BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Raul: Jangan Remehkan Ronaldo karena Usianya

17-03-2017 08:09 | Haris Suhud

Cristiano Ronaldo (c) Real Madrid Cristiano Ronaldo (c) Real Madrid

Bola.net - Usia yang makin tua tentu akan memengaruhi penampilan pemain sepakbola. Hal itu wajar. Namun meremehkan penampilan Cristiano Ronaldo di usianya yang ke-32 adalah kesalahan besar, demikian menurut legenda klub Raul.

Selama delapan musim membela Real Madrid, Ronaldo tiga kali pernah mendapatkan penghargaan Ballon d'Or. Fakta lainnya, pemain asal Portugal tersebut telah menobatkan dirinya sebagai top skor sepanjang masa Los Blancos melampaui rekor Raul pada 2015 lalu setelah ia mengumpulkan 323 gol untuk Madrid.

Musim ini, Ronaldo masih bisa membuktikan ketajaman dirinya sebagai tombak serang pasukan Zinedine Zidane. Dari 33 penampilan di semua kompetisi musim ini, Ronaldo telah mengumpulkan 26 gol di semua kompetisi.

Menurut Raul, jumlah gol tersebut adalah bukti bahwa Ronaldo masih bisa membuktikan dirinya di usia yang kian tua. Meskipun gaya bermain Ronaldo mungkin sudah tak seperti dulu dengan kecepatan, kemampuan melewati pemain, namun Ronaldo masih tetap harus diwaspadai.

"Ia mendapatkan Ballon d'Or dan menjalani musim yang bagus sejauh ini. Waktu yang menentukan akan segera datang dan pemain yang bagus harus bisa membuktikan dirinya. Saya sendiri berharap ia tetap dalam kondisi bagus," kata Raul pada Kicker.

"Sekarang ia bermain dekat dengan kotak penalti, yang lebih sulit. Namun, ia masih punya potensi."

"Mungkin ia sudah kehilangan kecepatannya seperti dulu, tapi normal pada usianya. Mungkin dia tak selalu bisa melewati pemain yang ada di depannya seperti dulu tapi hati-hati ia pernah mengelabuhi kami semua," sambungnya.

Ketika ditanya yang terbaik antara Ronaldo dan Messi, Raul memberikan penjelasan bahwa tak ada yang superior antara dua pemain tersebut. Sebab, permainan sepakbola adalah permainan tim, bukan hanya mengandalkan kemampuan individu.

"Sepakbola bukan olahraga individu, ini adalah permainan tim, kesuksesan bersama tim. Saya suka keduanya, tapi apa yang dicapai Ronaldo untuk Real sebagai top skor, mencetak gol lebih dari 50 setiap tahun, adalah hal yang luar biasa," jelasnya.

KOMENTAR