BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pique: Messi Sedang Sedih

14-11-2013 21:18 |

Pique masih unggulkan Messi. (c) Bola.net Pique masih unggulkan Messi. (c) Bola.net

Bola.netBola.net - Gerard Pique berbicara kepada Mundo Deportivo mengenai berbagai topik yang terjadi Barcelona FC saat ini. Yang paling panas diperbincangkan adalah topik cedera Lionel Messi dan perubahan gaya permainan Barcelona.


Messi harus absen dari lapangan hingga tahun depan. Cedera hamstring di kaki kanan membuatnya harus menjalani pengobatan selama sekitar dua bulan.

Pique kemudian ikut berbicara soal perubahan gaya Barcelona yang dianggap kian meninggalkan filosofi tiki-taka. Pique mengatakan bahwa kritik tersebut merupakan hal yang normal karena Barca adalah klub yang hebat.

Lebih lanjut, bek Barca itu juga berbicara mengenai peluang Messi memenangkan Ballon d'Or. Pique mengatakan dirinya akan tertawa cukup lama seandainya Messi terpilih untuk menang untuk kali kelima beruntun.

Berikut adalah petikan wawancara Pique dengan Mundo Deportivo

1 dari 16 halaman

Cedera Pique

Bagaimana Cedera Anda?

Cedera semacam ini hanya membutuhkan istirahat saja. Saya akan memanfaatkan jeda internasional kali ini untuk melakukannya.

Cedera ini lumayan rumit tapi juga tidak parah, baru di tahap awal. Saya akan berusaha untuk sembuh pada jeda internasional ini agar bisa segera tampil 100 persen lagi. Saya rasa tak akan ada masalah lagi.
2 dari 16 halaman

Contoh Cedera Messi

Apakah anda tak takut mengalami cedera kambuhan seperti Messi?

Kasus Messi berbeda dengan saya. Dia sebelumnya sudah mengalami beberapa cedera beruntun. Mungkin dia juga sempat kehilangan rasa percaya dirinya karena cedera itu.

Saya sendiri tak pernah mengalami cedera otot seperti dia. Cedera saya ringan-ringan saja.
3 dari 16 halaman

Keadaan Messi

Bagaimana keadaan Messi?

Dia sedang sedih saat ini, dan itu normal. Cederanya memang serius. Semangatnya akan segera kembali dalam beberapa hari saja. Tapi saat ini wajar jika dia mengalami kelelahan secara psikologis.
4 dari 16 halaman

Mood Messi

Apakah anda sudah bicara dengan Messi mengenai cedera itu?

Ketika anda mengalami cedera, anda akan butuh sedikit privasi. Hal itu juga berlaku bagi Messi yang mengalami cedera beruntun.

Yang penting adalah dia merasa nyaman. Normal juga jika, misalnya, setelah meninggalkan lapangan ia memilih langsung menuju bench tanpa mengucapkan apa pun.
5 dari 16 halaman

Loggarnya Kontrol Terhadap Messi

Apakah pengawasan Messi di Barca sudah mulai berkurang hingga dia bisa mengalami cedera beruntun?

Tidak, pengawasan dan kontrol di Barca masih tetap seperti biasanya. Hanya saja, cedera semacam ini memang beresiko membuat pemain harus absen dalam waktu yang lama. Semua cedera Messi itu berawal di Paris. (PSG vs Barca, perempat final Liga Champions musim lalu).
6 dari 16 halaman

Penyesalan Tim

Apakah anda menyesal karena tim memaksa Messi untuk bermain dalam beberapa pertandingan musim lalu? Salah satu contohnya adalah dalam leg kedua perempat final melawan PSG.

Orang pertama yang ingin Messi bermain adalah dirinya sendiri. Jika anda mengatakan kepadanya untuk tidak bermain, maka sama saja anda membunuhnya. Semua orang saat itu sepakat untuk mengambil resiko tersebut.
7 dari 16 halaman

Comeback Messi

Apakah Messi masih akan sama dahsyatnya ketika kembali dari cedera nanti.

Saya sangat yakin akan seperti itu. Leo telah membuat saya menjalani tahun-tahun terbaik kehidupan saya. Saya tak lagi bicara sebagai rekan satu tim, tetapi sebagai fans. Sebagai penggemar Barca, dia sudah membuat hidup saya menjadi sangat indah.
8 dari 16 halaman

Peluang Messi di Ballon d'Or

Apakah kesempatan Messi memenangkan Ballon d'Or sudah habis dengan cedera ini?

Dia tidak pernah bisa dicoret dalam pergelaran itu. Penghargaan itu dipilih oleh banyak orang. Dia sudah memenangkan empat. Dia masih akan mendapat banyak dukungan dari seluruh dunia. Jika dia menang, saya akan sering-sering tertawa.
9 dari 16 halaman

Kecurangan di Ballon d'Or

Siapa yang akan anda pilih seandainya bisa melakukan voting?

