BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Polemik di Barcelona: Direksi Ingin Xavi, Tapi Presiden Laporta Tidak Ingin

24-09-2021 08:31 | Asad Arifin

Xavi (c) FCB
Xavi (c) FCB

Bola.net - Xavi Hernandez didengungkan sebagai salah satu calon pelatih Barcelona jika Ronald Koeman dipecat. Namun, jalan Xavi untuk kembali ke Camp Nou tidak akan mudah. Ada penolakan.

Kinerja Koeman sebenarnya sudah mendapat sorotan sejak musim 2020/2021 lalu. Ada banyak rasa tidak puas atas kinerja pelatih asal Belanda. Tapi, gelar Copa del Rey membuat posisi Koeman aman untuk sementara waktu.

Kursi yang diduduki Koeman kembali panas pada awal musim 2021/2022. Barcelona memang belum pernah kalah di La Liga. Tapi, kekalahan atas Bayern Munchen, tiga hasil imbang di La Liga, dan cara bermain membuat Koeman terjepit.

1 dari 4 halaman

Jalan Berliku Xavi untuk Pulang

Hasil kurang impresif pada awal musim 2021/2022 membuat desakan agar Ronald Koeman dipecat menguat. Sebagai salah satu kandidat pengganti Koeman, ada nama Xavi yang disebut sebagai sosok paling tepat.

Xavi punya karier panjang sebagai pemain di Barcelona. Xavi juga jebolan akademi La Masia. Xavi tahu betul tiki-taka dan bagaimana cara memainkannya. Xavi pun sudah cukup sukses sebagai pelatih di Qatar.

Dikutip dari SPORT, direksi Barcelona sangat tertarik dengan opsi menunjuk Xavi sebagai pengganti Koeman. Tapi, keinginan sejumlah direksi Barcelona tak mendapat dukungan dari presiden Joan Laporta.

2 dari 4 halaman

Xavi ke Barcelona B Dulu

Laporta punya alasan mengapa dia ragu dengan kapasitas Xavi sebagai pelatih. Laporta merasa kompetisi di Qatar belum bisa jadi ukuran bagus atau tidaknya kualitas Xavi sebagai pelatih.

Laporta siap menerima kepulangan Xavi. Akan tetapi, dia meminta Xavi lebih dulu melatih di Barcelona B sebelum mengambil alih tim utama. Laporta ingin Xavi mengambil langkah yang sama dengan Pep Guardiola yang lebih dulu melatih di Tim B.

Selain itu, Laporta diklaim tidak ingin melihat Xavi menjadi pelatih karena dia tidak mendukungnya pada pemilihan presiden beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

Laporta Punya Kandidat Lain

Laporta belum akan memecat Koeman dalam waktu dekat. Laporta masih akan melakukan evaluasi dan bertemu dengan Koeman untuk membahas situasi klub. Tapi, Laporta juga dinyatakan punya kandidat pelatih baru favorit.

Masih mengutip SPORT, Laporta sangat tertarik dengan kiprah Roberto Martinez, pelatih timnas Belanda. Martinez punya jejak karier yang bagus di Belgia dan mampu menerapkan gaya sepak bola yang ofensif.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Spanyol

Sumber: SPORT

KOMENTAR