dilakukan pada Benzema oleh Bounou.

"Permainan seharusnya dilanjutkan dan diakhiri dengan penalti yang jelas dari Bounou terhadap Benzema," tegas Oliver.

4 dari 6 halaman

Rakitic: Itu Penalti yang Jelas!

Pemain Sevilla, Ivan Rakitic. (c) AP Photo

Pemain Sevilla, Ivan Rakitic. (c) AP Photo

Gelandang Sevilla, Ivan Rakitic, menilai keputusan Munuera sudah tepat. Mantan pemain Barcelona itu meyakini Militao melakukan handball dan Sevilla memang layak mendapat penalti atas momen tersebut.

"Dari posisi saya berada, itu jelas penalti karena handball. Kita semua bisa mengatakan bagaimana kita menafsirkan hukum tentang handball," ucap Rakitic.

"Jika [bola] mengenai lengan dan berubah arah, itu handball dan penalti," tegasnya.

5 dari 6 halaman

Militao Tidak Melihat Bola

Direktur Real Madrid, Emilio Butragueno, menilai keputusan wasit tidak tepat. Butragueno merasa Eder Militao tidak melihat ke arah bola. Jadi, tidak ada kesengajaan dari bek asal Brasil itu melakukan handball.

"Itu membuat kami merasa sedikit tidak nyaman. Tapi [wasit] pergi ke VAR dan dia membuat keputusan itu," kata Butragueno.

"Militao tidak melihat bola, itu jelas. Ini keputusan yang sangat penting, yang memiliki pengaruh yang bisa menentukan gelar La Liga," tegas Butragueno.

6 dari 6 halaman

Klasemen La Liga

Klasemen oleh SofaScore LiveScore

Sumber: Marca

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR