BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Quique Setien Bakal Bangkitkan Barcelona Dengan Senyuman

18-01-2020 06:00 | Richard Andreas

Pelatih Barcelona, Quique Setien. (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Quique Setien. (c) AP Photo

Bola.net - Quique Setien punya cara tersendiri untuk memulai revolusi Barcelona. Setien segera membuat langkah pertamanya dalam perjalanan berat menjaga kekuatan Barca di sisa musim ini, tentu dengan target meraih trofi.

Mantan pelatih Real Betis ini percaya bahwa skuad Barcelona harus menemukan kembali intensitas dan gejolak yang hilang dari permainan mereka pada banyak pertandingan musim ini. Menurut Sport, karena itulah Barca mendatangkan Setien, yakni untuk mengembalikan identitas tim.

Benar, Barca mulai kehilangan identitas mereka dalam beberapa tahun terakhir. Di bawah Ernesto Valverde, Barca sampai melupakan akar permainan mereka demi terus meraih kemenangan.

Kondisi inilah yang coba diperbaiki Setien, dan dia melakukannya lewat senyuman. Baca halaman berikutnya ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Masalah Fisik

Tidak ada yang bisa meragukan kualitas pemain-pemain Barcelona, tapi kualitas permainan fisik mereka sudah diragukan pada beberapa kesempatan.

"Kami kehabisan tenaga pada menit-menit akhir pertandingan," ujar Antoine Griezmann beberapa waktu lalu.

Rapuhnya kondisi fisik pemain Barca tidak perlu diragukan lagi. Entah karena metode latihan yang buruk, kemalasan para pemain, atau alasan-alasan lainnya, memang benar bahwa hampir semua lawan Barcelona berlari lebih jauh dan lebih intens.

Setien menyadari kekurangan ini dan menganggapnya sebagai salah satu urgensi langkah awalnya di Barcelona. Terbukti, dia telah menambah jumlah sesi latihan. Untuk pertama kalinya selama berbulan-bulan, tim Barca bakal berlatih delapan kali dalam sepekan.

2 dari 3 halaman

Revolusi Setien

Minggu (19/1/2020) besok, para pemain bakal bertemu untuk bicara taktik di siang hari. Setelahnya, mereka diizinkan pulang dan harus kembali ke Camp Nou dua jam sebelum pertandingan melawan Granada.

Begitu kembali, para pemain bakal menempuh sesi latihan taktis untuk memperbaiki kekurangan tim yang sudah bermain bersama dan menerapkan sejumlah skema bola mati.

Setien bakal bicara pada media sebelum pertandingan, tapi dia tidak akan membagikan daftar skuad Barca sampai Minggu pagi waktu setempat. Jadi, para pemain bisa tidur tenang dengan yakin bakal mendapatkan kesempatan bermain.

Cara seperti ini bisa membantu para pemain lebih berkonsentrasi. Sebelumnya, Pep Guardiola dan Luis Enrique pernah menerapkan metode ini dan berjalan baik.

3 dari 3 halaman

Dengan Senyuman

Keputusan Barca memilih Setien sudah melewati sejumlah pertimbangan penting. Setien ditantang untuk mengubah sifat mudah berpuas diri dalam skuad Barca, mengembalikan kultur kerja, dan membuat pemain hanya memikirkan klub.

Artinya, Setien bakal meningkatkan permintaannya dan membentuk mental para pemain untuk lebih berhasrat meraih kemenangan. Semua itu bakal dilakukannya dengan senyuman.

Sumber: Sport

KOMENTAR

Wayne Rooney Bersama Derby County Bakal Hadapi Manchester United