Karena saya adalah fans-nya, saya akan pilih Messi. Saya selalu mengatakannya. Jika kita melakukan evaluasi terhadap performa Messi tahun ini, dia masih sangat hebat.

Saya bukannya mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo tidak tampil bagus. Saya juga tak mau mencoret Franck Ribery. Hanya saja, Messi itu...

Siapa pun yang menang dalam voting akan mendapatkan Ballon d'Or. Tak ada rahasia apa pun. Yang menang memang berhak mendapatkannya, tak peduli apa kata media yang berusaha menjatuhkannya.
10 dari 16 halaman

Kritik Terhadap Barca

Apa anda tahu bahwa permainan Barca saat ini menimbulkan banyak debat?

Pada awalnya saya marah ketika membaca kritikan itu karena hasil yang kami peroleh sangat bagus. Jika anda lihat lagi, klub ini sempat mengalami puasa gelar selama beberapa tahun.

lalu setelah saya pikir lagi, saya sadar bahwa kami berada di klub yang mendapat tuntutan besar. Kemenangan saja tidak akan cukup, kami harus bermain indah. Itu yang ingin dilihat semua orang.
11 dari 16 halaman

Prioritas Barca

Jadi, buat anda, mana yang lebih penting; main indah atau kemenangan?

Di klub ini kami tidak bisa menerima salah satu saja. Kami harus bisa menang dengan permainan indah. Sekadar menang saja tidak akan memuaskan semua orang.

Jika anda bandingkan hasil-hasil kami dengan klub besar lain di Eropa, kami masih yang terbaik.

Di tempat lain, orang mungkin akan cukup puas dengan kemenangan saja. Tapi di Barca unik, kami harus selalu tampil bagus dan berkembang. tapi jelas bahwa kami harus selalu mendominasi pertandingan.
12 dari 16 halaman

Kritikan Pers

Musim lalu Barca tak banyak mendapatkan kritik dari pers. Apakah saat ini kritikan tersebut terasa terlalu besar?

Sebenarnya jika anda lihat lagi, Barca selalu menjadi sasaran kritikan pers. Tak ada yang bisa mengkritik hasil pertandingan yang kami dapat.

Mereka kemudian mengkritik cara bermain kami, dan itu sudah berlangsung sejak lama. Selalu saja ada yang kurang dari kami di mata pers.
13 dari 16 halaman

Barca dan Madrid

Dalam laga melawan Betis, ada lebih dari 20 tendangan jarak jauh dari Victor Valdes saja. Apakah itu merupakan pengkhianatan terhadap filosofi Barca?

Saya jadi punya firasat bahwa pers membidik detail semacam ini hanya untuk menutupi hal-hal positif yang telah dilakukan tim.

Saya bandingkan dengan Real Madrid. Ketika Madrid bertandang ke Vallecas, mereka harus mati-matian mempertahankan kemenangan (Madrid menang 3-2). Pers tak mempermasalahkan apa pun.

Kami melawat ke venue yang sama dan menang 4-0. Yang ditulis pers adalah kami kalah penguasaan bola.
14 dari 16 halaman

Budaya Catalan

Bukankah itu pertanyaan yang menarik? Anda menang  tapi masih mendapatkan kritikan.

Itu sudah menjadi budaya Barcelona dan Catalan. Semua orang di sini sangat penuntut dan selalu meminta lebih. Kadang hal itu juga menyulitkan kami.

Memang bagus untuk memberikan kritik, tapi menjadi buruk jika terlalu banyak atau dipaksakan.
15 dari 16 halaman

Pengkhianatan Terhadap Tiki-taka

Apakah Barca sudah mengkhianati gaya tiki-taka?

Tidak. Yang kami lakukan musim ini tak banyak berbeda dengan yang kami lakukan dibanding musim-musim sebelumnya.

Kami masih bermain dengan cara yang sama, tapi kami juga berusaha meng-cover ruang bermain lebih cepat. Umpan panjang untuk memanfaatkan kecepatan dan ruang kosong bukanlah sebuah dosa. Itu justru adalah sebuah solusi.

Kami jadi sering mengirim umpan dari belakang. Tata Martino bahkan melatih Victor Valdes untuk melepas umpan dari tengah.
16 dari 16 halaman

Guardiola vs Martino

Guardiola jelas melarang keras tindakan itu (sering mengirim umpan-umpan panjang dari belakang)?

Ya, cara Pep juga menghasilkan banyak kesuksesan. Tapi yang kami lakukan sekarang ini juga menghasilkan sukses. kami bisa bermain lebih baik lagi, tapi tidak harus persis seperti sebelumnya.

Kami masih akan mendominasi penguasaan bola. Kami tidak akan menggunakan umpan panjang secara berlebihan. Kami akan mengendalikan laga sejak menit pertama hingga terakhir. Kami akan menang dengan cara itu.

KOMENTAR