BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Real Madrid Bapuk, 4 Pelatih Top yang Bisa Gantikan Peran Zinedine Zidane

02-12-2020 09:45 | Asad Arifin

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (c) AP Photo Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane (c) AP Photo

Bola.net - Zinedine Zidane berada dalam tekanan usai Real Madrid kalah dari Shakhtar pada mahctday kelima Grup B Liga Champions, Rabu (2/12/2020) dini hari WIB. Masa depan Zidane di Real Madrid pun diragukan.

Musim 2020/2021 berjalan sulit bagi Zidane. Kekalahan dari Shakhtar menjadi yang kelima bagi Rreal Madrid musim ini dari 15 laga yang sudah dimainkan, termasuk di La Liga.

Real Madrid juga terancam gagal lolos dari fase grup Liga Champions. Namun, Zinedine Zidane telah menegaskan bahwa dia tidak akan mundur. Hal itu dikatakan usai Madrid kalah dari Shakhtar.

"Saya tidak akan mundur, tidak ada gunanya. Kami tampil sangat bagus di babak pertama, hanya tidak bisa mencetak gol," tegas Zidane dikutip dari Marca.

Zidane memang tidak akan mundur, tetapi Real Madrid mungkin punya pilihan lain. Jika Madrid ingin mencari sosok baru sebagai pelatih, siapa nama yang cocok untuk gantikan Zidane?

1 dari 4 halaman

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino (c) AP Photo Mauricio Pochettino (c) AP Photo

Mauricio Pochettino menjadi sosok yang mengancam jabat setiap pelatih klub papan atas Eropa musim 2020/2021. Pochettino tidak terikat kontrak dengan klub mana pun dan punya kualitas yang sangat mumpuni.

Pochettino membawa Tottenham ke final Liga Champions 2019 lalu. Catatan itu dinilai cukup untuk menunjukkan kapasitasnya, walau belum ada gelar juara yang pernah dilatih.

Pochettino pernah melatih Espanyol di masa lalu. Dia juga pernah berkiprah di La Liga sebagai pemain. Latar belakang itu membuat Pochettino diyakini bakal cocok untuk Real Madrid.

2 dari 4 halaman

Julian Nagelsmann

Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann (c) AP Photo Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann (c) AP Photo

Julian Nagelsmann menjadi nama yang banyak diperbincangkan dalam dua musim terakhir. Pada usia yang masih sangat mudah, 33 tahun, dia membawa RB Leipzig tampil perkasa di Bundesliga dan Liga Champions.

Nagelsmann memang masih hijau dalam hal pengalaman melatih, tetapi Nagelsmann dikenal punya pemahaman taktik yang amat kaya. Nagelsmann juga mampu memaksimalkan potensi pemainnya.

Nagelsmann mungkin menjadi pelatih baru Real Madrid, tetapi sulit melihat RB Leipzig bakal melepas Nagelsmann begitu saja.

3 dari 4 halaman

Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri Memberi Instruksi Saat Juventus Bertemu Inter Milan (c) AFP Massimiliano Allegri Memberi Instruksi Saat Juventus Bertemu Inter Milan (c) AFP

Sama seperti Pochettino, Massimiliano Allegri juga menjadi ancaman bagi setiap pelatih klub papan atas Eropa. Allegri punya kualitas yang tidak diragukan lagi. Dia punya banyak gelar juara dan reputasi yang bagus.

Allegri tidak terikat kontrak dengan klub mana pun sejak berpisah dengan Juventus pada akhir musim 2018/2019.

Real Madrid punya rekam jejak yang bagus dengan pelatih-pelatih asal Italia. Madrid pernah bekerja sama dengan Fabio Capello hingga Carlo Ancelotti di masa lalu. Apakah Allegri akan menjadi pelatih Italia di Madrid selanjutnya?

4 dari 4 halaman

Raul Gonzalez

Raul Gonzalez (c) AFP Raul Gonzalez (c) AFP

Raul adalah legenda di Real Madrid, sama seperti Zinedine Zidane. Bahkan, Raul punya masa bakti lebih panjang bersama Real Madrid dibanding Zidane, sebagai pemain. Raul membela Real Madrid selama 16 tahun.

Raul kini melatih Real Madrid Castilla atau tim junior. Musim lalu, Raul membawa tim junior Madrid menjadi juara UEFA Youth League dengan mengalahkan Benfica di laga final.

Zidane, sebelum melatih tim utama, juga pernah melatih tim Castilla. Zidane sukses promosi dari tim Castilla ke tim utama. Namun, ada juga contoh gagal pada diri Santiago Solari saat promosi dari tim Castilla ke tim utama Real Madrid.

Apakah Raul akan sukses seperti Zidane atau gagal seperti Solari jika promosi ke tim utama Real Madrid?

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR