BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Real Madrid dan Barcelona Menjadi Merek Bernilai Paling Tinggi di Dunia

05-08-2020 14:36 | Asad Arifin

Real Madrid, juara La Liga 2019/20 (c) Bola.net Real Madrid, juara La Liga 2019/20 (c) Bola.net

Bola.net - Dua klub La Liga, Real Madrid dan Barcelona, menjadi klub paling berharga di dunia, menurut laporan Brand Finance Football 2020.

Dua tahun berturut-turut, Real Madrid memimpin sebagai merek klub sepak bola bernilai paling tinggi di dunia, diikuti oleh Barcelona, yang berhasil menggusur Manchester United di peringkat dua dalam peringkat tahun ini.

Menurut penelitian dari firma konsultan bergengsi, Brand Finance, merek Real Madrid bernilai 1,419 miliar euro, dengan Barcelona hanya terpaut 6 juta euro di belakangnya dengan 1,413 miliar euro.

Kemudian ada perbedaan yang cukup besar dengan tim lainnya di lima besar, dengan Manchester United yang berada di urutan ketiga dengan 1,315 miliar euro, Liverpool yang berada di urutan keempat dengan 1,262 miliar euro, dan Manchester City yang berada di urutan kelima dengan 1,1 24 miliar euro.

1 dari 1 halaman

Indeks Kekuatan Merek

Selain menghitung nilai merek, laporan Brand Finance juga menilai kekuatan merek dengan mengaitkan masing-masing klub sepakbola dengan skor 'Indeks Kekuatan Merek' dalam skala 100 poin berdasarkan metrik seperti investasi pemasaran, ekuitas pemangku kepentingan, dan kinerja bisnis.

Real Madrid juga memimpin peringkat ini dengan skor 94,9, sementara FC Barcelona kembali berada di posisi kedua dengan skor 93,6.

Seperti yang Teresa de Lemus, direktur pelaksana Brand Finance Spanyol, katakan dalam laporan setebal 150 halaman: "Ada dua merek Spanyol dari dunia sepak bola yang benar-benar membuat merek Spanyol secara keseluruhan bersinar, dan mereka adalah Real Madrid dan FC Barcelona, keduanya paling berharga dan dua merek terkuat di sektor mereka di tingkat global. Tidak ada keraguan bahwa olahraga Spanyol adalah hal Iain yang bisa dibanggakan oleh orang Spanyol,"

Bukan hanya Real Madrid dan FC Barcelona yang mewakili Spanyol dan LaLiga di 50 peringkat teratas Brand Finance untuk nilai merek. Secara total, delapan klub LaLiga Santander berhasil masuk dalam daftar ini, yakni Atlético Madrid (13), Sevilla FC (32), Valencia CF (36), Athletic Club (40), Villarreal CF (44) dan Real Betis (50).

Delapan klub La Liga di 50 besar merupakan 20% dari nilai total sektor ini, dengan gabungan 3,938 miliar euro.

Dengan perkecualian Real Madrid, yang tetap berada di puncak, setiap klub LaLiga pada 50 peringkat teratas 2020 telah meningkat dibandingkan dengan posisi 2019 mereka, mencerminkan pertumbuhan yang cepat dan terus-menerus dari merek LaLiga di seluruh dunia.

Upaya La Liga untuk bekerja dengan klub-klubnya dalam digitalisasi mereka dan pertumbuhan internasional jelas telah membantu meningkatkan merek klub. Faktanya, peringkat rata-rata 2020 Brand Strength Index dari klub Spanyol (79.0/100) lebih tinggi daripada negara Iain, termasuk Prancis (75.1), Inggris (74.9), Italia (74.1) dan Jerman (73.2).

Sumber: BCW Indonesia

KOMENTAR