BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Quique Setien vs Ernesto Valverde: Sudahkah Barcelona Berkembang?

03-03-2020 13:00 | Richard Andreas

Pelatih Barcelona, Quique Setien. (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Quique Setien. (c) AP Photo

Bola.net - Quique Setien menggantikan Ernesto Valverde beberapa bulan lalu, tapi sampai sekarang dia belum juga mendongkrak performa Barcelona seperti yang diharapkan klub. Masalah Barca masih sama.

Setien datang ke Catalunya dengan antusiasme tinggi dan hasrat untuk membuat perubahan. Namun, Setien masih belum bisa disebut lebih baik dari Valverde.

Mantan pelatih Real Betis ini langsung mengubah gaya bermain Barca. Dia mengaku sebagai penggemar Johan Cruyff, yang membuatnya lebih senang memainkan taktik penguasaan bola dengan umpan-umpan pendek.

Apakah Setien sudah benar-benar mengubah Barcelona?

1 dari 3 halaman

Angka-Angka

Mengutip Marca, Setien telah memenangi 64 persen pertandingannya sejauh ini, sementara Valverde menorehkan 62 persen musim ini. Persentase Setien mungkin lebih baik, tapi jumlah pertandingannya masih lebih sedikit.

Valeverde sudah menuntun Barca melewati 26 pertandingan di semua kompetisi, dengan menelan empat kekalahan. Sementara itu, Setien baru membimbing mereka dalam 11 pertandingan dan sudah tiga kali kalah.

Valverde meninggalkan Barca dalam kondisi nyaman di puncak klasemen sementara La Liga, meski gagal menjuarai Supercopa de Espana.

Sejak kedatangan Setien, Barca lebih sering mengekor di bawah Real Madrid dan sudah tersingkir dari Copa del Rey.

2 dari 3 halaman

Belum Ada Sensasi Perubahan

Mengabaikan angka, permainan Barca sejauh ini pun belum menunjukkan tanda-tanda perubahan yang signifikan. Masalah Barca masih sama, juga ketergantungan terhadap Messi.

Setien sudah mencoba mengenalkan sejumlah taktik berbeda, misalnya membangun serangan dari belakang. Namun, taktik ini masih belum berfungsi seperti seharusnya.

Barcelona belum benar-benar mengesankan sejak memasuki tahun 2020 ini dan mayoritas kemenangan mereka bergantung pada keajaiban Messi.

3 dari 3 halaman

Dua Wajah Barca

Selain itu, yang tak kalah mengkhawatirkan adalah masalah Barca yang masih belum berubah sejak era Valverde.

Blaugrana punya dua wajah, ketika bermain di kandang dan bermain tandang. Di Camp Nou mereka sangat kuat, tapi sudah menelan tujuh kekalahan dan lima hasil imbang di tempat lain.

Sumber: Marca

KOMENTAR