BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pola Hidup Frenkie de Jong Selama Tanpa Sepak Bola: Jalan Pagi, Latihan Ringan, dan Dimasakin Pacar

07-04-2020 11:40 | Richard Andreas

Frenkie De Jong (c) AP Photo Frenkie De Jong (c) AP Photo

Bola.net - Frenkie de Jong bercerita sedikit soal kehidupannya di tengah pandemi virus corona yang memaksa sepak bola berhenti sementara. Dia mengakui berlatih sendiri di rumah bukan perkara mudah, tapi itu harus dilakukan demi menjaga diri.

De Jong cukup beruntung bisa pulang ke Belanda sebelum Spanyol memberlakukan karantina wilayah (lockdown). Saat ini situasi di Spanyol buruk, dengan angka kematian yang cukup tinggi akibat Covid-19.

Pemain Barcelona sudah memainkan peran mereka. Lionel Messi dkk. bersepakat memotong gaji mereka sampai 70% untuk membantu klub bertahan dan membayar penuh gaji staf kecil lainnya di Camp Nou.

De Jong sendiri masih berusaha menyesuaikan diri dengan kehidupan tanpa latihan dan tanpa sepak bola. Baca kisahnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Tetap Teratur

Tanpa latihan rutin bisa jadi masalah bagi para pemain, kebugaran mereka bisa merosot drastis. De Jong tahu masalah itu, dia berusaha sebaik mungkin untuk menjaga diri.

Memang kehidupannya tidak terjadwal sepenuhnya, hanya berusaha menetapkan batasan-batasan tertentu untuk menjaga diri.

"Saya beruntung bisa kembali ke Belanda sebelum lockdown. Situasi di sini sangat berbeda, sebab Anda masih bisa keluar rumah dan beberapa hari terakhir cuacanya bagus. Biar begitu, saya mencoba tetap berada di rumah," kata De Jong kepada Marca.

"Saya tidak benar-benar menentukan rutinitas, tapi saya mencoba sedikit teratur. Pagi hari kami berjalan menuntun anjing, lalu saya makan sarapan, dan sedikit berlari di treadmill. Kemudian saya menonton serial di TV dan bermain dengan Jager, anjing saya."

2 dari 3 halaman

Dimasakin Pacar

De Jong tetap berlatih sebisa mungkin dengan menempuh menu latihan yang dirancang klub. Dia beruntung bisa pulang ke Belanda dan menghabiskan waktu bersama pacarnya, juga menikmati masakan pacar.

"Pelatih mengirimkan latihan rutin harian kepada saya dan mereka pun bertanya bagaimana latihan saya. Itu bagus bagi kami, kondisi kami tetap fit, meski tidak seperti sebelumnya, tapi sebaik mungkin," imbuh De Jong.

"Pacar saya yang memasak. Pada momen ini saya makan lebih sedikit dari biasanya, sebab latihan saya juga lebih sedikit. Saya mengontrol apa yang saya makan dan saya minum."

3 dari 3 halaman

Rindu Rutinitas

Kehidupan sendiri di Belanda cukup menyenangkan, setidaknya De Jong masih punya aktivitas dan rutinitas ringan. Namun, dia sendiri mengaku rindu terhadap intensitas latihan tim dan pertandingan.

"Saya merindukan rutinitas harian, mendatangi fasilitas latihan tim dan bertemu dengan rekan-rekan. Sulit rasanya harus tetap bertahan di rumah, tapi kita harus melakukannya," lanjut De Jong.

"Kita harus bersabar dan menunggu kesempatan berlatih segera," tutupnya.

Sumber: Marca

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland