BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pochettino: Barcelona, Salah Satu Klub Terhebat di Dunia

17-01-2020 08:31 | Asad Arifin

Mauricio Pochettino (c) AP Photo Mauricio Pochettino (c) AP Photo

Bola.net - Mantan manajer Tottenham, Mauricio Pochettino, menyebut Barcelona sebagai salah satu klub terhebat di dunia. Dia pun berharap Barcelona akan meraih sukses bersama manajer barunya Quique Setien.

Bagi Pochettino, Barcelona tentu bukan klub yang asing lagi. Sebab, baik saat masih aktif sebagai pemain atau ketika sudah menjadi pelatih, Pochettino berulang kali berjumpa Barcelona.

Pochettino merupakan salah satu pemain legendaris di Espanyol, klub rival sekota Barcelona. Bukan hanya sebagai pemain, Pochettino juga pernah membela panji Espanyol sebagai pelatih.

Nama Pochettino pun sempat dikaitkan dengan kursi pelatih Barcelona, terutama ketika klub mengakhiri kerja sama dengan Ernesto Valverde. Namun, pada akhirnya Barcelona memilih Quique Setien sebagai pelatih baru untuk Lionel Messi dan kolega.

1 dari 3 halaman

Pendapat Pochettino Tentang Barcelona

Barcelona punya segudang prestasi dan selalu menjadi unggulan juara pada setiap kompetisi yang diikuti. Fakta itu membuat Pochettino tidak bisa mengelak bahwa klub asal Catalan itu adalah salah satu yang terbaik.

"Barcelona, ​​tentu saja, adalah salah satu tim terhebat di dunia. Tentu saja sekarang dengan manajer baru setiap orang mengharapkan dia untuk melanjutkan filosofi yang sama," ucap Pochettino dikutip dari La Liga TV.

Pergantian pelatih di sebuah klub adalah hal yang lumrah. Begitu juga di Barcelona. Walau dipecat, kata Pochettino, Ernesto Valverde tidak menunjukkan kinerja yang buruk untuk tim.

"Valverde melakukan pekerjaan yang fantastis di La Liga dan bersama Barcelona dan ini merupakan tantangan besar bagi Quique Setien. Dia menunjukkan cinta yang luar biasa untuk Johan Cruyff dan gaya sepak bola Barcelona," katanya.

2 dari 3 halaman

Quique Setien Bakal Sukses di Barcelona?

Pelatih Barcelona, Quique Setien (c) AP Photo Pelatih Barcelona, Quique Setien (c) AP Photo

Quique Setien secara terbuka mengakui bahwa dia adalah fans garis keras gaya bermain titi-taka. Dia sudah menerapkannya ketika masih bermain di Real Betis. Klub asuhannya mampu tampil fantastis dengan dominasi penguasaan bola yang hebat.

Hanya saja, pelatih berusia 61 tahun tersebut tercatat belum meraih satu pun gelar juara di level mayor. Setien bahkan selama ini hanya menjalani karir kepelatihannya bersama klub-klub papan tengah Spanyol saja.

Publik ragu Setian bakal mampu memegang kendali ruang ganti Barcelona. "Saya pikir ini adalah kesempatan besar baginya untuk menjalani mimpinya dan sangat menakjubkan untuk mengikuti apa yang akan terjadi," kata Pochettino.

3 dari 3 halaman

Pochettino Latih Barcelona?

Pochettino, walau menyebut Barcelona sebagai salah satu tim terhebat di dunia, bakal sulit menerima tawaran melatih di sana. Sebab, dia punya rasa cinta yang besar dengan Espanyol yang menjadi rival Barcelona.

Pada beberapa kesempatan, Pochettino juga mengakui tidak akan melatih klub yang menjadi rival sekota Tottenham. Salah satu klub yang diklaim tidak akan dilatih Pochettino yakni Arsenal.

Sementara itu, Pochettino dikaitkan dengan beberapa klub papan atas Eropa. Manchester United dan Bayern Munchen termasuk daftar klub yang ingin memakai jasanya. Kini, pria berusia 47 tahun berstatus bebas agen.

Sumber: La Liga TV

KOMENTAR

Rexona Men Soccer Stars Challenge – Episode 4: Gunawan vs Andritany