BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Real Madrid 2 vs 1 Barcelona: Barca Agresif, Madrid Efektif

11-04-2021 09:57 | Aga Deta

Skuat Real Madrid merayakan gol Karim Benzema ke gawang Barcelona, Minggu (11/4/2021) (c) AP Photo Skuat Real Madrid merayakan gol Karim Benzema ke gawang Barcelona, Minggu (11/4/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid sukses meraih mengalahkan Barcelona pada laga lanjutan La Liga 2020/2021. Dalam laga yang dihelat di Alfredo di Stefano Stadium, Minggu (11/04) dini hari WIB, Madrid menang 2-1 dari Barca.

Dua gol Madrid pada laga ini dicetak Toni Kroos dan Karim Benzema. Sementara, gol semata wayang Barcelona diceploskan Oscar Mingueza.

Bagi Madrid, kemenangan ini membuat mereka mendominasi rekor pertemuan dengan Barcelona. Saat ini, dari 247 pertemuan bertajuk El Clasico tersebut, mereka meraih 98 kemenangan, 52 kali hasil imbang, dan menelan 97 kekalahan.

Secara statistik, ada sejumlah catatan di balik kemenangan Real Madrid dari sang rival bebuyutan kali ini. Apa saja hal-hal yang menjadi catatan tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Kalah dalam Permainan

Secara penguasaan bola, Madrid inferior pada laga ini. Laman Whoscored mencatat, Barcelona menguasai 68,8 persen aliran bola pada laga ini. Sementara, Madrid memiliki penguasaan bola sebesar 31,2 persen.

Untuk tembakan ke gawang pun, catatan kedua tim setali tiga uang. Barcelona unggul dengan melepas 18 tembakan, di mana empat di antaranya mengarah ke gawang Barcelona. Sementara, Madrid hanya 14 tembakan, yang tiga di antaranya on target.

2 dari 3 halaman

Jitu Manfaatkan Peluang

Kalah dalam permainan, Madrid justru tampil lebih efektif. Anak asuh Zinedine Zidane ini mampu menciptakan peluang-peluang yang lebih berkualitas dibanding Barcelona.

Laman Understat menyebut bahwa, pada laga ini, nilai expected goals (xG) Madrid sebesar 1,65. Sementara, nilai xG Barcelona hanya sebesar 1,16. Padahal, dari kuantitas tembakan yang dilepaskan, Barcelona lebih banyak melepas tembakan daripada Madrid.

Peluang terbesar Madrid datang pada menit ke-67 melalui Toni Kroos. Nilai xG peluang ini berkisar 0,51. Sementara, peluang terbesar Barcelona hanya memiliki nilai xG sebesar 0,16. Peluang ini diciptakan Lionel Messi pada menit ke-47.

3 dari 3 halaman

Madrid Bisa Menang Lebih Besar

Menilik nilai xG dari kedua tim, Barcelona beruntung hanya kalah tipis 1-2. Pasalnya, selain dua gol yang bersarang ke gawang Barcelona, Madrid juga memiliki sejumlah peluang lain yang berkualitas.

Paling tidak, selain dua gol tersebut, Madrid memiliki dua peluang lain yang memiliki nilai xG tinggi. Peluang-peluang tersebut adalah peluang Toni Kroos, yang memiliki nilai xG 0,51 dan peluang Lucas Vazquez yang memiliki nilai xG sebesar 0,32.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR